Hair & beauty

3 Langkah Ini Bikin Skincare Kamu Bekerja Semakin Efektif!

By : Her World Indonesia - 2024-06-24 17:00:02 3 Langkah Ini Bikin Skincare Kamu Bekerja Semakin Efektif!

Kulit adalah lapisan terluar tubuh kamu yang berfungsi sebagai pelindung dari berbagai faktor eksternal, seperti polusi, sinar UV, dan kotoran. Tanpa perawatan yang tepat, kulit kamu bisa menjadi kusam, kering, bahkan mengalami penuaan dini.


Skincare berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, serta melindungi dari kerusakan lebih lanjut. Produk-produk skincare yang tepat bisa membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi risiko jerawat, dan memastikan kulit kamu tetap terlihat sehat dan bercahaya setiap hari.


(Baca juga: On Point Seharian, Ini 5 Rekomendasi Primer Lokal Terbaik!)


Namun, kamu juga harus tahu bahwa tidak semua produk skincare cocok untuk semua jenis kulit. Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda, seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. Memilih produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu sangat penting agar perawatan yang dilakukan efektif dan tidak menimbulkan masalah baru. Lebih dari itu, kamu juga perlu aware dengan formula yang ada di dalam skincare tersebut.


Setelah memerhatikan poin-poin tersebut, untuk memastikan skincare kamu bisa bekerja semakin maksimal perhatikan dan lakukan tiga hal berikut ini.


1. Rutin melakukan eksfoliasi


(Tiga langkah sederhana untuk membuat skincare bekerja secara efektif. Foto: Dok. Freepik)


Eksfoliasi adalah langkah penting dalam rutinitas skincare yang sering kali diabaikan. Proses ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit sehingga kulit bisa menyerap produk skincare dengan lebih baik. Melakukan exfoliasi secara rutin, sekitar dua hingga tiga kali seminggu, dapat membuat kulit kamu terasa lebih halus dan terlihat lebih cerah. Jangan lupa pilih exfoliator yang sesuai dengan jenis kulit kamu—untuk kulit sensitif, kamu bisa gunakan exfoliator yang lembut dengan butiran halus atau produk berbasis enzim. Namun, jangan juga terlalu sering melakukan exfoliasi karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit kering.


2. Gunakan skincare sesuai urutan


(Tiga langkah sederhana untuk membuat skincare bekerja secara efektif. Foto: Dok. Freepik)


Menggunakan produk skincare dalam urutan yang benar adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal. Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan cleanser untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Setelah itu, kamu bisa pakai toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkannya menerima produk selanjutnya. Aplikasikan serum yang memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi, seperti vitamin C atau hyaluronic acid, untuk target permasalahan kulit tertentu. Setelah serum, gunakan pelembap untuk mengunci semua produk sebelumnya dan menjaga kelembapan kulit. Jangan lupa untuk selalu mengakhiri rutinitas pagi dengan sunscreen, agar kulit terlindungi dari sinar UV yang merusak. Urutan ini memastikan setiap produk bekerja dengan efektif dan tidak menghalangi fungsi satu sama lain.


3. Jaga skincare agar tetap bersih


(Tiga langkah sederhana untuk membuat skincare bekerja secara efektif. Foto: Dok. Freepik)


Kebersihan produk skincare adalah faktor penting yang sering terlupakan. Menjaga produk tetap bersih membantu mencegah kontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau infeksi. Pastikan kamu selalu menutup rapat kemasan produk setelah digunakan. Jika menggunakan produk dengan kemasan pot, gunakan spatula yang bersih untuk mengambil produk, daripada menggunakan jari. Simpan skincare di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung untuk menjaga kualitas bahan aktifnya. Selain itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan alat-alat yang kamu gunakan untuk skincare sehingga kamu bisa memastikan bahwa kamu akan mendapatkan manfaat terbaik dari skincare tersebut.


(Baca juuga: Affordable! Ini 5 Rekomendasi Maskara Dari Merek Lokal)


Menerapkan tiga langkah ini dalam rutinitas skincare kamu akan membantu produk-produk yang kamu gunakan bekerja lebih efektif. Kulit yang sehat, bersih, dan bercahaya tidak lagi mimpi, tetapi kenyataan yang bisa kamu wujudkan dengan perawatan yang tepat dan konsisten.


(Penulis: Adila Firani)


Hair & beauty