Life & health

Event Seni Artjog 2023 Kembali Hadir! Ini Cara Beli Tiketnya

By : Natasha Fitrand - 2023-07-14 15:00:01 Event Seni Artjog 2023 Kembali Hadir! Ini Cara Beli Tiketnya

Artjog, festival seni kontemporer tahunan yang sudah diadakan sejak tahun 2008 kini kembali hadir di tahun 2023 dengan mengusung tema “Motif: Lamaran”. Berlangsung di Jogja National Museum, Yogyakarta mulai tanggal 30 Juni 2023-27 Agustus 2023, Artjog juga akan menghadirkan beragam platform dan program publik yang menarik seperti performa•ARTJOG, ARTJOG Kids, Exhibition Tour, Meet The Artist, Young Artist Award, Artcare, dan Jogja Art Weeks.



Tema "Motif: Lamaran" sendiri dipilih sebagai landasan dalam merajut ide dan pola karya seniman sekaligus mengajak mereka untuk mengungkapkan gagasan dan motivasi di balik karya masing-masing. Tim kuratorial ARTJOG melandasi pilihan karya-karya seniman yang dihadirkan dari sesuatu yang performatif, tangible, memiliki pendekatan serta perangkat visual yang kaya, menarik, dan tentunya bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pengunjung.


(Baca Juga: Saksikan Karya Van Gogh di Van Gogh Alive Mall Taman Anggrek)


Menggandeng Seniman Mella Jaarsma sebagai Commissioned Artist Artjog 2023

(Mella Jaarsma terpilih sebagai Commisioned Artist Artjog 2023. Foto: Dok. mellajaarsma/Instagram)

Pada gelaran tahun ini, ARTJOG mengundang Mella Jaarsma sebagai Commissioned Artist. Selama 30 tahun masa kariernya, wanita kelahiran tahun 1960 di Belanda yang kini tinggal di Indonesia ini telah memberikan kontribusi yang signifikan pada dunia seni kontemporer Tanah Air. Setelah menginjakkan kaki di Indonesia pada tahun 1984 Mella Jaarsma mengembagkan kemampuan artistiknya pada tiga hal yaitu tentang bayangan, selubung, dan relasi raga dengan ruang di dalam arsitektur menjadi pertimbangan utama.

Baginya, motif bayangan menjadi medium antara hal yang nyata dan maya, material dan spiritual, serta eksis dan non-eksis dalam ekspresi budaya masyarakat. Sedangkan, motif selubung dapat dimaknai sebagai penjelajahan tema identitas dalam karya-karya sang seniman berikutnya.


(Festival seni Artjog 2023. Foto: Dok. Artjog)

Mella Jaarsma memposisikan dirinya bukan lagi sebagai pengamat atau orang luar yang berjarak, melainkan seniman yang mau melibatkan diri dalam dinamika sosial-politik masyarakat dimana ia tinggal. Seiring dengan banyaknya perjalanan yang ia tempuh ke tempat-tempat baru, semakin banyak pula karya yang dilahirkan oleh Mella Jaarsma baik dalam bentuk instalasi atau performance. Karya-karya tersebutlah yang merepresentasikan adanya masalah identitas politik dan budaya, relasi gender, tema mengenai fasad/luar dan isi/dalam, yang tampak dan yang sembunyi, serta berbagai selubung identitas sebagai kulit kedua di tempat-tempat yang ia kunjungi. Sang seniman menyebutnya sebagai praktik-praktik dengan pandangan kritis seniman melalui kacamata “antropologi, sejarah, dan kolonial”.


(Baca Juga: Sudamala: Dari Epilog Calonarang, Ini Fakta Menariknya!)


Cara Membeli Tiket Artjog 2023


(Festival seni Artjog 2023. Foto: Dok. Artjog)

Kamu tertarik melihat langsung karya seniman Mella Jaarsma? Atau kamu merupakan pengunjung setia Artjog tiap tahunnya dan gamau kelewatan pameran tahun ini? Jangan khawatir! Untuk mengeksplorasi karya Mella Jaarsma dan 72 seniman lain di ARTJOG 2023, kamu dapat membeli tiket seharga Rp75.000 bagi orang dewasa dan Rp50.000 untuk anak berusia 6-16 tahun. Sedangkan untuk anak-anak di bawah 6 tahun dibebaskan dari biaya tanda masuk. Tiket bisa langsung kamu beli di lokasi setiap harinya pada jam operasional pukul 10.00 - 21.00 WIB. Untuk melihat informasi lebih lanjut dan pendaftaran Program Publik ARTJOG 2023 lainnya bisa diakses melalui www.artjog.id.


Don’t miss out on this year’s Artjog!


Life & health