Hair & beauty

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah yang Membandel

By : Dini Felicitas - 2018-10-07 17:47:00 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah yang Membandel


Warna kulit wajah yang tidak merata, atau tumbuhnya bintik-bintik hitam pada wajah yang semula mulus, tentu membuat Anda sedikit terganggu. Flek hitam pada wajah, atau hiperpigmentasi, bisa disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari, perubahan hormon, atau gejala penuaan, kata David E. Bank, MD, dari New York-Presbyterian Hospital.

Jika kulit menunjukkan bercak hitam pada wajah seperti ini, Anda bisa mulai melakukan perawatan untuk menghilangkannya atau membuat kulit tampak lebih cerah. “Ada berbagai jenis krim dan serum yang bisa igunakan pasien untuk mencerahkan, memutihkan, dan mengurangi area yang menghitam dari waktu ke waktu,” katanya.

Banyaknya produk pencerah kulit yang tersedia di pasaran tentu tidak semuanya diciptakan sama, bahkan mungkin sedikit berisiko. Oleh karena itu, pilih jenis perawatan untuk menghilangkan bercak hitam pada wajah yang aman dan sesuai kebutuhan Anda.

(Baca juga: 9 BB Cream untuk Kulit Berminyak yang Bikin Kulit Segar)

Cara menghilangkan flek hitam dengan perawatan wajah

Krim dan serum hydroquinone

Obat oles boleh dibilang merupakan solusi paling populer untuk perawatan kulit. Krim dengan kandungan hydroquinone cukup aman digunakan. Namun, U.S. Food and Drug Administration (FDA) membatasi bahan aktif ini dengan konsentrasi 2% untuk produk yang dibeli bebas, dan 3-4% untuk produk dengan resep dokter. Konsentrasi bahan yang biasa dipakai untuk produk pemutih kulit ini dibatasi karena menimbulkan risiko yang lebih besar, dari memicu alergi, iritasi, kulit menggelap, hingga memicu kanker.

Krim retinoid

Produk-produk seperti Retin-A dan Renova yang merupakan turunan vitamin A mengandung alpha hydroxy acid dan retinoic acid. Kedua bahan aktif ini meningkatkan pergantian sel, mempercepat pengelupasan kulit, dan mendorong pertumbuhan kulit baru. Sayangnya, bahan-bahan ini disebut dapat membuat kulit kering dan makin sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga Anda juga harus rajin memakai sunscreen. Krim retinoid juga butuh waktu lama untuk bekerja.


(Retinoid. Foto: Dok/Bellatory)

Perawatan laser atau mikrodermabrasi Pilihan yang lebih invasif untuk menghilangkan flek hitam pada kulit adalah perawatan laser. Metode ini menyasar bintik-bintik hitam dengan energi cahaya yang dikonsentrasi, dan menghilangkan kulit lapis demi lapis. Pada dasarnya lapisan kulit yang menggelap dibakar secara langsung, sehingga hasilnya lebih cepat terlihat daripada memakai obat oles. Risikonya tentu lebih besar.

Peeling

Peeling atau pengelupasan kulit menghilangkan sel-sel kulit mati, atau lapisan teratas pada kulit. Pengelupasan dilakukan menggunakan asam salisilat untuk melunakkan kulit, sehingga memudahkan untuk dikelupas. Membuang lapisan ini akan menampakkan kulit yang lebih sehat dengan rona yang lebih merata. Risikonya tetap ada, yaitu iritasi kulit.

Menggunakan bahan-bahan alami Produk yang menggunakan bahan kimia memang lebih cepat memberikan hasil, tetapi cukup berisiko. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan flek hitam pada kulit, yang lebih aman meskipun daya kerjanya lebih lama.

(Baca juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak)

Cara alami menghilangkan flek hitam yang membandel

Beberapa bahan alami yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah yang mengandung antara lain:

1. Perasan lemon

Lemon sudah lama digunakan dalam produk-produk perawatan wajah karena kadar vitamin C-nya yang tinggi. Kandungan inilah yang membantu mencerahkan bintik-bintik hitam pada kulit. Keasaman pada lemon lah yang bertindak sebagai bahan pemutih dan membantu mengurangi perubahan warna pada kulit.

Perlu Anda ketahui, jus lemon membuat kulit sensitif terhadap cahaya matahari. Jadi, gunakan sunscreen ketika keluar dari rumah atau hindari paparan sinar matahari saat melakukan perawatan ini.


(Lemon. Foto: Dok/Pinterest)

2. Yogurt

Produk olahan susu ini mengandung asam laktat dalam jumlah tinggi, yang membantu mencerahkan dan mengeksfoliasi kulit. Bahan lain yang bisa digunakan adalah buttermilk, produk sampingan hasil pembuatan mentega dari susu yang difermentasi.

3. Cuka apel

Cuka apel ternyata mengandung alpha hydroxyl acid, yang mampu membuang sel-sel kulit mati. Bahan ini juga kaya akan vitamin dan mineral, yang membantu mencerahkan dan memulihkan kulit.

4. Lidah buaya

Kalau Anda pernah mengalami kulit terbakar sinar matahari, coba gunakan lidah buaya untuk mendinginkan dan meredakan iritasinya. Oleskan pada bintik atau bercak-bercaknya, lalu pijat secara perlahan dengan jari tangan selama sekitar dua menit. Ulangi langkah ini secara teratur sampai bercaknya memudar.

Nah, adakah cara-cara menghilangkan flek hitam pada wajah ini yang sudah Anda coba?

(Editor: Rahman Indra)

Hair & beauty