Fashion

Julia Roberts x Chopard Hadirkan Koleksi Perhiasan Memikat

By : Girah Ababyl M.K. - 2024-04-08 12:00:02 Julia Roberts x Chopard Hadirkan Koleksi Perhiasan Memikat

Attention, jewelry enthusiast! Brand perhiasan mewah Chopard telah merilis koleksi high jewelry terbaru yang dirancang bersama dengan duta globalnya, aktris Julia Roberts.


Koleksi kapsul bertajuk "Chopard x Julia Roberts” ini merupakan penghormatan kepada "Insofu Emerald," sebuah zamrud yang ditemukan lebih dari satu dekade yang lalu, dengan berat 6.225 karat saat itu, dari tambang Kagem yang dioperasikan oleh Gemfields di Lufwanyama, Zambia.



(Julia Roberts berkolaborasi dengan Caroline Scheufele hadirkan koleksi Chopard x Julia Roberts. Foto: Dok. Chopard)


Chopard memperoleh permata kasar tersebut beberapa tahun lalu, dan setelah perencanaan yang cermat, batu permata pertama yang dipotong dari Insofu ini memulai debutnya dalam koleksi yang dirancang oleh Julia Roberts bersama Caroline Scheufele, Co-President dan Direktur Artistik Chopard.


Proses penemuan hingga kreasi akhir dari batu permata bernilai tinggi


Penemuan "Insofu" pada tahun 2010 merupakan momen penting dalam sejarah perhiasan.

Nama Insofu berasal dari bahasa Bemba lokal yang berarti "gajah," dipilih karena ukuran dan bentuk yang mengesankan, mirip dengan belalai hewan tersebut.


(Sketsa rancangan koleksi Chopard x Julia Roberts. Foto: Dok. Chopard)


Chopard membeli batu permata tersebut masih dalam bentuk kasar, pada bulan November 2018 dalam lelang zamrud Gemfields di Singapura karena terpikat oleh potensi batu tersebut yang masih mentah, dengan nuansa hijau yang menawan dan berubah-ubah, serta kemurnian teksturnya yang tak tertandingi.

Merek mewah yang terkenal dengan kreativitas estetika dan inovasi teknisnya ini pun berusaha untuk mengikuti perjalanan batu tersebut dan memastikan rantai penelusuran yang lengkap mulai dari pemotongan batu permata, desain perhiasan, hingga kreasi akhir.



(Proses cermat pembuatan koleksi Chopard x Julia Roberts. Foto: Dok. Chopard)


Chopard berkonsultasi dengan para ahli pemotong zamrud di India mengenai cara terbaik untuk mengungkap karakteristik unik batu tersebut. Pemotongan itu sendiri dilakukan di workshop Maison di Jenewa dan di Jaipur, India.


(Baca juga: 10 Item Classic Elegant Style Wajib Kamu Punya di Lemari)


Kolaborasi kreatif yang tak boleh dilewatkan


Untuk koleksi ini, Scheufele mengungkapkan bahwa ia membayangkan sebuah kolaborasi yang dapat "sepenuhnya mengekspresikan dan meningkatkan kecantikan alami batu permata."

Julia Roberts dipilih sebagai mitra karena pemikiran kreatifnya, visi yang ambisius, dan apresiasi mendalamnya terhadap perhiasan. Roberts sendiri telah membintangi kampanye "Happy Sport" dan "Happy Diamonds" dari Chopard sejak 2021.



(Julia Roberts mengenakan koleksi perhiasan istimewa, Chopard x Julia Roberts. Foto: Dok. Chopard)


Pada tahun 2023, Julia Roberts menjadi duta global untuk brand perhiasan dan jam tangan Swiss tersebut, sering kali mengenakan desain Scheufele serta giat mempelajari bagaimana perhiasan berinteraksi dengan tubuh dan apa yang membuat seorang wanita merasa nyaman untuk menjadi pusat perhatian.


Dipersatukan oleh nilai-nilai dan hasrat yang sama, Roberts dan Scheufele telah menjalin hubungan selama bertahun-tahun yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan relasi yang baik ditandai dengan rasa saling menghormati dan kepercayaan satu sama lain. Inisiasi koleksi perhiasan Chopard x Julia Roberts pun terlahir dari dialog kreatif mereka.



(Proses kreatif pembuatan koleksi Chopard x Julia Roberts. Foto: Dok. Chopard)


Roberts mengambil inspirasi dari perhiasan India tradisional untuk meningkatkan warna yang intens dari zamrud, menggabungkannya dengan rubellite dan batu yang selalu ada dalam kehidupannya sendiri, turquoise, memberikan sentuhan personal ke dalam kreasi.

Karyanya itu dirancang dengan perpaduan warna kontras yang menggugah dari warisan budaya perhiasan India dengan garis-garis modern dan segar dari teknik pembuatan perhiasan kontemporer.


(Koleksi perhiasan kolaborasi Chopard x Julia Roberts. Foto: Dok. Chopard)


Setiap perhiasan juga dibuat dari rose gold yang bersertifikat Fairmined, yang merupakan cerminan dari inisiatif "Journey to Sustainable Luxury", yang diluncurkan pada tahun 2013 dan merupakan landasan dari merek ini. Proyek keberlanjutan ini menjadi salah satu proyek spesial bagi Roberts.


(Baca juga: Eksplorasi Gaya Busana Versatile dari "Raya with Bobo Tokyo")


Malam perayaan istimewa


Permata dari kolaborasi kreatif perdana ini diluncurkan dalam sebuah makan malam yang diselenggarakan oleh Scheufele di Château Marmont di Los Angeles pada 8 Maret lalu, di mana Julia Roberts mengenakan perhiasan tersebut untuk pertama kalinya.

Makan malam tersebut terasa hangat menampilkan trio jazz Jason Pelsey, peragaan busana yang menggabungkan kreasi perhiasan mewah terbaru dari Chopard dengan koleksi "Caroline's Couture", didukung dekorasi bernuansa bunga yang apik, dan pada malam harinya, diisi dengan hiburan dari DJ Michelangelo.



(Julia Roberts, Elton John, dan Caroline Scheufele dalam makan malam perayaan di Château Marmont. Foto: Dok. Chopard)


"Berkolaborasi dengan Julia dalam koleksi kapsul ini telah menjadi perjalanan yang luar biasa," kata Scheufele.

"Dari saat kami menemukan Zamrud Insofu, kami tahu ini adalah permata yang dapat menginspirasi kemegahan. Koleksi ini adalah bukti dari inspirasi tersebut, sebuah perpaduan dari hasrat bersama kami untuk keindahan, keanggunan, dan kemewahan yang bertanggung jawab."


Well, we couldn’t agree more!


Fashion