Life & health

6 Kebiasaan Wajib Yang Dilakukan Saat Lebaran

By : Her World Indonesia - 2023-04-21 11:00:02 6 Kebiasaan Wajib Yang Dilakukan Saat Lebaran

Lebaran menjadi hari besar yang dirayakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Umat Islam biasanya memiliki tradisi-tradisi yang dijalankan dalam rangka merayakan dan memeriahkan Hari Raya. Bukan hanya kumpul-kumpul keluarga biasa, tetapi ada tujuan silahturahmi dan kebiasaan turun menurut yang dilakukan. Menurut beberapa sumber, berikut enam kebiasaan wajib yang dilakukan saat lebaran. Yuk cari tahu!


1. Mudik


(Mudik menjadi aktivitas yang identik dan banyak dilakukan orang menyambut hari Lebaran. Foto: Dok. BLACKTATOR/Pexels)


Mudik selalu jadi tradisi yang tidak pernah lepas ketika Idul Fitri tiba. Mudik menjadi momen untuk pulang kembali ke kampung halaman, bertemu, bersilahturahmi dengan sanak saudara. Namun di sisi lain, mudik selalu identik dengan kemacetan. Jika Idul Fitri sudah dekat, seluruh media biasanya diramaikan dengan berita arus mudik lebaran.


2. Takbiran


(Takbiran biasa dilakukan malam sebelum Hari Raya Idul Fitri. Foto: Dok. Waleed Aleid/Pexels)


Kegiatan ini biasanya dilakukan pada malam menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya ada yang melakukannya sendiri-sendiri, tetapi ada juga yang beramai-ramai berkeliling kampung. Biasanya dilakukan dengan turun ke jalan dan berkeliling, baik menggunakan mobil terbuka atau berjalan kaki. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu, terutama bagi anak-anak.


3. Makan ketupat


(Ketupat adalah makanan wajib ketika merayakan Lebaran. Foto: Dok. Heny Widiastuti/Pinterest)


Makanan khas ini biasanya disajikan dengan opor ayam, rendang daging, semur daging, kerupuk udang, sambal goreng ati, dan tambahan-tambahan lainnya. Walaupun setiap keluarga punya tradisinya masing-masing dalam penyajiannya. Makanan yang satu ini wajib ada dalam perayaan Lebaran dan biasanya disantap bersama-sama setelah sholat ied.


4. Pembagian THR


(Pembagian THR menjadi momen yang ditunggu-tunggu semua orang menjelang Lebaran. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sejumlah uang yang diberikan perusahaan kepada karyawan menjelang Lebaran. Biasanya diberikan seminggu sebelum Hari Raya dan besarnya sudah diatur pemerintah. Namun, tradisi pembagian THR ini juga dilakukan oleh orang dewasa kepada anak-anak. Pantas saja kebiasaan ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu anak-anak hingga orang dewasa.


5. Beli baju baru


(Membeli baju baru untuk dipakai saat Lebaran menjadi kebiasaan banyak orang. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Lebaran juga sangat identik dengan baju baru, sampai-sampai hal tersebut dimasukkan dalam lirik sebuah lagu Hari Raya yang terkenal. Kebiasaan membeli baju baru ini dilakukan hampir seluruh orang. Jelang lebaran, dari pasar, pusat perbelanjaan, sampai toko daring selalu ramai pengunjung mau beli baju baru. Apa lagi menjelang Lebaran, biasanya banyak diskon atau promo yang ditawarkan untuk meningkatkan penjualan.


6. Ziarah makam


(Ziarah makam untuk mendoakan keluarga dan kerabat yang terlah meninggal merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan saat lebaran. Foto: Dok. Arina Krasnikova/Pexels)


Ziarah atau yang biasa disebut juga dengan Nyakar, merupakan kebiasaan wajib yang dilalukan umat Islam di Hari Lebaran. Orang-orang biasanya mengunjungi makan dan memanjatkan doa kepada keluarga dan saudara yang telah meninggal dunia. Biasanya ziarah dilakukan setelah Shalat Idul Fitri atau di pagi hari Lebaran pertama.


Berikut enam kebiasaan wajib yang dilakukan saat Lebaran. Apakah kamu juga melakukan kebiasaan-kebiasaan ini atau memiliki kebiasaan yang lain? Walaupun satu keluarga dan lainnya sering memiliki perbedaan dalam cara melakukannya, tetapi kita semua sama-sama menjalankan kebiasaan ini untuk memeriahkan dan menjalankan tradisi di hari Lebaran.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health