Fashion

Tampak Fashionable, Ini 8 Tips Mudah Menutupi Perut Buncit

By : Her World Indonesia - 2024-05-08 17:00:01 Tampak Fashionable, Ini 8 Tips Mudah Menutupi Perut Buncit

Eksplorasi fesyen untuk tampil menarik setiap harinya tentu menjadi keinginan semua orang. Namun, terkadang kita akan kesulitan untuk mendapatkan tampilan yang diharapkan karena pakaian yang dipilih tidak cocok dengan bentuk tubuh. Salah satu permasalahan tubuh yang kerap dijumpai pada tubuh kurus dan gemuk adalah perut buncit. Terkadang pakaian yang sederhana sekalipun terlihat gagal dalam memberikan pesona yang cantik akibat siluet perut buncit ini.


Tak jarang masalah ini pun membuat tidak percaya diri dan sulit untuk padu padan pakaian. Pada akhirnya, seringkali pakaian yang dipilih hanyalah sweater atau kemeja oversized untuk menutupinya. Padahal, perut buncit sebenarnya bisa kamu tutupi dengan bereksplorasi cara styling berbeda. Kamu pun tidak melulu harus bermain dengan pakaian bagian atas saja.

Penasaran? Kamu bisa eksplorasi lebih jauh tampilan anti perut buncit dengan beberapa tips di bawah ini!

1. Pilih Warna Monokrom

(Outfit serba hitam bisa menyamarkan siluet perutmu. Foto: Dok. allblackvis/Instagram)


Untuk menutupi tampilan perut buncit, kamu bisa beralih menggunakan warna monokrom alias tone warna yang selaras. Pilihlah atasan dan bawahan dengan warna monokrom yang diinginkan. Akan lebih baik kalau tone warnanya lebih gelap seperti hitam, biru navy, atau cokelat.


(Baca juga: 5 Merek Lokal Ini Sediakan Koleksi Swimwear yang Cantik!

2. Gunakan Blazer

(Blazer memberikan kesan tubuh yang lebih ramping. Foto: Dok. blzr.id/Instagram)


Blazer tidak hanya digunakan untuk memberikan kesan semi-formal dan casual smart look. Saat kamu memadukan blazer tanpa dikancing dengan gaun atau celana, kamu akan memberikan siluet jenjang dan slim di bagian tengah.


3. A-Line Dress


(dress dengan model A-line bisa menutupi lekukan perut. Foto: Dok. thehiranya/Instagram)

Dress memang cocok untuk membuat tubuh tampak lebih ramping. Namun, saat memiliki perut buncit, kamu perlu menghindari dress yang ketat di bagian perut agar tidak semakin menonjolkan bentuknya dari berbagai sisi. Kamu bisa memilih model A-line dress yang melebar di bagian pinggang hingga ke bawah sehingga lekukan perut buncit tidak akan terlihat. Kamu juga dapat memilih panjang A-line dress yang selutut untuk mengalihkan perhatian orang-orang dari bagian perut ke kaki.


4. Untuck Your Top!


Saat menggunakan kemeja, kita cenderung akan memasukkan bagian bawahnya ke dalam celana untuk terlihat rapi. Namun, ini justru akan membuat tampilanmu unflattering apalagi jika memiliki perut buncit. So, untuck your top! Kamu bisa memadukan kemeja yang longgar dengan bawahan yang pas dengan bentuk kaki seperti jeans atau celana model cutbray. Tips ini juga bisa kamu terapkan saat menggunakan pakaian atas lainnya yang longgar seperti blouse.


5. Hindari Short Top


Orang lain biasanya akan memerhatikan ujung bawah atasan baju saat melihat tampilan fesyen kita. Jadi, hindari menggunakan atasan yang pendek seperti crop top agar perut buncitmu tidak jadi pusat tampilan outfit-mu. Kamu bisa beralih ke pakaian yang sedikit loose dan panjangnya melebihi pinggang.


6. Maxi & Midi Skirt

(Midi skirt yang mengembang di bagian perut ke bawah sehingga menutupi tampilan perut. Foto: Dok. taneshaawasthi/Instagram)


Bosan dengan celana dan kemeja? Kamu bisa bermain dengan tampilan rok! Memilih model rok yang tepat memang tricky karena kalau terlalu ketat, perut buncitmu justru akan lebih terlihat. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan maxi atau midi skirt. Kedua jenis rok ini bisa memberikan siluet feminin yang menekankan pada lekukan tubuh yang menarik selain bagian tengah.


7. Hindari Motif Berukuran Besar

(Dress bermotif kecil namun padat mengalihkan fokus dari perut buncit. Foto: Dok. taneshaawasthi/Instagram)


Perut buncit jangan menjadi penghalangmu saat bereksperimen dengan pakaian. Kamu tetap bisa menambahkan corak pada pakaianmu tanpa memperlihatkan perut buncitmu. Tipsnya, kamu perlu memilih pakaian bermotif yang berukuran kecil dengan bahan pakaian drapey yang flowy. Motif yang besar bisa memberikan ilusi yang lebar pada bagian tengah tubuhmu. Kemudian, jangan lupa untuk hindari bahan yang kaku seperti katun. 


(Baca juga: 5 Koleksi Timeless Untuk Kondangan yang Perlu Kamu Miliki)

8. Wrap Dress

(Wrap dress memberikan kesan pinggang kecil tanpa terlihat buncit. Foto: Dok. lizolafashionkenya/Instagram)


Model A-line dress terkadang terlihat lebih sederhana karena jarang menggunakan motif. Apabila kamu ingin memberikan sentuhan berbeda, kamu bisa memilih wrap dress yang identik dengan tali ikat di bagian atas pinggang tanpa adanya kancing atau ritsleting. Tak hanya mudah dipakai, wrap dress juga memberikan kesan yang elegan. Untuk acara semi-formal, kamu bisa menggunakan dress ini untuk menutupi perut buncit.


Memiliki perut buncit bukan berarti kamu tidak bisa tampil stylish setiap harinya. Kamu hanya perlu lebih detail dalam mengkurasi pakaian yang memang terlihat flattering di tubuh dan pastikan sesuai seleramu. Kemudian, tips yang utama adalah kamu perlu mengalihkan pandangan orang lain dari perut buncitmu dengan gaya outfit yang memfokuskan pada bagian yang bisa menyeimbangkan proporsi tubuh, misalnya kaki atau lengan. Selamat mencoba! 


(Penulis: Zahrah Pricila)

Fashion