Career & Relationship

Kencan Kilat Demi Pekerjaan

By : Kiki Riama Priskila - 2014-09-19 05:00:41 Kencan Kilat Demi Pekerjaan

Tak usah ragu, bayangkan hal ini sebagai kencan kilat alias speed dating bagi kaum profesional. Misalnya dalam sebuah kesempatan, Anda hanya memiliki waktu lima menit untuk bercakap-cakap dengan seseorang yang belum pernah Anda kenal sebelumnya. Pakailah waktu yang singkat itu dengan baik, tidak perlu merasa canggung kalau Anda ingin menyudahi pembicaraan dan berkenalan dengan yang lainnya. Di saat yang sama, selalu persiapkan kartu nama Anda.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Don't Wing It

Kalau Anda hanya mempunyai waktu satu menit, pastikan Anda sudah tahu apa yang akan Anda katakan. Anda bisa menuliskan dan melatih beberapa pokok pembicaraan yang ingin Anda sampaikan saat berkenalan dengan orang baru, khususnya mengenai ide-ide bisnis Anda, sehingga nantinya waktu yang ada tidak akan terbuang percuma.

Sell Yourself

Seseorang bisa bertemu dengan 20 sampai 80 orang dalam sebuah event. Tidak sekadar hadir, ia pun bisa menonjol dan selalu diingat. Deepa Vijayan, co-founder dari Ticktalk Speednetworking Singapura mengatakan, "Sebagai contoh, Anda terinspirasi menjadi seorang penerjemah karena Anda pernah tinggal di beberapa negara berbeda. Teman-teman tidak hanya akan mengingat Anda sebagai "Mary si penerjemah", melainkan "Mary, yang pernah tinggal di lima negara dan memiliki passion untuk mempelajari berbagai bahasa"."

Make Notes

Catatlah hal-hal menarik dari orang-orang yang Anda temui selama acara tersebut, ujar Jason Su, seorang entrepreneur dari The Singapore Small Business Meetup Group. Dari catatan ini, Anda bisa memilih pertemuan dengan siapa yang akan Anda follow up.

 

(TEKS: JEANNE TAI/KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Career & Relationship