Food & travel

Konser Di Atas Awan Dengan Plataran Bromo Xtravaganza 2022

By : Danes Wara - 2022-10-03 17:00:02




Sukses digelar, Plataran Bromo Xtravaganza 2022, salah satu perhelatan akbar yang secara rutin dilakukan oleh Plataran Indonesia tahun ini telah diadakan pada tanggal 10 dan 11 September 2022 dengan tema “Music, Sports, and Climate”. Tak hanya live concert yang menampilkan beragam musisi legendaris, acara ini juga menggabungkan pentas budaya berskala nasional baik melalui offline maupun virtual dan program olahraga yakni Bromo Marathon 2022 yang menantang serta dilangsungkan di salah satu pusat ekowisata dari Plataran Indonesia, Plataran Bromo Resort & Venue. Plataran Bromo Xtravaganza 2022 juga turut berupaya untuk memajukan ekonomi lokal lewat Plataran UMKM Ekosistem


"Acara Plataran Bromo Xtravaganza ini adalah pengalaman ikonik menikmati konser, olahraga, alam dan budaya di atas awan yang hanya terdapat di Plataran Bromo. Menciptakan suatu ekosistem dengan upaya kolaborasi dengan Pemda, dan UMKM setempat, juga merupakan upaya kami menggelar acara hiburan sembari menonjolkan potensi artis-artis muda di Jawa Timur, agar semakin maju dan mendapatkan kesempatan yang sama seperti para senior mereka di industri musik Indonesia", ujar Bapak Yozua Makes – CEO & Founder Plataran Indonesia.


Bromo Marathon


(Bromo Marathon. Foto: Dok. Plataran Bromo)


Bromo Marathon ini dilaksanakan hari Minggu, 11 September 2022, dimana garis Start dan Finish berada di Plataran Bromo sebagai official race venue. Bromo Marathon sendiri merupakan event lari tahunan di Tosari – Kabupaten Pasuruan, yang sudah tidak awan lagi eksistensinya. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013, acara ini mendapat tanggapan positif diikuti lebih dari 900 pelari dan 5.000 penonton yang berasal dari lebih 30 negara, menjadi salah satu Asia’s Top Destination Races 2013 oleh CNN. Adapun rute dan jalur maraton tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun tetap menantang dan menyajikan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri khas kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Live Concert di Atas Awan


(Plataran Xtravanganza 2022. Foto: Dok. Plataran Bromo)


Pada puncak acaranya, mempersembahkan pertunjukan di atas awan. Tepatnya di Putri Dewi Amphitheater yang berada di atas bukit dengan pemandangan Gunung Arjuna yang diramaikan oleh penampilan dua artis legendaris Trie Utami dan Syaharani. Acara ini juga di lengkapi dengan penampilan deretan artis milenial terbaik seperti Keljo, Steffanie, Iksan Skuter, Roselyn, Tiwi, Nadya dan diiringi oleh Audiensi band, dengan bertujuan mengangkat artis-artis lokal yang berbakat ini menuju kancah nasional bahkan internasional. Live Concert kali ini berhasil menggaet lebih dari 25.000 penonton.


Fun Trail


(Fun Trail. Foto: Dok. Plataran Bromo)


Dalam rangkaian acara ini Plataran juga turut menyelenggarakan Plataran Fun Trail sebagai bagian dari program Sahabat Alam Plataran – sebuah fun and easy walk dengan rute 2KM dan 4KM di mana partisipan dapat menjelajahi alam, menghirup udara segar, dan menikmati pemandangan panorama spektakuler di atas awan. Yang menunggu di garis finish Fun Trail ini adalah sebuah ‘Pesta Rakyat’ yang diisi meriah dengan iringan musik, beragam camilan dan minuman dari UMKM setempat, suasana fotogenik untuk selfie dan wefie dan juga berbagai permainan unik tradisional untuk diikuti dengan banyak hadiah yang dimenangkan peserta. Diperuntukkan bagi segala usia dikarenakan oleh rutenya yang menyenangkan dan mudah, Plataran Fun Trail tak lain adalah upaya Plataran untuk mendekatkan masyarakat dengan alam agar lebih bijaksana dan mau berkontribusi untuk membuat Ibu Pertiwi lebih sehat dan lebih siap menghadapi situasi perubahan iklim.



(Culinary Stand. Foto: Dok. Plataran Bromo)


Terlebih lagi, sebanyak 41 stand UMKM juga turut meramaikan acara ini dengan memamerkan beragam kuliner yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun masyarakat sekitar, beragam dagangan, dan pernak pernik kerajinan hasil UMKM Kabupaten Pasuruan yang kualitasnya tidak kalah dengan standar internasional. Pemerintah daerah Pasuruan sangat berterima kasih kepada Plataran Bromo serta mendukung penuh event Bromo Marathon 2022 dan Plataran Bromo Xtravaganza 2022.


See you at the next event!