Hair & beauty

5 Cara Mudah Merawat Rambut Yang Diwarnai

By : Her World Indonesia - 2024-06-19 11:00:01 5 Cara Mudah Merawat Rambut Yang Diwarnai

Memiliki rambut yang sehat bukan hanya tentang penampilan, tapi juga kesehatan karena rambut bukan hanya sekadar aksesori, melainkan mahkota alami yang memperindah penampilan setiap wanita. Untuk menjaga keindahannya, perawatan yang tepat sangatlah penting. Rutin mencuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan jenisnya, serta menggunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan, dapat membuat rambut kamu tetap sehat dan berkilau.


Kemudian, rajin melakukan perawatan tambahan seperti masker rambut dan pemijatan kulit kepala juga membantu merangsang pertumbuhan dan mempertahankan kekuatan helai rambut. Rambut yang terawat dengan baik cenderung lebih kuat, tidak mudah rusak, dan mampu menahan pengaruh lingkungan.


(Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini 5 Cara Memilih Perhiasan Bagi Pemula)


Kamu tentu memahami bahwa mewarnai rambut merupakan bentuk ekspresi diri yang menarik. Dengan memilih warna yang sesuai dengan kepribadian dan suasana hati, kamu dapat menambahkan dimensi baru pada penampilanmu tanpa harus mengorbankan kesehatan rambut.


Namun, perlu diingat untuk bahwa setelah kamu mewarnai rambut, kamu juga harus rajin dan konsisten merawatnya agar warna tersebut tidak mudah hilang dan rambut kamu tetap terjaga kesehatannya. Berikut ini lima cara merawat rambut yang diwarnai.


1. Hindari mencuci rambut terlalu sering


(Lima cara merawat rambut yang diwarnai. Foto: Dok. Freepik)


Mencuci rambut terlalu sering dapat membuat warna rambut cepat memudar dan menghilangkan kelembapan alami dari kulit kepala. Sebagai pengganti, kamu bisa coba gunakan dry shampoo di antara hari-hari mencuci rambut untuk menyerap kelebihan minyak dan menjaga kelembutan warna rambutmu. Ini juga membantu mempertahankan pigmentasi rambut yang diwarnai lebih lama tanpa perlu mencuci rambut terlalu sering.


2. Gunakan hair mask yang sesuai


Hair mask atau masker rambut adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan rambut yang diwarnai. Pilihlah hair mask yang mengandung bahan-bahan seperti minyak argan, coconut oil, atau keratin untuk membantu memperbaiki kerusakan, meningkatkan kelembutan, dan menjaga kelembapan rambut. Kamu bisa menggunakan masker rambut ini satu hingga dua kali seminggu tergantung pada kebutuhan rambutmu untuk hasil yang optimal.


3. Gunakan produk perlindungan thermal


(Lima cara merawat rambut yang diwarnai. Foto: Dok. Freepik)


Perlindungan thermal sangat penting untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat panas yang ditimbulkan oleh alat styling seperti hair dryer, catok, atau curling iron. Pilihlah produk perlindungan panas seperti serum atau spray yang mengandung formula yang dapat melapisi rambut dan menjaga kelembapan serta warna rambut saat menggunakan alat panas. Sebelum styling, pastikan kamu mengaplikasikan produk ini merata pada rambut yang masih basah untuk hasil yang lebih baik.


4. Hindari menyisir terburu-buru


Saat rambut basah, rambut cenderung lebih rentan terhadap kerusakan. Hindari menyisir rambut terlalu keras atau terburu-buru, terutama menggunakan sisir dengan gigi yang rapat. Gunakan sisir bergigi lebar atau jari-jari kamu untuk menyisir rambut secara perlahan dan hati-hati, dimulai dari ujung rambut dan bergerak naik ke atas. Hal ini membantu mencegah kerusakan pada kutikula rambut dan mempertahankan kelembapan alami rambut yang diwarnai.


5. Gunakan silk atau satin sarung bantal


(Lima cara merawat rambut yang diwarnai. Foto: Dok. Freepik)


Menggunakan sarung bantal dari bahan seperti satin atau silk dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan mengurangi risiko rambut kusut atau patah. Kain-kain ini lebih lembut terhadap rambut dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang kasar atau menyerap kelembapan, seperti katun. Selain itu, sarung bantal dari satin atau silk juga membantu mempertahankan kelembapan alami rambut kamu dan mencegah kerusakan selama tidur.


(Baca juga: Rambut Rontok Terus? Ini 3 Rekomendasi Vitamin yang Efektif)


Merawat rambut yang telah diwarnai memang memerlukan sedikit perhatian ekstra, namun ini sangat berharga untuk mempertahankan warna dan kesehatan rambut yang optimal. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menjaga rambut yang diwarnai tetap sehat, berkilau, dan indah tanpa harus mengorbankan kualitasnya!


(Penulis: Adila Firani)


Hair & beauty