Hair & beauty

Cerahkan Kulit Badan Dengan 5 Rekomendasi Lulur Alami Ini

By : Her World Indonesia - 2024-06-11 18:00:02 Cerahkan Kulit Badan Dengan 5 Rekomendasi Lulur Alami Ini

Merawat tubuh dengan lulur adalah salah satu rutinitas yang penting untuk kamu lakukan. Selain membantu mengangkat sel kulit mati, lulur juga memberikan sensasi relaksasi yang menenangkan. Dengan lulur, kulitmu bisa bernapas lebih baik dan menyerap nutrisi dari produk perawatan lainnya dengan lebih optimal.


Lebih dari itu, lulur juga bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulitmu tampak lebih segar dan bercahaya dan efektif memberikan kelembapan tambahan pada kulit yang akan membuat kulitmu terasa lebih halus dan lembut. Jangan lupa, momen luluran juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk kamu bersantai dan melepaskan stres.


(Baca juga: Kulit Kamu Kering? Coba 5 Toner Ini Untuk Memperbaikinya)


Saat memilih lulur, pastikan kamu memilih bahan-bahan yang alami. Lulur dengan bahan alami selalu lebih aman dan ramah untuk kulit karena minim risiko iritasi dan alergi. Selain itu, bahan alami juga lebih baik dalam menjaga kelembapan alami kulit dan tidak mengganggu keseimbangan pH kulitmu.


Jangan khawatir, Her World telah menyiapkan lima rekomendasi lulur alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulitmu, simah di bawah ini!


1. Lulur Kopi


(Lima lulur alami yang efektif untuk mencerahkan kulit badan. Foto: Dok. Mosntera Production/Pexels)


Kandungan kafein dalam kopi efektif untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulitmu tampak lebih segar dan bercahaya. Selain itu, kopi juga memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang merusak kulit. Kamu bisa membuat lulur kopi sendiri dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak kelapa atau madu. Oleskan campuran tersebut ke seluruh tubuh dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar untuk hasil terbaik.


2. Lulur Gula dan Lemon


Kombinasi gula dan lemon adalah lulur alami lainnya yang bisa kamu coba! Gula bertindak sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel kulit mati, sementara lemon yang kaya vitamin C membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam. Caranya, kamu cukup campurkan gula pasir dengan perasan lemon segar hingga membentuk pasta. Balurkan pada kulit yang sudah dibasahi, gosok perlahan, dan bilas dengan air hangat. Dengan penggunaan rutin, kulitmu akan terasa lebih halus dan terlihat lebih cerah.


3. Lulur Kunyit


(Lima lulur alami yang efektif untuk mencerahkan kulit badan. Foto: Dok. Anna Tarazevich/Pexels)


Kunyit dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit, salah satunya adalah untuk mencerahkan. Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan hiperpigmentasi. Untuk membuat lulur kunyit, kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit dengan yoghurt atau susu hingga membentuk pasta. Gunakan pada tubuh, kemudian biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Selain mencerahkan, lulur kunyit juga membantu membuat kulitmu terasa lebih halus dan lembut.


4. Lulur Beras


Lulur beras adalah rahasia kecantikan kulit yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Beras mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kulit, termasuk vitamin E yang membantu melembapkan dan mencerahkan kulit. Kamu bisa membuat lulur beras dengan menggiling beras hingga menjadi bubuk halus, lalu campurkan dengan air atau susu hingga membentuk pasta. Oleskan lulur beras pada tubuh, gosok perlahan, dan bilas hingga bersih. Penggunaan lulur beras secara rutin akan membuat kulitmu tampak lebih cerah dan bersinar alami.


5. Lulur Oatmeal dan Madu


(Lima lulur alami yang efektif untuk mencerahkan kulit badan. Foto: Dok. Freepik)


Oatmeal dikenal sebagai bahan yang sangat baik untuk kulit sensitif, sementara madu memiliki sifat antibakteri dan melembapkan yang luar biasa. Kombinasi oatmeal dan madu sebagai lulur bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus memberikan kelembapan yang diperlukan kulitmu. Campurkan oatmeal yang telah dihaluskan dengan madu hingga membentuk pasta, aplikasikan pada kulit, dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Hasilnya, kulitmu akan terasa lebih lembut, halus, dan tentunya lebih cerah.


(Bca juga: Bibir Semakin Cantik Dengan 5 Rekomendasi Lip Liner Ini)


Rutin menggunakan lulur alami tidak hanya membantu mencerahkan kulitmu tetapi juga menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah dan langkah-langkah sederhana, kamu bisa menikmati perawatan kulit yang efektif dan ekonomis. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah mencoba lulur alami ini dan rasakan manfaatnya untuk kulitmu. Kulit yang cerah dan sehat kini bisa kamu dapatkan dengan cara yang lebih alami dan menyenangkan!


(Penulis: Adila Firani)


Hair & beauty