Food & travel

3 Cara Foto Gedung Aesthetic Dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

By : Kiki Riama Priskila - 2023-07-07 18:00:02 3 Cara Foto Gedung Aesthetic Dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Salah satu hal yang wajib dilakukan saat bepergian adalah mengabadikan lokasi wisata. Bukan hanya momen liburan, tapi mengabadikan gambar dari berbagai gedung bersejarah dan bangunan-bangunan aesthetic rasanya tak boleh dilewatkan begitu saja.


Nah, untuk mengabadikan keindahan dan kecantikan sebuah arsitektur sekarang semakin mudah. Hanya dengan smartphone, hasil jepretanmu dijamin akan tetap epic. Tanpa harus bawa banyak peralatan saat liburan, kamu bisa memaksimalkan smartphone yang canggih. Fotografer, Muhammad Fenno, punya tip yang bisa kamu coba saat hendak mengabadikan gambar menggunakan smartphone. 


Pilih fitur smartphone yang mumpuni

Memotret gedung bersejarah atau arsitektur tertentu bisa dibilang gampang-gampang susah. Menurut Fenno, eksplorasi foto akan terasa lebih mudah menggunakan Galaxy S23 Ultra. Dengan pilihan lensa dan resolusi yang bervariasi seperti mode 200MP, kemampuan zoom sampai 100x, hingga fitur Expert RAW dan Pro Mode, kamu bisa mendapatkan pengaturan terbaik di segala kondisi dengan hasil layaknya pakai kamera profesional. Jadi, kamu juga bisa menikmati momen traveling dengan maksimal tanpa repot bawa banyak perlengkapan, karena Galaxy S23 Ultra sudah menjawab semua kebutuhan.


Ciptakan gambar yang bercerita


(Penggunaan fitur Pro Mode untuk hasil yang profesional. Foto: Dok. Samsung Indonesia)

Bukan hanya desainnya yang cantik dan autentik, sebuah gedung bisa saja memiliki cerita dan sejarah yang unik untuk dibahas. Kamu bisa mencari detail bangunan seperti ukiran atau area yang bisa menangkap cerita itu. Pahami bahwa arsitektur bangunan bisa saja menjadi saksi bisu dari berbagai momen bersejarah dari sebuah kota. Dengan begitu, gambarmu bisa menceritakan kisahnya sendiri. That what makes a great picture.


Nah, untuk menangkap detail arsitektur yang ciamik, kamu bisa memanfaatkan kemampuan zoom hingga 100x pada Galaxy S23 Ultra untuk mendapatkan detail bangunan dengan mudah, bahkan dari jarak yang jauh sekalipun. Maksimalkan juga kualitas gambar dengan fitur zoom menggunakan Expert RAW atau Pro Mode.


“Saat menggunakan zoom, perhatikan exposure. Waktu di siang hari, kita bisa atur shutter speed di atas 1/250 dengan ISO kecil, seperti 50. Dalam kondisi pencahayaan gelap, gunakan setting ISO yang besar dan shutter speed di sekitar 1/60 ,” tambah Fenno.


Tambah nilai artistik dengan fitur Super HDR


(Mode Expert Raw hadirkan gambar dengan kontras tinggi. Foto: Dok. Samsung Indonesia)

Buat hasil foto yang lebih menarik dengan fitur HDR. Fitur ini bisa membantumu untuk mendapatkan bidikan gambar yang lebih jelas dalam kontras tinggi. Dengan begitu, warna yang dihasilkan pun akan terlihat lebih nyata. Ketika digunakan dengan tepat, HDR mampu menciptakan sentuhan artistik yang cocok untuk menghidupkan detail-detail arsitektur bangunan.


Selain itu, fitur HDR juga dapat membantu kita untuk mengatasi pencahayaan yang tak menentu saat memotret arsitektur. Fenno sendiri sangat puas dengan Galaxy S23 Ultra yang telah dilengkapi dengan Super HDR yang dapat memastikan hasil foto tetap terlihat vivid dan nyata meskipun dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.


"Aktifkan fungsi auto HDR di Galaxy S23 Ultra dengan aplikasi Camera Assistant. Jadi, kamu bisa mendapatkan foto HDR yang lebih jernih kapan pun kamu mau tanpa perlu bolak-balik atur settings. Kamu juga bisa memanfaatkan Night Mode jika ingin pengambilan gambar yang lebih praktis,” kata Fenno.


Lengkapi foto bangunan dengan pemandangan di sekitar


(Maksimalkan resolusi 200 MP untuk menangkap semua warna dan cahaya di sekitar. Foto: Dok. Samsung Indonesia)

Pahami bahwa foto bangunan bukan hanya soal detail dan desainnya. Untuk menciptakan hasil gambar yang lebih memukau, beranikan untuk mengeksplor pemandangan di sekitarnya. Umumnya, sebuah bangunan bersejarah dikelilingi dengan suasana yang cantik pula. Nah, untuk mendapatkan foto scenery yang jernih, Fenno menyarankan menggunakan resolusi kamera 200MP di Galaxy S23 Ultra yang mampu memaksimalkan detail pada gambar. B


Walau di-zoom dan di-crop, hasil akhir gambar tetap akan terlihat jernih. Ini juga sangat membantu saat menentukan komposisi gambar yang kamu inginkan. Jika butuh pengaturan kamera yang lebih advance untuk menyesuaikan setting di tempat foto, gunakan fitur Expert RAW. Penggunaan resolusi 50 MP pada mode ini akan membuat gambar terlihat semakin detail.


Pastikan memori smartphone cukup

Pengalaman liburan dijamin akan lebih memorable dengan bantuan smartphone canggih seperti Galaxy S23 Ultra. Tak hanya dibekali fitur fotografi terdepan, ragam fitur pendampingnya juga akan bikin kamu lebih puas saat hunting foto arsitektur. Galaxy S23 Ultra juga dilengkapi pilihan memori internal hingga 1TB, jadi kamu bisa simpan berbagai foto tanpa khawatir memori akan cepat habis. Selain itu, Galaxy S23 Ultra juga punya baterai besar 5.000mAh yang tahan seharian saat digunakan berlibur. 


Menarik sekali, bukan? Jadi, segera atur waktumu untuk berlibur dan hunting foto cantik!

Food & travel