Life & health

Gunakan 8 Bahan Alami Ini Agar Luka Cepat Kering!

By : Her World Indonesia - 2023-06-28 16:00:01 Gunakan 8 Bahan Alami Ini Agar Luka Cepat Kering!

Luka yang tidak kering-kering tentu membuat kamu merasa tidak nyaman. Selain menggunakan obat merah, kamu bisa mengonsumsi asupan gizi yang baik untuk mendukung proses penyembuhan, lho! Makanan-makanan yang mengandung protein, zat besi, seng, kalsium, glutamin, vitamin C, A, E, dan K, sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka. Mau tahu obat alami apa yang perlu kamu konsumsi agar luca cepat kering? Yuk disimak!


1. Telur


(Telur mengandung glutamin yang membantu membetuk jaringan baru. Foto: Dok. Pixabay /Pexels)


Makanan sumber protein ini ternyata efektif membantu dalam proses penyembuhan luka. Telur memiliki kandungan kolagen, zat besi, seng, dan glutamin yang dapat menghentikan luka dan bekerja membentuk jaringan baru.


2. Kacang-kacangan

Kacang dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung protein nabati. Selain itu, kacang juga mengandung sumber vitamin E dan glutamin. Vitamin E dan glutamin merupakan antioksidan yang bekerja melindungi jaringan luka dan membantu mempercepat proses penyembuhan.


3. Daging


(Daging mengandung kolagen yang efektif memperbaiki luka. Foto: Dok. mali maeder/Pexels)


Makanan yang satu ini jelas merupakan sumber protein. Kamu dapat mengeringkan luka secara alami dengan mengonsumsi daging merah, ayam, maupun ikan. Selain karena kandungan protein yang dimilikinya, daging juga mengandung kolagen.


Kolagen bekerja untuk memperbaiki luka dan membentuk kembali jaringan kulit. Ada juga zat besi, seng, dan glutamin yang akan mempercepat penyembuhan lukamu.


(Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Bisa Dicoba!)


4. Salmon


(Salmon mengandung omega-3 yang mempercepat proses penyembuhan luka. Foto: Dok. Krisztina Papp/Pexels)


Ternyata omega-3 juga memiliki manfaat dalam proses penyembuhan luka. Selain itu juga dapta meningkatkan respons kekebalan dan mengurangi peradangan. Salah satu makanan yang mengandung omega-3 alami adalah salmon. Jika kamu mengonsumsi 85 gram salmon, kamu sudah dapat memenuhi lebih dari 70% kebutuhan harian tubuhmu.


5. Wortel

(

(Wortel mengandung beta karoten yang dapat membetuk jaringan baru. Foto: Dok. mali maeder/Pexels)


Tidak melulu dari makanan-makanan yang dikenal akan kandungan proteinnya, sayuran yang satu ini juga efektif dapat membantu dalam penyembuhan luka. Wortel dapat membuat lukamu cepat kering sececara alami. Hal ini disebabkan terdapat kandungan beta karoten yang membantu pembentukan jaringan kulit yang baru. Selain wortel, kamu juga bisa mengonsumsi brokoli, bayan, dan paprika. Sayur-sayur yang efektif dalam penyembuhan luka.


6. Jeruk


(Kadungan vitamin C pada jeruk berperan sebagai antioksidan yang membantu pembentukan kolagen. Foto: Dok. Suzy Hazelwood/Pexels)


Jika sayur bisa menjadi bahan alami untuk menyembuhkan luka, terdapat juga beberapa jenis buah-buahan yang menyembuhkan luka karena kandungan-kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah jeruk.


Jeruk dikenal kaya akan vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang akan membantu dalam pembentukan kolagen dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuhmu baik, proses penyembuhan luka dapat berjalan dengan lebih cepat.


(Baca Juga: Asal Indonesia, Ini 5 Jenis Jamu & Manfaatnya Bagi Kesehatan)


7. Lidah Buaya


Bahan alami yang satu ini memang dikenal akan sifat antibakteri dan antiradangnya. Gel lidah buaya dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit, mulai dari luka yang terinfeksi bakteri hingga luka bernanah. Sifat antibakteri dan antiradang yang dimilikinya dapat mempercepat penyembuhan jaringan kulit.


Tidak terbatas pada luka infeksi dan luka bernanah saja, lidah buaya juga mampu menyembuhkan luka bakar, ruam, hingga bekas jerawat. Kamu bisa merasakan sensasi dingin ketika menggunakan lidah buaya. Tidak hanya mempercepat penyembuhan, tetapi juga dapat membantu mengurangi raa sakitmu.


8. Madu


(Madu dapat membantu untuk menyembuhkan luka bernanah. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Luka bernanah menjadi salah satu jenis luka yang sulit kering. Jika kamu terus-terusan menggunakan salep antibiotik yang tersedia di apotik secara sembarangan, hal tersebut dapat berakibat malah membahayakan lukamu. Opsi lainnya adalah menggunakan bahan alami yaitu madu.


Madu sudah dikenal sejak lama sebagai obat luka tradisional karena memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Madu juga dapat membantu dalam mengurangi bekas luka dan mencegah adanya pertumbuhan bakteri pada luka bakar atau luka bernanah. Madu dianjurkan untuk digunakan pada luka kecil saja.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health