Life & health

Kamu Harus Tahu 6 Fakta Film Live Action The Little Mermaid

By : Natasha Fitrand - 2023-04-13 17:00:02




Kamu penggemar Disney? Jangan sampai lewatkan film satu ini!Tepatnya tanggal 26 Mei 2023 Disney akan merilis film live-action terbarunya yaitu The Little Mermaid. Namanya sudah tidak asing lagi, film live-action ini merupakan adaptasi dari film animasi dengan judul yang sama di tahun 1989 lalu.


The Little Mermaid, menceritakan tentang seorang putri duyung bernama Ariel yang ingin menjalani hidup sebagai seorang manusia. Melalui seorang penyihir laut, Ariel pun berhasil merubah dirinya menjadi seorang manusia untuk bertemu dengan pria impiannya, Pangeran Eric.


Melewati berbagai rantangan baik di laut maupun darat, perjalanan Ariel untuk menemukan cinta dan jati dirinya ini menjadi kisah klasik yang memenuhi masa kecil anak-anak di era tahun 90 hingga 2000-an.



Setelah tiga dekade lamanya, versi live-action The Little Mermaid akhirnya siap menyapa para penggemar setia Ariel yang kini sudah beranjak dewasa. Sebelum menyaksikan filmnya di layar lebar, yuk intip enam fakta menarik dari live-action The Little Mermaid!


1. Adaptasi Dongeng Klasik


(The Little Mermaid karya Hans Christian Andersen. Foto: Dok. Floris Books)

Jika kamu penggemar setia Disney, pasti kamu sudah tahu bahwa live-action The Little Mermaid diadaptasi dari film animasi klasik yang dirilis tahun 1989 lalu. Namun apakah kamu tahu bahwa kisah The Little Mermaid sendiri berasal dari dongeng klasik di tahun 1830-an? Yup, The Little Mermaid merupakan hasil karya dari pendongeng terkenal Hans Christian Andersen yang juga terkenal dengan karya dongeng lainnya seperti The Princess and The Pea, The Little Match Girl, Thumbelina, dan The Ugly Duckling. Nyatanya, film animasi Disney banyak terinspirasi dari karya sang pendongeng, lho.


2. Halle Bailey sebagai Ariel

(Halle Bailey pemeran Ariel di live-action The Little Mermaid. Foto: Dok. hallebailey/Instagram)

Pada film animasi klasiknya, Jodi Benson merupakan pengisi suara untuk putri duyung Ariel. Kali ini, Ariel akan diperankan oleh musisi kelahiran tahun 2000 Halle Bailey. Sebelum mendapatkan peran sebagai Ariel, Halle Bailey merupakan anggota dari duo musik Chloe x Halle bersama dengan kakaknya Chloe Bailey.


(Baca Juga:3 Rekomendasi Serial Disney+ Hotstar Yang Wajib Kamu Tonton)


3. Deretan Pemain


(Deretan pemain live-action The Little Mermaid. Foto: Dok. disneytittlemermaid/Instagram)

Selain Halle Bailey sebagai Ariel, Disney juga merilis daftar pemain live-action The Little Mermaid lainnya seperti Melissa McCarthy sebagai Ursula, Jonah Hauer-King sebagai Pangeran Eric, dan Awkwafina yang memerankan karakter burung camar Scuttle. Selain itu, Disney juga mengumumkan adanya penambahan karakter baru bernama Carlotta yang akan diperankan oleh Noma Dumezweni.


4. Menggaet Komposer Lama dan Baru


(Alan Menken. Foto: Dok. alanmenken/Instagram)

Film live-action The Little Mermaid disutradarai oleh Rob Marshall yang juga bekerja dalam membuat film musikal Mary Poppins Returns dan Into the Woods. Sebagai film musikal, para penggemar setia The Little Mermaid sudah tidak sabar mendengar lagu-lagu klasiknya kembali dinyanyikan.


Alan Menken, komposer lagu ikonik dari film animasi klasik The Little Mermaid akan kembali untuk menulis lagu di film live-action tahun ini. Bersama dengannya, ada pula Lin-Manuel Miranda yang terkenal sebagai komposer lagu film animasi DisneyEncanto dan musikal populer Hamilton.


5. Perubahan Lirik Lagu


(Live-action The Little Mermaid. Foto: Dok. disneytittlemermaid/Instagram)

Alan Menken, komposer lagu dari The Little Mermaid mengatakan terdapat perubahan lirik pada lagu Poor Unfortunate Souls dan Kiss The Girl. Perubahan ini muncul untuk menyesuaikan “sensitivitas” di era modern saat ini, seperti mengajarkan konsep consent yang ditujukan untuk para penonton muda.


Meski begitu, perubahan ini juga menerima beberapa kritik terutama dari para penggemar setia The Little Mermaid yang tidak ingin lagu Ariel berubah menjadi “terlalu modern”.


(Baca Juga:6 Fakta Menarik Chris Evans, Si Aktor Penggemar Berat Disney)


6. Memicu Pro-Kontra


(Live-action The Little Mermaid. Foto: Dok. disneytittlemermaid/Instagram)

Seperti perubahan lirik pada beberapa lagu The Little Mermaid, pemeran Ariel Halle Bailey juga menerima banyak pro-kontra dari penggemar global. Hashtag #NotMyAriel bahkan muncul, menyuarakan suara para penggemar yang merasa Halle Bailey tidak cocok memerankan karakter Ariel yang berkulit putih dan berambut merah. Bagaimana menurutmu?


Itu dia enam fakta menarik tentang live-action The Little Mermaid yang akan segera tayang. Sudah tahu fakta-fakta tersebut? Jangan lupa tandai kalendermu untuk menonton filmnya di layar lebar, ya!