Life & health

5 Tips Agar Bekerja Saat Liburan Lebih Mudah Dilakukan

By : Rahman Indra - 2019-12-17 12:08:00





Mendapat giliran dan harus bekerja selama liburan kadang dialami oleh sebagian orang. Entah itu karena pergantian jadwal kerja atau lainnya. Jika kamu termasuk salah satunya, jangan merasa tidak beruntung dan bersedih hati, karena semua bisa disiasati.

Berikut ada lima tips sederhana, yang dikutip dari JobStreet.com, yang setidaknya akan membuat pekerjaan selama liburan lebih mudah dilakukan.

(Baca juga: Siasati Hari 'Kejepit' Dengan Cara Ini)


1. Perjelas prioritas pekerjaan

Pada saat mengetahui bahwa kamu harus bekerja selama liburan, tanyakan pada atasan apa prioritas bisnisnya untuk hari-hari tersebut. Jadwalkan terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin lebih awal. Buat kesepakatan dengan atasan untuk mengondisikan jam kerja pada hari-hari tertentu sehingga kamu tidak perlu bekerja seharian atau bergantian.


(Ilustrasi bekerja. Foto: Dok/Pexels.com)


2. Berikan alternatif

Tanyakan atasan apakah kamu bisa membagi shift dengan rekan lain atau bekerja dari rumah untuk membuatnya lebih mudah. Kamu juga bisa mencapai kesepakatan dengan atasan sehingga tidak perlu bekerja selama liburan besar berikutnya, dan bahkan bernegosiasi untuk mengganti hari libur bertepatan dengan liburan besar berikutnya. Itulah keadilan.


3. Rayakan terlebih dahulu atau sesudahnya

Kamu tidak harus merayakannya pada hari H. Mintalah teman dan anggota keluarga untuk membuat pengecualian dan rayakan sebelum atau segera setelahnya. Dengan cara ini, kamu tidak akan benar-benar ditinggalkan.


4. Jauhi media sosial

Kamu mungkin tergoda untuk mencari tahu keadaan teman dan anggota keluarga saat terjebak di tempat kerja, tapi itu hanya akan membuat kamu merasa lebih buruk, belum lagi mengalihkan perhatian dari hal-hal yang seharusnya kamu lakukan. Jangan siksa diri. Singkirkan saja media sosial saat bekerja selama liburan. Tidak ada gunanya menjadi lebih malang lagi daripada kondisi yang kamu jalani saat ini.


5. Manjakan diri setelah bekerja

Beri diri sesuatu yang ditunggu-tunggu, jadi bekerja selama liburan tidak begitu suram. Mungkin dengan membeli jaket indah yang telah kamu inginkan sejak lama, atau memesan perawatan spa yang merelaksasi, atau menikmati makanan mewah dengan orang yang kamu cintai. Apa pun itu, pastikan itu sesuatu yang cukup istimewa untuk menjaga semangatmu!