Career & Relationship

Deal with Toxic Diner Pals

By : Anggita Dwinda - 2014-01-21 19:04:12

THE FOOD LOVER

Ia adalah tipikal yang memesan banyak namun tidak dapat menghabiskan makanannya. Alhasil, kita akan ditinggalkan dengan makanan sisa dan tagihan yang besar.

Solusi: Berilah penjelasan sebelum memesan bahwa ia tidak memiliki napsu makan yang banyak. "Berikan usulan secara sopan dari awal jika Anda berdua akan memesan beberapa porsi menu untuk dibagi bersama dan ia dapat memesan lagi jika masih lapar," ujar Yvonne Anjelina, Direktur dan Kepala The Etiquette School Singapore.

 

THE EXTREME DIETER

Ia menghitung kalori terlebih dahulu dan terkadang tidak makan sama sekali - seorang penghancur kesenangan ketika kita ingin menikmati seporsi steak yang lezat.

Solusi: Pilihlah tempat yang menyediakan makanan ringan seperti salad dan sup. Apabila ia tetap memilih untuk melewati menu utama, katakan secara halus: "Saya merasa bersalah apabila saya makan dan kamu tidak. Bagaimana kalau kamu makan salad atau segelas es teh tawar? Setelah itu kita bisa jalan kaki."

 

THE CHI-CHI EATER

Ia senang pergi makan malam ke restoran mewah bergengsi. Namun tagihan besar tersebut tidak baik untuk dompet Anda.

Solusi: Pilihlah tempat makan yang sesuai dengan budget Anda. Andrea, 29, copywriter, menyarankan agar sebaiknya Anda merekomendasikan restoran tersebut terlebih dahulu sebelum teman Anda memiliki kesempatan untuk merekomendasikan tempat makan mahal.

 

THE PENNY PINCHER

Ia adalah seseorang yang "terlalu" berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Terkadang, ketika kalian makan bersama, ia tidak memiliki uang tunai sehingga Anda lah yang terpaksa membayari tagihan makanannya. Masalahnya, ia jarang membayar kembali.

Solusi: Sebelum makan, ingatkan ia dengan halus bahwa tagihan tersebut akan dibagi sama rata atau minta sang pelayan untuk memisahkan tagihan tersebut.

 

THE DRINKER

Ia adalah "the party girl" yang selalu membuat Anda menambah satu shot tequila, lalu satu shot lagi, dan lagi.

Solusi: Sebelum Anda berangkat, tentukanlah berapa banyak minuman yang Anda inginkan dan konsisten lah dengan pilihan tersebut. Beri tahu ia bahwa Anda hanya memiliki sedikit uang tunai agar ia tidak memesan terlalu banyak. "Apabila ia mencoba untuk membuat Anda minum terus, cobalah untuk melakukan hal lain seperti berdansa," ujar Agnes Koh, Direktur dan Pendiri Etiquette & Image International.

 

(TEKS: ALISA CHOPARD, MICHELLE PHANG / FOTO: DOK. HER WORLD)

Career & Relationship