Life & health

Yura Yunita Gelar Konser Untuk Berbagi Rasa & Air Mata

By : Her World Indonesia - 2023-06-08 17:00:02 Yura Yunita Gelar Konser Untuk Berbagi Rasa & Air Mata

Yura Yunita identik dengan musiknya yang personal, peka, dan mampu menyentuh relung hati pendengar, seakan pengalamannya adalah pengalaman mereka, dan juga sebaliknya. Oleh karena itu, Yura siap untuk saling berbagi rasa dan air mata dengan pendengarnya dalam dalam konser tunggal bertajuk “Pertunjukan Tutur Batin” yang akan diselenggarakan 9 Juni di Jatim Expo, Surabaya, serta 16 Juni di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.


Konser ini berakar dari album ketiganya, Tutur Batin, yang berisi kumpulan kisah musikal dengan lirik dan melodi magis Yura Yunita. Album tutur batin telah didengarkan lebih dari 250 juta kali sejak rilis di Spotify. Selain itu, album ini juga telah membuahkan sebuah konser virtual yang menyentuh hari para pendengarnya melalui kanal Youtube.



(Yura Yunita pada konferensi pers konser "Pertunjukan Tutur Batin". Foto: Dok. Yura Yunita Live Concert 2023)


Yura menyampaikan, “Di konser ini, aku ingin kita saling mencurahkan isi batin kita. Meluapkan segala emosi, berdansa, menangis, lega dan berbahagia bersama. Jadi untuk apapun masalah yang sedang kita hadapi, semoga semua yang hadir nanti di konser bisa sama-sama mengucapkan terima kasih pada diri sendiri.”


Yura berharap bahwa konser ini dapat menjadi pengingat bahwa, walau hari-hari terasa berat, kita akan terus berjalan, merawat, bertumbuh, dan terus berproses menjadi versi terbaik diri. Pertunjukan Tutur Batik juga akan menjadi momen merayakan ketidaksempurnaan kita semua.


(Baca Juga: 4 Alasan Kamu Wajib Nonton Konser Coldplay, November Nanti)


Berbeda dengan konser virtual sebelumnya, Yura akan memaksimalkan energi dan bunyi yang akan langsung menyuguhi telinga dan mata audiens. Ujaran kata dan lantunan nadanya akan menghasilkan daya magis lebih saat dirasakan di tempat.



(Kiri ke kanan: Ari Renaldi, Yura Yunita, Donne Maula. Foto: Dok. Yura Yunita Live Concert 2023)


“Inspirasi utamanya tentu saja jiwa Yura sendiri,” jelas Creative Director dan juga suami Yura, Donne Maula. “Yang terpenting adalah rasa autentik ketika saya dan Yura mulai menulis satu persatu lagu di album ini. Mudah sekali untuk membuat pertunjukan gegap gempita dengan sound, lighting dan visual yang megah, tapi tidak begitu dengan rasa. Untuk kami, yang terpenting adalah rasa.”


Aransemen dari Ari Renaldi sebagai Music Director dan Producer musik Yura, diiringi grup vokal INSIDEOUT, akan menginterpretasikan nyawa Pertunjukan Tutur Batin ini ke dalam bentuk tarian dan musisi-musisi tradisional. Tak ketinggalan, koreografi dari DSOUL Dance Company yang akan mencampurkan elemen tradisional dan modern, layaknya musik kontemporer Yura yang terasa tak lekang waktu.


Selain dari musik, aspek tradisional akan muncul dari busana Yura di atas panggung nantinya. Ia akan menggunakan busan hasil karya desainer ternama asal Bandung, Ayung Berinda, yang identik mempergunakan kain tradisional di setiap karyanya.



(Pertunjukan Tutur Batin akan menjadi perayaan ketidaksempuraan. Foto: Dok. Yura Yunita Live Concert 2023)


Namun, hal utama yang ingin Yura bawa dari album ke konser tunggal ini adalah imperfeksi hidup dan diri kita. Pertunjukan Tutur Batin ingin menjadi pengingat bahwa ketidaksempurnaan dapat menjadi hal yang baik, bahkan indah. Imprefeksi justri menjadi pesan terkuatnya, yang sendirinya tidak memiliki standar tipikal solois perempuan Indonesia. Yura kerap menyarakan bagaimana keberagaman wujud diri kita sebagai manusia adalah bentuk keindahan yang tidak perlu diseragamakan. Kesederhanaan Yura yang membuat dirinya dekat dengan pendengarnya.


“Aku juga ingin menggaungkan bahwa kita sebagai manusia dan perempuan tidak perlu sempurna, dan mari kita merayakan ketidaksempurnaan kita bersama,” tutup Yura.


(Baca Juga: Menjelang Konser di GBK, Ini 5 Fakta Menarik Raisa)



(Yura akan mewujudkan keindahan pada konser virtualnya secara nyata di atas panggung. Foto: Dok. Yura Yunita Live Concert 2023)


Keindahan alam dan ragawi yang menjadi satu pada konser virtual sebelumnya, akan kembali disajikan kepada penonton secara langsung di atas panggung. Terlebih, perayaan ketidaksempurnaan ini akan lebih terasa dengan penayangan visual video-video kiriman para penggemar Yura yang menunjukan imperfeksi mereka di media sosial. Melalui ini, pesan Yira menjadi bentuk komunikasi dua arah.


Tiket konser yand dipromotori oleh Merakit dan Ada Media sudah dijual sejak Senin, 8 Mei 2023 via Loket.com. Untuk Surabaya, harga tiket dibanderol mulai dari Rp350.000 hingga Rp1.300.000. Untuk Jakarta berkisar antara Rp350.000 hingga Rp1.500.000 dalam beberapa kategori tiket.



(Yura akan menyanyikan lagu-lagu dari berbagai album miliknya. Foto: Dok. Yura Yunita Live Cnoncert 2023)


Yura akan membawakan sebayak 23 lagu lebih di Pertunjukan Tutur Batin. Walaupun mengangkat tema perayaan dari album ketiga, Yura tetap akan membawakan beberapa karya-karya terdahulunya yang telah dikenal dekat liriknya oleh para penggemar. Sungguh seuah acara yang dinanti-nantikan. Sampai bertemu di Pertunjukan Tutur Batin!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health