Tahun ini, salah satu tren fashion yang paling digemari adalah bag charms. Yup, menghias tas dengan berbagai aksesori unik dan menggemaskan menjadi hal yang 'keren' di tahun 2024. Jika kamu termasuk salah satu pengikut tren ini, pasti kamu sudah menghias tasmu dengan berbagai bag charms menarik— salah satu aksesori bag charms yang saat ini paling viral adalah boneka Labubu.
Eits, tapi boneka Labubu nggak hanya sekadar bag charms saja, lho. Dengan tampilan berbulu, telinga panjang, dan gigi taring, banyak orang yang jatuh hati dengan pesona Labubu. Saking populernya, mendapatkan boneka ini cukup susah bahkan kamu harus rela antri berjam-jam, terbang ke negara lain, dan menyiapkan biaya yang cukup banyak untuk membawanya pulang.
Bagi kamu yang penasaran dengan boneka satu ini dan mengapa ia bisa viral, intip fakta-fakta menarik Labubu di bawah ini.
Labubu diciptakan oleh seniman kelahiran Hong Kong bernama Kasing Lung di tahun 2015 sebagai bagian dari seri karya yang ia buat, The Monsters. Ksing Lung menciptakan boneka Labubu setelah terinspirasi oleh dongeng Nordik yang muncul dalam buku anak-anak. Pada tahun 2019, Kasing Lung memulai kerja sama dengan perusahaan mainan asal Tiongkok Pop Mart yang terkenal dengan mainan koleksi dan blind boxes. Berkat kerja sama ini, boneka Labubu mulai dikenal masyarakat luas hingga mengalami peningkatan ketertarikan dan menjadi boneka viral.
(Baca Juga: Mengenal Bag Charms Trend di 2024, Apakah Worth It Diikuti?)
Labubu bisa dikategorikan sebagai sejenis peri (elf) dengan karakteristik telinga tinggi dan runcing, gigi bertaring, tidak berekor, dan rupanya memiliki jenis kelamin perempuan. Ia memiliki ekspresi yang nakal dan 'usil', sama seperti kepribadiannya. Menurut lore dari sang penciptanya, Labubu memiliki sifat yang baik dan penolong, sayangnya ia selalu berakhir menyebabkan kerugian saat menolong orang lain.
Setelah menjalin kerja sama dengan Pop Mart di tahun 2019, Labubu telah memiliki beragam koleksi populer seperti Happy Halloween Party, Lazy Yoga, dan seri Hide and Seek yang hanya eksklusif di Singapura. Kini, Labubu memiliki lebih dari 300 desain warna, bentuk, dan ukuran. Selalu ludes di berbagai negara, boneka Labubu dijual dari mulai harga 300.000 hingga jutaan rupiah, mencapai 17.000.000 rupiah untuk koleksi eksklusifnya. Nggak hanya boneka, Labubu juga memiliki beragama merchandise lain seperti key chain, tote bag, phone case, mug, dan masih banyak lagi. Siapkan tabunganmu jika ingin membawa pulang si Labubu, ya!
Labubu diperkenalkan oleh penciptanya Kasing Lung dalam seri The Monster. Menurut seri The Monster, Zimomo adalah pemimpin para elf Labubu. Meskipun kedua karakter tersebut sekilas tampak mirip, ada beberapa perbedaan yang bisa kamu lihat seperti Zimomo yang memiliki ekor runcing, sedangkan Labubu sama sekali tidak memiliki ekor. Selain itu, Labubu yang asli memiliki wajah persegi sedangkan wajah Zimomo lebih bulat. Sebagai pemimpin, Zimomo memiliki ukuran dua kali lebih besar dari Labubu— dan tentu dua kali lipat harganya!
(Baca Juga: Mengenal Game Korea "APT" dari Lagu Rosé dan Bruno Mars)
Kepopuleran Labubu juga dibantu dengan para artis mancanegara yang ikut mempopulerkannya. Mereka pun jatuh hati dengan pesona dan kelucuan Labubu! Artis terkenal seperti Lisa dan Rosé BLACKPINK, Mario Maurer, Jamie Chua, bahkan termasuk sederetan artis Tanah Air Ayu Ting Ting, Citra Kirana, Cathy Sharon, dan Ririn Ekawati juga memiliki boneka Labubu.
Itu adalah lima fakta menarik boneka viral Labubu. Jika kamu sudah memiliki boneka Labubu-mu sendiri, it feels good to know them better, no? Jika kamu baru saja mengenalnya, apakah kini kamu tertarik memilikinya juga?