Hair & beauty

Jangan Sampai Salah, Ini Waktu Memakai Sunscreen Yang Benar

By : Natasha Fitrand - 2023-07-14 19:00:01 Jangan Sampai Salah, Ini Waktu Memakai Sunscreen Yang Benar

Wanita Indonesia sudah tahu pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari, terutama mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang cenderung panas. Untuk itu, banyak wanita Indonesia sudah menggunakan sunscreen sebagai step terakhir rutinitas skincare mereka setiap hari, yaitu sebanyak dua ruas jari untuk wajah. Selain untuk menghindari kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, sunscreen juga mampu melindungi dari risiko kanker kulit serta mencerahkan dan membuat wajah terlihat awet muda.


Meski sudah digunakan setiap hari, sayangnya banyak wanita masih sering mengabaikan waktu tepat memakai sunscreen atau waktu reapply sunscreen yang benar, lho. Padahal, reapply sunscreen sama pentingnya dengan pemakaian pertama untuk memastikan kulit tetap terlindungi sepanjang hari. Simak waktu memakai sunscreen dan reaplly sunscreen yang tepat di bawah ini.


(Baca Juga: Perayaan Kolaborasi Anessa Doraemon di Pop Up Event)


1. 15-20 Menit Sebelum Keluar Ruangan

(Ilustrasi kapan waktu memakai sunscreen yang benar. Foto: Dok. gpointstudio/Freepik)

Pada pagi atau siang hari, gunakan sunscreen 15-20 menit sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Hal ini dikarenakan sunscreen membutuhkan waktu tersebut untuk menyerap ke dalam kulit dengan tuntas agar bisa memberikan efek proteksi yang maksimal. Jangan menunggu menggunakan sunscreen setelah terpapar sinar matahari, karena hal ini bisa membakar kulit. Aturan ini berlaku untuk segala jenis sunscreen yang digunakan, baik itu chemical, mineral, atau formula kombinasi.


2. 1-2 Jam Setelah Pemakaian Pertama


(Ilustrasi kapan waktu memakai sunscreen yang benar. Foto: Dok. rawpixel.com/Freepik)

Agar kulit tetap terlindungi, pastikan untuk selalu reapply sunscreen tiap satu-dua jam sekali di luar ruangan. Setiap keluar ruangan, kulit dapat terpapar sinar UV matahari yang berbahaya bahkan pada hari berawan atau musim dingin sekalipun. Baik saat bepergian singkat atau berlibur, hal inilah yang menjadi penting untuk selalu menggunakan dan reapply sunscreen dengan benar. Jika merasa kesulitan menentukan waktu, gunakanlah timer pada smartphone.


3. 2-3 Jam dalam Ruangan

(Ilustrasi kapan waktu memakai sunscreen yang benar. Foto: Dok. lookstudio/Freepik)

Masih banyak yang mengira, berada di dalam ruangan tandanya tidak perlu pakai sunscreen. Nyatanya, bahkan di dalam ruangan tertutup pun sinar matahari tetap bisa masuk. Itu pentingnya tetap memakai sunscreen untuk melindungi kulitmu di dalam ruangan. Kemungkinan terpapar sinar UV lebih tinggi bagi yang banyak menghabiskan waktu di dekat jendela, untuk itu jangan lupa reapply sunscreen setiap 2–3 jam sekali.


(Baca Juga: Kulit Sensitif? Ini 7 Kandungan Sunscreen Harus Diperhatikan)


4. Sebelum dan Sesudah Berenang

(Ilustrasi kapan waktu memakai sunscreen yang benar. Foto: Dok. Freepik)

Aktivitas apapun yang membuat keringat di luar ruangan wajib untuk menggunakan sunscreen. Terutama untuk olahraga berenang, pakailah sunscreen sebelum berenang dan langsung reapply sunscreen ketika sudah berada di luar air.


Jangan sampai lupa selalu pakai sunscreen di step akhir skincare, baik saat berada di dalam atau luar ruangan. Lindungi kulit dari paparan sinar UV sejak dini, dipastikan wajah akan terlihat sehat, glowing, dan awet muda.



Hair & beauty