Food & travel

4 Hotel Artsy untuk Staycation di Jakarta, Wajib Tahu!

By : Her World Indonesia - 2024-01-04 16:00:02 4 Hotel Artsy untuk Staycation di Jakarta, Wajib Tahu!

Mengisi hari libur yang singkat seperti tanggal merah di tengah minggu, atau akhir pekan, paling cocok memang staycation. Mengistirahatkan tubuh yang lelah bekerja dengan suasana yang berbeda dari rumah. Staycation tidak harus yang jauh, di Jakarta pun banyak sekali pilihan hotel yang menarik.

Berbagai hotel di Jakarta memiliki gayanya masing-masing. Hotel dengan interior desain yang mewah merupakan gaya yang paling umum ditemukan di Jakarta. Jika kamu bosan dengan gaya hotel pada umumnya, kamu bisa pilih hotel yang artsy untuk staycation


Apa itu hotel artsy? 


Artsy merupakan gaya yang terinspirasi dari seni dan ekspresi kreatif. Dalam konteks hotel, “artsy hotel” mengarah pada tempat untuk menginap yang menonjolkan unsur-unsur artistik dan desain yang unik. Hotel dengan gaya ini cenderung menampilkan berbagai bentuk seni, termasuk lukisan, patung, mural, atau desain arsitektural inovatif. 


Suasana dan desain hotel artsy dirancang untuk memberikan pengalaman visual yang menarik dan kaya dengan keindahan estetika. Oleh karena itu, staycation di hotel artsy bukan hanya tentang akomodasi, melainkan juga tentang merasakan atmosfer seni dan kreativitas yang menarik perhatian.


Jika kamu tertarik untuk staycation di hotel yang artsy, berikut lima pilihan hotel artsy yang ada di Jakarta, cari tahu yuk!



1. Artotel Casa Kuningan


(Rekomendasi artsy hotel di Jakarta. Foto: Dok. Artotel Casa Kuningan/Instagram)


Terletah di salah satu kawasan business districts di Jakarta Selatan, Artotel Casa Kuningan didesain untuk kamu merasakan nyaman seperti di rumah. Dekat dengan mall dan lifestyle centers, membuat kamu mudah menemukan hiburan saat bermalam di sini. 


Memiliki 46 kamar dengan dua tipe kamar yang berbeda. Dua tipe kamar tersebut adalah studio 25 dengan luas 25 meter persegi dan studio 28 dengan luas 28 meter persegi. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang kenyamanan kamu menginap di sini.


Pada lantai lima dari hotel ini, terdapat rooftop bar yang wajib kamu kunjungi bernama BART Kuningan. Menawarkan macam-macam pilihan minuman dari concoction cocktails hingga spirits dengan botol yang besar untuk kamu yang datang beramai-ramai. 


Jika malas keluar dari hotel untuk mencari makan, di Artotel Casa Kuningan terdapat La Gazette All Day Dining. Tempat untuk makan dengan desain yang casual dan humble namun modern. 


2. The Orient


(Orient Hotel di desain oleh Bill Bensley. Foto: Dok. Orient Hotel/Instagram)


Hotel yang satu ini wajib banget dikunjungi, pasalnya desain yang ada dalam hotel ini didesain langsung oleh arsitek dan interior designer yang terkenal, Bill Bensley. Menarik para pengunjung dengan pandangan global yang tertanam dengan jiwa kepulauan. 


Hotel ini terbilang sangat artsy karena dari kamu masuk ke lobby saja sudah dipenuhi dinding dengan anyaman bambu. Memiliki kamar serta infinity pool dengan city view yang sangat cantik. 


Berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.36, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat. Hotel ini sangat worth it, harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang didapat sungguh memuaskan. 


(Baca Juga: Jelajahi Macau, Bisa Nginep di 4 Hotel Ini! Apa Saja?)


3. Raffles Jakarta


(Raffles memiliki sentuhan seni yang unik. Foto: Dok. Raffles Jakarta/Instagram)


Hotel Raffles Jakarta adalah destinasi staycation yang sangat cocok untuk kamu. Dengan interior yang mewah namun memiliki sentuhan seni yang unik, hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan.


Selain keindahan visualnya, Raffles juga menonjolkan pengalaman kuliner yang memukau. Restoran dan kafe di dalamnya menyajikan hidangan lezat dengan sentuhan lokal, memberikan tamu pengalaman kuliner yang autentik. Dengan kombinasi antara ketenangan staycation dan keceriaan seni, Hotel Raffles menjadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan perpaduan antara kenyamanan dan keunikan dalam penginapan mereka.


Berlokasi di Ciputra World, Jakarta. Raffles Jakarta terhubung dengan Lotte Shopping Avenue dan Ciputra Artpreneur Centre. Dimana di sini sering dilangsungkan pertunjukan seni yang menarik. 


4. Rumanami Kemang


(Hotel ala Victorian di Jakarta. Foto: Dok. Rumanami/Instagram)


Akomodasi ini terletak di Jakarta Selatan, hanya membutuhkan lima hingga 15 menit berjalan kaki untuk sampai ke restaurant, bar dan cafe yang terkenal di Jakarta Selatan. Terdiri dari 34 kamar yang diisi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti di rumah. 


(Baca Juga: 5 Tempat Fancy Restaurant di Jakarta, Ada yang Baru, Lho!)


Hotel ini sangat estetik, mengusung gaya ala Victorian cocok banget untuk kamu foto-foto mempercantik feeds Instagram-mu. Bangunannya melingkar dan di tengahnya terdapat taman yang menjadi ciri khasnya. 


Itu dia hotel artsy yang cocok untuk kamu jadikan tempat staycation bersama teman, keluarga, atau orang tersayang. Which one is your favorite?



(Penulis: Nada Kamiliya)


Food & travel