Life & health

Bisa Awet Muda, Ini Manfaat Tertawa Bagi Wajah dan Kesehatan

By : Natasha Fitrand - 2023-06-26 19:00:01 Bisa Awet Muda, Ini Manfaat Tertawa Bagi Wajah dan Kesehatan

Ada istilah yang mengatakan, “laughter is the best medicine”. Tertawa merupakan respon dari tubuh yang umumnya terjadi ketika kamu mengalami hal-hal yang lucu atau menggembirakan, baik secara sadar atau tidak. Secara ilmiah, tertawa sendiri memicu pelepasan hormon endorphin yang bisa membuat tubuhnya terasa lebih ringan dan mood menjadi lebih bahagia.

Hal ini juga sudah dibuktikan oleh para ahli, bahwa tertawa memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk wajah. Berikut manfaat tertawa yang harus kamu ketahui!


1. Terlihat Awet Muda


(Manfaat tertawa bagi wajah dan kesehatan. Foto: Dok. CoWomen/Pexels)

Tanpa kamu sadari, ketika tertawa lepas hal itu juga sudah termasuk olahraga wajah yang baik, lho. Saat kamu tertawa, kamu juga melepas hormon endorphin yang dapat membantu relaksasi otot. Itu sebabnya, orang yang banyak tertawa dapat terlihat lebih awet muda. Selain manfaat tertawa bagi wajah, tertawa juga mampu mengurangi ketegangan pada area tubuh lain seperti otot leher dan bahu.


(Baca Juga: 7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia!)


2. Meningkatkan Penampilan Wajah


(Manfaat tertawa bagi wajah dan kesehatan. Foto: Dok. AndreaPiacquadio/Pexels)

Selain membuatmu terlihat lebih awet muda, tertawa juga mampu memperbaiki warna hingga tekstur kulit wajah. Tertawa secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah pada wajah, hal ini menyebabkan warna kulitmu bisa terlihat lebih cerah dan teksturnya menjadi elastis sehingga mengurangi kerutan. Tertawa setiap hari juga memberikan glow yang alami pada wajah.


3. Meningkatkan Sistem Imun


(Manfaat tertawa bagi wajah dan kesehatan. Foto: Dok. Helena Lopes/Pexels)

Hormon penyebab stres bisa berkurang jika kamu banyak tertawa, hal ini juga mampu meningkatkan sel-sel imun dalam tubuh dan antibodi penangkal infeksi sehingga dapat memperkuat daya tahanmu terhadap penyakit. Hal inilah yang menjadi dasar dari istilah “laughter is the best medicine.”


4. Membakar Kalori


(Manfaat tertawa bagi wajah dan kesehatan. Foto: Dok. Savannah Dematteo/Pexels)

Tertawa memang dianggap sebagai olahraga bagi wajah. Namun rupanya tertawa juga mampu membakar kalori dalam tubuh, lho. Tentu, tertawa tidak sama dengan olahraga di gym, tetapi menurut studi tertawa selama 10-15 menit per hari mampu membakar sebanyak 40 kalori. Jika kamu mengaplikasikannya setiap hari, maka kamu mampu mengurangi 1-2 kilogram berat badanmu dalam satu tahun hanya dengan tertawa.


(Baca Juga: Banyak Pikiran? Ini Cara Meredakan Stres Pada Wanita)


5. Mengurangi Stres dan Gejala Depresi


(Manfaat tertawa bagi wajah dan kesehatan. Foto: Dok. Elle Hughes/Pexels)

Terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasai rasa stres dan kesedihanmu, salah satunya adalah dengan tertawa. Tertawa dapat mengurangi kadar hormon stres seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin, sekaligus meningkatkan hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Maka ketika kamu tertawa, beban pikiran bisa sedikit berkurang dan memunculkan suasana yang lebih positif, senang, dan tenang.

Selain itu, membiarkan dirimu tertawa secara lepas juga dinilai mampu meningkatkan kualitas hidup. Hal inilah yang membuat tertawa dijadikan sebagai salah satu metode terapi pendukung untuk mengurangi gejala depresi dan gangguan kecemasan.


Itu adalah manfaat tertawa bagi wajah dan kesehatan yang perlu kamu tahu. Siapa sangka, respon natural dari tubuh ternyata memiliki bisa memiliki banyak keuntungan tidak hanya untuk fisik tetapi juga psikis mu. Tertawa juga lebih menyenangkan ketika sedang bersama keluarga atau teman terdekat yang kamu cintai. Jangan lupa tertawa hari ini, ya!


Life & health