Hair & beauty

Lakukan 6 Cara Ini Agar Flek Hitam Tak Muncul Lagi Di Wajah!

By : Her World Indonesia - 2023-09-04 17:10:01 Lakukan 6 Cara Ini Agar Flek Hitam Tak Muncul Lagi Di Wajah!

Flek hitam di wajah memang bisa sangat mengganggu penampilan, sekaligus bisa menurunkan rasa percaya diri. Mulai dari paparan sinar matahari yang berlebihan, bekas jerawat, hiperpigmentasi pasca inflamasi, hingga adanya kondisi kesehatan tertentu, bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar flek hitam tidak muncul lagi. Mau tahu apa saja? Ini caranya!


Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah


Sebelum mengetahui cara menghilangkan flek hitam, penting untuk memahami terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya flek hitam di wajah. Dengan begitu, kamu bisa menghindari dan meminimalisir risiko munculnya flek hitam. Berikut ini beberapa penyebab munculnya flek hitam di wajah, antara lain: 


1. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan


(Agar flek hitam tidak muncul lagi. Photo by Nazila Azimzada on Pexels)


Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya yaitu bisa menyebabkan munculnya flek hitam di wajah. Flek hitam yang muncul akibat paparan sinar matahari berlebihan biasa disebut dengan sun spot atau age spot. Meskipun dapat dialami oleh wanita di segala usia, namun age spot lebih sering terjadi pada wanita lanjut usia, terutama pada wanita yang sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tanpa perlindungan kulit. Age spot tidak bersifat kanker, juga tidak menyebabkan kanker. 


2. Permasalahan Kulit


Terdapat beberapa jenis permasalahan kulit umum yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam di wajah, misalnya, hiperpigmentasi pasca inflamasi, ruam, goresan, hingga jerawat. Selain itu, melasma dan linea nigra juga bisa menyebabkan munculnya bercak kecokelatan pada kulit wajah. 


3. Konsumsi Obat-Obatan


(Agar flek hitam tidak muncul lagi. Photo by Polina Tankilevitch on Pexels)


Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah lainnya. Ini termasuk obat amiodarone, phenytoin, tetrasiklin, sulfonamida, atau antibiotik spektrum luas. Obatan-obatan tersebut bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, sehingga memiliki risiko lebih tinggi munculnya flek hitam di wajah.


4. Faktor Lingkungan


Faktor lingkungan juga dapat mengakibatkan munculnya flek hitam di wajah. Paparan lingkungan, termasuk paparan sinar matahari dan merokok, dapat menyebabkan produksi melanin meningkat dan mengakibatkan munculnya flek hitam di wajah. Itu juga berdampak pada keremajaan kulit seiring berjalannya waktu, menyebabkan penurunan produksi kolagen. 


5. Kondisi Tertentu


Adanya kondisi tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah, ini termasuk hemokromatosis, pengidap tumor hipofisis, penyakit Addison, penyakit hati, dan bahkan kehamilan. Orang-orang dengan kondisi tertentu ini bisa lebih rentan memiliki flek hitam di wajah. 


6. Perubahan Hormonal


Satu lagi penyebab munculnya flek hitam di wajah, yaitu adanya perubahan hormon. Peningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh bisa memengaruhi pembentukan enzim tirosinase, enzim yang mengatur frekuensi dan jumlah melanin yang dikeluarkan. Penumpukan jumlah melanin inilah yang bisa memicu munculnya flek hitam di wajah. 


Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah


Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar flek hitam tidak muncul lagi, antara lain: 


1. Mencukupi Asupan Vitamin


Mencukupi asupan vitamin dapat membantu menghilangkan flek hitam, sekaligus mencegahnya agar tidak muncul lagi di wajah. Konsumsi suplemen dengan kandungan vitamin E dapat membantu menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit wajah, sekaligus mencegah agar flek hitam tidak muncul lagi. Selain melalui konsumsi suplemen, kamu juga bisa rutin mengonsumsi sayur dan buah-buahan tinggi vitamin, seperti kiwi, alpukat, jeruk, pepaya dan tomat.


2. AHA (Alpha Hydroxy Acid)


Kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) untuk menghilangkan flek hitam di wajah. AHA merupakan merupakan eksfoliator kimia yang aman bagi kulit. Sebagai eksfoliator, AHA memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga flek hitam bisa mudah teratasi. Supaya hasilnya lebih optimal, gunakan produk eksfoliasi wajah dengan kandungan AHA setidaknya dua kali seminggu. 


3.Retinol


Retinol memiliki manfaat sebagai anti-aging untuk membuat kulit kamu tetap tampak lebih awet muda dan kenyal. Retinol merupakan turunan vitamin A, termasuk bahan aktif yang bisa membantu memudarkan flek hitam di wajah dan mencegahnya agar tidak muncul kembali. Bahan skincare ini juga bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV, serta bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi dan melasma.


Di samping sejumlah manfaatnya, retinol ternyata memiliki efek samping yang bisa membuat kulit kering dan iritasi. Untuk alasan itu, sebaiknya perhatikan penggunaan retinol dengan benar. Jika kamu baru pertama kali menggunakan retinol, sebaiknya hindari menggunakan retinol setiap malam.


Kamu bisa menggunakan retinol secara selang-seling atau dengan jeda satu hari. Setelah kulit kamu sudah terbiasa dengan retinol, kamu bisa meningkatkan penggunaannya. Satu lagi, retinol bisa membuat kulit kamu menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, ketika kamu mengaplikasikan skincare retinol di malam hari, selalu gunakan sunscreen di keesokan paginya. 


4. Vitamin C

(Agar flek hitam tidak muncul lagi. Photo by Ron Lach on Pexels)


Produk skincare dengan kandungan vitamin C juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan wajah dan mengatasi hiperpigmentasi dengan cara menghambat produksi melanin.


Selain itu, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen untuk kulit wajah yang tampak lebih kencang, kenyal, dan sehat. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan serum vitamin C pada pagi dan malam hari. Ketika kamu menggunakan serum vitamin C di pagi hari, selalu gunakan sunscreen setelahnya untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas. 


5. Perawatan Mikrodermabrasi


Treatment mikrodermabrasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, yang kemudian digantikan dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Selain itu, treatment ini juga dapat membantu meratakan tekstur kulit sekaligus memudarakan flek hitam. Itu akan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan halus. 


6. Menggunakan Sunscreen


Apalah arti semua usaha yang kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah jika masih saja melewatkan penggunaan sunscreen setiap harinya. Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca sedang tidak terik sekalipun, untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas. Gunakan sunscreen yang mengandung minimal SPF 50+ PA+++ setiap hari, dan jangan lupa re-apply sunscreen setiap dua hingga tiga jam sekali atau setelah berkeringat dan basah terkena air.



Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar flek hitam tidak muncul lagi.



(Penulis: Calvin)


Hair & beauty