Hair & beauty

5 Tips Merawat Potongan Curtain Bangs Agar Tahan Lebih Lama

By : Her World Indonesia - 2024-05-17 18:00:02 5 Tips Merawat Potongan Curtain Bangs Agar Tahan Lebih Lama

Curtain bangs atau poni tirai menjadi tren potongan rambut yang tak lekang oleh waktu. Meski trennya berawal pada tahun ‘70an, curtain bangs kini kian dipilih untuk memberikan kesan yang berbeda pada wajah. Seperti yang kamu tahu, poni jenis ini identik dengan belahan tengah yang menyerupai huruf V terbalik. Model poni jenis ini khususnya sangat cocok untuk orang-orang yang bentuk mukanya bulat. Bentuknya yang mirip tirai menjuntai memberikan ilusi pipi tirus dan menonjolkan bagian wajah yang memesona seperti area mata dan tulang pipi.

Namun, sama halnya dengan model poni jenis lainnya, terkadang curtain bangs pun sulit diatur. Tak jarang model poni ini membuat seseorang mengalami "bad hair day" entah karena lepek atau angin kencang yang mengubah bentuknya. Tapi, kini kamu enggak perlu khawatir karena Her World akan spill sederet tips merawatnya supaya ponimu tetap slay setiap saat!

1. Pilih Sampo yang Hydrating


(Semakin transparan warna sampo, formulasinya cenderung ringan untuk dipakai. Foto: Dok. karolina grabowska/Pexels)

Poni menjadi area rambut yang tipis dan mudah lepek karena minyak. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan sampo yang diformulasikan secara ringan dan memberikan efek hidrasi agar tekstur poni bisa kembali halus. Saat memilih samponya, kamu juga bisa melihat dari teksturnya, apakah lebih cair dan transparan?

(Baca juga: Rambut Semakin Sehat Dengan 5 Rekomendasi Hair Mask Ini)

2. Hindari Penggunaan Alat Penata Rambut


(Heatless curler kini populer digunakan untuk styling rambut tanpa bikin rusak. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Ingin ponimu terlihat bouncy dan sehat setiap harinya? Kamu perlu hindari penggunaan hair styling tool setiap hari karena akan membuat poni mudah kering dan rusak. Alternatifnya, gunakanlah hair roller setelah keramas atau heatless curler seperti tali satin. Dijamin, curtain bangs akan tampak cantik secara effortless!

3. Sisir dengan Round Brush

(Bentuk sisir yang cocok untuk membuat poni tirai bervolume dan rapi. Foto: Dok. hairdid_bydani/Instagram)

Saat poni masih setengah lembap setelah keramas, gunakan round brush untuk menyisir poni dengan teknik ditarik ke belakang secara perlahan. Kemudian, ulangi teknik ini sampai poni terlihat mengembang. Ponimu akan lebih tahan seharian dengan tampilan yang sedikit messy dan rambut poni yang sedikit berjarak.

4. Gunakan Dry Shampoo

(Semprot dry shampoo ke arah poni agar tidak lepek. Foto: Dok. originalmakeupkenya/Instagram)

Terkadang ada hari-hari kamu akan sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mencuci rambut. Sementara poni termasuk bagian rambut yang cenderung cepat berminyak. Jadi, disela-sela kesibukan, kamu bisa menggunakan dry shampoo di area poni agar gaya belah tengahnya bisa tahan lebih lama.

5. Rutin Trimming Poni


(Curtain bangs lebih mudah diatur jika rajin trimming. Foto: Dok. trimdc/Instagram)

Curtain bangs akan terlihat menarik saat membingkai wajah dengan sempurna. Sayangnya, poni biasanya tumbuh dengan cepat sehingga bentuknya mudah berubah. Kamu bisa rutin trimming poni dan sesuaikan dengan seberapa cepat poninya tumbuh. Biasanya trimming poni dilakukan sebulan sekali.

(Baca juga: Anti Boring, Ini 7 Warna Cat Rambut Gelap Selain Hitam)

Curtain bangs memang memiliki serangkaian perawatan yang perlu dilakukan agar tetap awet bentuknya. Meski begitu, efeknya poni tirai yang indah pada bentuk wajah menjadikannya sepadan dengan seluruh proses perawatan yang wajib dilalui.


(Penulis: Zahrah Pricila)


Hair & beauty