Hair & beauty

Mau Make Up Nyaman & Fresh Ke Kantor? Ikuti 7 Tips Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-05-10 12:00:02 Mau Make Up Nyaman & Fresh Ke Kantor? Ikuti 7 Tips Ini!

Penampilan yang cantik tentu akan membuat mood kamu tambah positif, terutama ketika bekerja. Tidak heran, wanita tetap menyempatkan waktu di pagi hari untuk make up ke kantor agar dapat hadir bekerja dengan penampilan terbaik. Ketika bekerja, menjaga suasana hati yang baik akan membuatmu semakin produktif. Selain membangun suasana hati yang baik, dengan berpenampilan prima, akan menambah kepercayaan dirimu ketika berinteraksi dengan orang-orang di kantor.


Namun, menentukan make up ke kantor juga menjadi hal yang tricky. Jika make up kamu terlalu tebal dan ekstra, tentunya akan memakan waktu di pagi hari yang kurang efisien dan mungkin membuat aktivitasmu di kantor menjadi kurang nyaman. Maka dari itu, make up yang fresh, tetapi tetap nyaman menjadi kunci yang penting untuk digunakan ke kantor. Menurut beberapa sumber, berikut tujuh tips make up ke kantor untuk hasil yang fresh dan nyaman.


1. Lakukan skin preparation


(Lakukan skin preparation agar hasil make up flawless. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Untuk memeroleh look yang segar dan flawless secara natural, kamu harus melakukan skin preparation terlebih dahulu sebelum make up. Dengan menyiapkan kulitmu sebelum make up dengan baik, make up akan menempel dengan awet dan hasilnya akan baik. Kamu bisa melakukan skin preparation dengan mencuci wajahmu terlebih dahulu dan jangan lupa menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit secara alami. Kulit yang lembap akan membuat bedak atau foundation terlihat crack. Sebelum menggunakan make up, jangan lupa juga untuk menggunakan primer.


(Baca Juga: 7 Skincare Infused Make Up Yang Wajib Dicoba!)


2. Pilih base make up yang long lasting dan hasilnya alami


(Gunakan base make up dengan formula ringan agar hasilnya tidak dempul. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Kesibukan bekerja selama seharian akan terganggu jika kamu perlu untuk melakukan touch up berkali-kali. Maka dari itu, kamu bisa mengantisipasinya dengan menggunakan base make up yang memiliki ketahan yang baik. Jangan lupa juga untuk menggunakan base yang hasilnya natural agar nyaman untuk digunakan seharian.


Kamu bisa menggunakan produk seperti tinted moisturizer, BB cream, atau foundation yang ringan sebagai base make up agar memeroleh hasil yang ringan dan tidak dempul. Pastikan juga shade dan jenis formula base make up kamu sesuai dengan kulitmu untuk hasil yang natural.


3. Pakai bedak untuk menyerap minyak pada wajah


(Kunci make up menggunakan bedak bertahan seharian dan wajah tidak minyakan. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pexels)


Salah satu tips yang menjadi kunci untuk make up kantor yang awet adalah jangan lupa dikunci menggunakan bedak. Bedak akan bekerja menyerap minyak dan membuat make up kamu terlihat flawless seharian tanpa harus touch up berkali-kali. Pilih bedak yang sesuai dengan jenis kulitmu. Bagi kamu yang kulitnya kering, bisa memilih bedak dengan hasil akhir dewy. Sedangkan yang kulitnya berminyak dan berjewat, bisa gunakan bedak dengan formula oil free dan finish yang matte.


4. Gunakan concealer untuk menutupi jerawat dan kantong mata


(Gunakan concealer untuk menutup area kantong mata yang hitam, jerawat, maupun bekasnya. Foto: Dok. George Milton/Pexels)


Untuk hasil yang flawless, setelah kamu menggunakan base make up yang natural, kamu bisa menggunakan concealer secukupnya untuk menutupi bagian-bagian tertentu seperti kantong mata, noda hitam, jerawat, dan bekasnya saja. Untuk kamu yang memiliki kulit segar secara alami, kamu bisa skip penggunaan base make up dan langsung menggunakan concealer untuk menutupi noda-noda atau bagain yang ingin disamarkan saja.


(Baca Juga: 5 Langkah Mudah Make Up a la Korea Untuk Remaja)


5. Pakai make up mata yang sewajarnya


(Hindari warna dan bentuk eye make up yang berlebihan. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)


Gunakan make up mata secukupnya agar matamu terlihat hidup. Tidak perlu yang terlalu ekstra seperti penggunaan eye shadow berwarna pekat atau gliter pada mata karena ini ke kantor bukan ke pesta. Kamu bisa memilih eye shadow dengan warna-warna natural seperti coklat, peach, dan pink muda.


Selain eye shadow, kamu juga bisa menggunakan eye liner untuk mempertegas bentuk mata. Namun, tidak perlu yang bentuknya berlebihan buat saja dengan bentuk yang basic yaitu garis lurus mengikuti garis mata. Untuk hasil yang natural, kamu bisa mencoba menggunakan eye liner berwarna hitam dan coklat. 


Kamu juga bisa menggunakan maskara dengan alami. Jepit terlebih dahulu jangan lupa agar bulu mata naik ke atas. Untuk bagian alis, kamu bisa mencoba untuk menggunakan pensil alis berwarna sama dengan alismu secara tipis-tipis atau hanya menggunakan eyebrow gel serta sikat alis jika alis alamimu sudah cukup tebal.


6. Gunakan blush untuk efek menyegarkan wajah


(Blush on akan membuat tampilan ke kantor terlihat segar. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Salah satu kunci look yang segar adalah dengan menggunakan blush on. Blush on akan membuat wajahmu tidak pucat. Kamu dapat menggunakannya di daerah tulang pipi. Untuk hasil yang alami, kamu bisa mencoba menggunakan blush on berwarna pink muda atau peach. Hal yang terpenting adalah gunakan warna yang senada dan terlihat natural pada kulitmu.


7. Pakailah lipstik dengan warna yang tepat


(Lip stick berwarna pink, nude, atau merah bibir alami akan memberi kesan segar dan natural. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Tahap terakhir untuk menyempurnakan make up look kamu ke kantor adalah dengan menggunakan lipstik, lip cream, atau lip tint dengan warna yang sesuai. Gunakan warna-warna cerah seperti pink, nude, atau merah bibir alami. Hindari penggunaan warna-warna bold seperti merah tua atau shocking pink yang mencolok. Warna gelap akan memberi kesan yang kurang fresh pada wajahmu. Kamu juga harus pastikan untuk memilih produk bibir dengan formula yang nyaman untuk kamu gunakan berjam-jam.


Tidak sulit, bukan? Yuk dicoba tujuh tips ini untuk ciptakan make up yang fresh dan nyaman ke kantor!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty