SPOTLIGHT Indonesia kembali hadir sebagai ajang bergengsi yang digelar oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC), bekerja sama dengan Gemalindo Kreasi Indonesia sebagai penyelenggara acara. Tahun ini, SPOTLIGHT Indonesia 2024 yang mengangkat tema Cultural Fusion sukses digelar pada 12 hingga 15 Desember 2024 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).
Di tahun ketiganya, SPOTLIGHT Indonesia terus memperkuat komitmen dalam merayakan keberagaman budaya, kain tradisional, dan kerajinan khas Indonesia dengan pendekatan baru. Lewat fesyen kontemporer, acara ini menampilkan kekayaan produk lokal yang siap bersaing di pasar global.
(Baca Juga: Mar, Musikal Karya Ismail Marzuki Persembahan ArtSwara)
Ajang ini bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat perhatian dunia dalam produk ready-to-wear yang mengedepankan konsep berkelanjutan (sustainability). Dengan memanfaatkan kain tradisional, budaya, sumber daya lokal, serta pengerjaan tangan, SPOTLIGHT Indonesia berhasil menjadi platform untuk mempromosikan keunikan fesyen tanah air.
SPOTLIGHT Indonesia 2024 menghadirkan beragam aktivitas menarik, mulai dari peragaan busana, pameran, hingga workshop, kompetisi, dan talkshow. Acara ini mempertemukan desainer, pengrajin, dan pencinta fesyen, sembari mengkampanyekan inklusivitas serta keberlanjutan. Lebih dari 100 desainer dan jenama lokal turut berpartisipasi, menampilkan koleksi busana formal, kasual, hingga modest wear.
National Chair IFC, Lenny Agustin, mengungkapkan kebanggaannya terhadap penyelenggaraan tahun ini yang dianggap lebih spesial. Dengan lokasi di JCC, acara ini mampu menampung lebih banyak peserta dan penonton.
“SPOTLIGHT adalah ruang pamer yang menyatukan pelaku mode dari berbagai lapisan, menciptakan identitas fesyen Indonesia yang membanggakan,” ujar Lenny.
Pada pembukaannya, parade busana muslim dengan tema Road to IN2MF 2025 menjadi sorotan, menampilkan karya desainer yang didukung oleh Bank Indonesia. Busana muslim tetap dihadirkan karena perannya yang besar dalam mendorong industri fesyen Indonesia, khususnya untuk pasar internasional. Selain itu, kompetisi Best Sustainable Brands juga digelar, dengan House of Inang terpilih sebagai pemenang.
Acara ini berhasil menarik lebih dari 6.700 pengunjung selama empat hari, dengan total transaksi mencapai lebih dari Rp2 miliar. Dalam penutupan resmi yang dihadiri Menteri UMKM RI, parade busana menampilkan karya fesyen kontemporer dari berbagai desainer ternama seperti RACESPOT, ERIGO, dan Jenna and Kaia.
(Baca Juga: Fakta Serial Shogun, Pemenang Golden Globes 2025)
Sebagai puncak dari perjalanan panjang IFC sepanjang tahun, SPOTLIGHT Indonesia tak hanya merayakan ulang tahun IFC yang kesembilan, tetapi juga mempertegas langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen dunia.
(Penulis: Sania Zelikha)