Fashion

Stylish with Nature! 5 Merek Pakaian Lokal yang Sustainable

By : Her World Indonesia - 2024-04-23 17:00:01 Stylish with Nature! 5 Merek Pakaian Lokal yang Sustainable

Konsep sustainability atau keberlanjutan saat ini sudah tidak asing lagi, dan hal itu adalah situasi yang perlu dibanggakan. Modern ini, konsep sustainability tidak lagi sekadar menjadi wacana, tetapi telah berkembang menjadi gerakan yang semakin masif dan membanggakan. Dari gaya hidup hingga produk-produk yang kita gunakan sehari-hari, sustainability telah menyusup ke dalam berbagai aspek kehidupan kita.


Gaya hidup sustainable kini menjadi semakin populer dan mudah diimplementasikan, bahkan dari hal-hal yang terlihat sederhana sekalipun. Mulai dari membawa tumbler dan tempat makan sendiri untuk menghindari penggunaan alat makan kemasan secara berlebihan, hingga ke penggunaan produk-produk kecantikan dan skincare yang mengutamakan bahan-bahan alami. Semua itu adalah langkah-langkah kecil yang sangat berarti dalam mendukung upaya untuk menjaga lingkungan dan alam.


(Baca juga: 10 Item Classic Elegant Style Wajib Kamu Punya di Lemari)


Ada banyak manfaat yang diberikan dengan menerapkan gaya hidup sustainable selain bagi lingkungan saja. Kamu juga akan merasakan manfaatnya secara pribadi. Misalnya, dengan menggunakan produk-produk alami, kamu mengurangi risiko terpapar bahan kimia berbahaya yang sering terdapat dalam produk kecantikan konvensional. Kulitmu pun akan bersyukur karena diperlakukan dengan lebih baik, tanpa terpapar bahan-bahan yang mungkin merusaknya.


Hal yang sama juga berlaku dalam ruang fashion global. Saat ini kamu patut bangga karena tidak kalah dari merek-merek luar yang menggaungkan dan mengupayakan konsep sustainable fashion, merek-merek Indonesia juga bersaing dengan sehat dan berkualitas menjaga komitmen mereka untuk menjaga dan melindungi alam bersama koleksi-koleksi yang sustainable


Konsep fashion yang sustainable ini dapat membantu menghemat uangmu dalam jangka panjang. Memang, pada awalnya mungkin terasa lebih mahal untuk membeli produk-produk ramah lingkungan atau untuk mengadopsi kebiasaan-kebiasaan yang lebih berkelanjutan. Namun, jika dilihat dari perspektif jangka panjang, gaya hidup berkelanjutan justru dapat menghemat uangmu dengan mendapatkan barang-barang yang sudah pasti berkualitas dan bisa kamu miliki untuk waktu yang lebih lama.


Her World telah merangkum lima merek fesyen lokal yang mengutamakan konsep sustanable fashion. Simak berikut ini,


1. Sejauh Mata Memandang


(Koleksi milik Sejauh Mata Memandang. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang/Instagram)


Ketika mendengar sustainable fashion dari merek lokal tentu Sejauh Mata Memandang berada di dalam list tersebut. Merek yang sudah berdiri sejak 2014 oleh Chitra Subyakto. Sejauh Mata Memandang menjalin kerja sama dengan banyak organisasi dan label tekstil serta tenaga kerja lokal untuk bertanggung jawab terhadap limbah tekstil yang dihasilkan serta menjaga sekaligus memberdayakan masyarakat itu sendiri.


Koleksi-koleksi Sejauh Mata Memandang hadir dengan paduan warna yang ciamik, desain yang timeless, serta bisa kamu padu-padankan bersama koleksi pakaian kamu yang lain untuk penampilan yang lebih memukau. Bersama tagline #FromWasteToWardrobe, merek ini juga menyediakan layanan perbaikan untuk pakaian koleksi Sejauh Mata Memandang yang mungkin sudah rusak. Jadi, kamu tetap bisa menggunakannya kembali. 


2. Adrie Basuki


(Koleksi milik Adrie Basuki. Foto: Dok. Adrie Basuki/Instagram)


Merek ini resmi hadir pada 2019 setelah sebelumnya berada dalam semangat dan komitmen yang sama dalam Moodswing Indonesia, merek keluarga Basuki yang luncur pada ulang tahun Ibu Roostiati Basuki di 2014 lalu. Adrie Basuki sejak awal selalu membawa konsep Zero Waste Design dengan memadukan kekayaan tekstil lokal dan handcrafted para pengrajin lokal. 


Banyak koleksi dari Adrie Basuki yang terinspirasi dari wanita-wanita Indonesia dengan ragam desain dan pilihan warna. Koleksi-koleksi Adrie Basuki selalu terinspirasi dari alam semesta dan bagaimana memaknainya menjadikan hampir seluruh koleksi Adrie Basuki selalu mengutamakan kenyamanan, detail tetap menjadi kekuatannya untuk mengedepankan bahwa kerajinan tangan dan alam harus selalu dilestarikan. 


3. Sukkha Citta


(Koleksi milik Sukkha Citta. Foto: Dok. Sukkha Citta/Instagram)


Sukkha Citta merupakan fashion brand yang sudah mendapatkan banyak penghargaan karena komitmennya menjaga lingkungan termasuk mendapatkan pujian dari United Nations Climate Change. Merek ini terkenal karena terus memberikan koleksi-koleksi yang modern dengan elemen-elemen yang berfokus pada warna-warna natural sehingga cocok digunakan untuk berbagai kesempatan. 


Koleksi-koleksi dari Sukkha Citta hadir dalam berbagai potong kain yang tentunya hand crafted dan didedikasikan untuk alam. Mulai dari atasan, dress, termasuk koleksi pria lengkap. 


4. Lanivatti


(Koleksi milik Lanivatti. Foto: Dok. Lanivatti/Instagram)


Didirikan Nicoline Patricia Malina dan tim, merek ini memiliki koleksi-koleksi yang banyak terinspirasi dari alam dengan semangat perubahan yang ramah lingkungan. Capsule collections dari Lanivatti banyak menjadi pilihan para pencinta fashion karena desainnya yang modern dan futuristik dengan mengutamakan modern classic yang versatile sehingga bisa kamu pakai kapanpun dan untuk acara apapun. Lanivatti juga berkolaborasi dengan Lenzing untuk mengelola bahan-bahan utama dalam proses produksi secara bertanggung jawab. 


5. Pijak Bumi


(Koleksi milik Pijak Bumi. Foto: Dok. Pijak Bumi/Instagram)


Tidak hanya pakaian, kamu juga perlu tahu bahwa merek Indonesia yang sustainable juga telah menyentuh sisi alas kaki. Pijak Bumi merupakan merek lokal terbaik yang terus menghasilkan koleksi-koleksi sepatu unik dan lucu dengan paduan warna-warna yang cantik sehingga dapat meningkatkan penampilan kamu. 


Merek ini telah hadir lebih dari sepuluh tahun dan masih terus mengembangkan sayap mereka untuk menjangkau lebih banyak orang bisa menggunakan alas kaki yang nyaman, classy, modern, dan pastinya ramah lingkungan.


(Baca juga: 5 Kombinasi Outfit Warna Cokelat, Tampil Menarik dan Nyaman!)


Bersama merek-merek yang berkomitmen dengan sustainability tanpa mengesampingkan style and trend kamu tetap bisa tampil memukau sembari menjaga alam untuk masa depan. Dari lima merek lokal ini, mana yang sudah pernah kamu coba? 


(Penulis: Adila Firani)

Fashion