Life & health

5 Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Kamu Sedang Haid

By : Her World Indonesia - 2023-06-07 18:00:02 5 Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Kamu Sedang Haid

Ketika sedang haid, wanita biasanya merasakan berbagai gejala pada tubuhnya yang tidak nyaman, mulai dari mood swing, nyeri pada perut atau kram, kembung, hingga migrain. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri atau gejala-gejala yang dialami saat haid, salah satunya melalui pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari, lho. Belum tahu? Berikut lima makanan yang perlu kamu hindari saat sedang haid.


1. Makanan tinggi garam


(Makanan asin menyebabkan air dalam tubuh menumpuk sebabkan kembung. Foto: Dok. Valeria Boltneva /Pexels)


Bagi kamu yang menyukai makanan asin dan gurih, kamu sebaiknya mengiranginya ketika sedang haid. Makanan asin dapat menyebabkan penumpukan air, alhasil perutmu jadi merasa kembung dan tidak nyaman. Kamu masih boleh menikmatinya, tetapi dikurangi dulu dibandingkan biasanya.


(Baca Juga: Alami & Simpel, Ini 6 Cara Untuk Melancarkan Haid Yang Telat)


2. Makanan olahan dari susu


(Kalsium pada susu dapat membuat perut kembung. Foto: Dok. Alexy Almond/Pexels)


Sebaiknya kamu mengurangi mengonsumsi makanan olahan susu ketika sedang haid. Kandungan kalsium dalam susu dapat membuat perutmu kembung. Perutmu akan membengkak dan membuatmu tidak nyaman. Selain itu, lemak pada susu juga mengandung asam arakidonat yang memproduksi prostaglandin sehingga dapat menyebabkan kram.


3. Makanan kaleng dan olahan


(Zat kimia pada makanan kaleng membuat perut menjadi kembung. Foto: Dok. Andrea Davis/Pexels) 


Makanan olahan dan kalengan sebaiknya kamu hindari saat sedang menstruasi. Zat kimia yang terkandung di dalamnya diketahui dapat menyebabkan perut kembung dan memperparah penumpukan cairan di dalam tubuh. Makanan olahan juga mengandung lemak trans yang tinggi penyebab peradangan pada tubuh.


(Baca Juga: 5 Latihan Ini Bisa Dicoba Untuk Redakan Nyeri Haid)


4. Makanan manis


(Makanan manis dapat membuat mood swing semakin parah. Foto: Dok. Julio Melanda/Pexels)


Selain makanan asin, sebaiknya kamu juga menghindari makanan-makanan manis. Mengonsumsi makanan yang manis dapat membuat kadar gula darah tidak stabil yang berpengaruh kepada perubahan suasana hati atau biasa disebut mood swing. Hal ini disebabkan energimu meningkat secara mendadak, tetapi dapay juga mengalami penurunan secara mendadak.


5. Makanan tinggi kafein


(Mengurangi makanan berkafein terbukti kurangi nyeri payudara dan perut kembung. Foto: Dok. Jakson Martins/Pexels)


Makanan yang mengandung tinggi kafein sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan masalah pada lambung. Selain itu, kafein dapat memperburuk gejala-gejala yang muncul saat haid, seperti mood swing, nyeri pada payudara, dan perut kembung.


Berikut lima makanan yang sebaiknya kamu hindari saat kamu sedang haid. Lebih baik kamu menahan sebentar untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk tubuh yang lebih nyaman melewati haid.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health