Life & health

Selain Asteroid City, Ini 5 Rekomendasi Film Wes Anderson

By : Natasha Fitrand - 2023-04-25 15:00:01 Selain Asteroid City, Ini 5 Rekomendasi Film Wes Anderson

Kamu sedang menonton film komedi dengan visual estetika yang unik? Sudah pasti kamu sedang menyaksikan salah satu karya Wes Anderson. Sutradara dan produser asal Amerika Serikat ini identik berkat film-filmnya yang dikemas dengan quirky, alur komedi yang tidak terduga, dipenuhi dengan warna-warna cerah, dan umumnya menampilkan desain arsitektur yang menonjol. Berbeda dengan sutradara lainnya, gaya Wes Anderson bisa dikategorikan sebagai formalisme. Gaya ini mengacu pada bentuk pembuatan film yang memanfaatkan pencahayaan, suara, musik, desain set, dan warna untuk membantu menceritakan sebuah kisah.


(Asteroid City. Foto: Dok. IMDB)

Berkat gaya uniknya ini, Wes Anderson bahkan berhasil membuat tren “Accidentally Wes Anderson” di sosial media, dimana para penggemarnya mengambil footage momen atau tempat di berbagai belahan dunia yang mengingatkan mereka akan Wes Anderson. Tahun ini, tepatnya di bulan Juni mendatang sang sutradara akan merilis film terbarunya Asteroid City yang diperankan oleh beberapa bintang ternama seperti Scarlett Johansson, Margot Robbie, Tom Hanks, dan Willem Dafoe.


Sambil menantikan penayangan Asteroid City, yuk simak rekomendasi film Wes Anderson yang wajib kamu tonton di bawah ini.


1. Moonrise Kingdom


(Moonrise Kingdom. Foto: Dok. IMDB)

Rilis tahun 2012, film satu ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Gilman yang melarikan diri dari perkemahan pramukanya untuk bisa bersama Hayward, anak perempuan yang merupakan sahabat pena dan kekasihnya. Pemberontakan dari Gilman ini memancing seorang polisi bernama Willis untuk mengatur regu pencarian demi menemukan kedua anak tersebut. Dikemas dengan penuh komedi dan petualangan, film ini juga memberikan pesan mengenai cinta muda, seksualitas anak, dan kesehatan mental remaja.


(Baca Juga: Kamu Harus Tahu 6 Fakta Film Live Action The Little Mermaid)


2. The French Dispatch


(The French Dispatch. Foto: Dok. IMDB)

Wes Anderson berikan penghormatannya kepada jurnalisme dan seluruh penulis media pada film satu ini. Rilis tahun 2021, film ini mengikuti tiga alur cerita berbeda dalam waktu yang sama saat koran fiksi Kansas Evening Sun menerbitkan edisi terakhirnya. Pada masing-masing tiga alur cerita tersebut, Wes Anderson membawa nama-nama bintang ternama seperti Adrien Brody, Tilda Swinton, Léa Seydoux, Timothée Chalamet, dan Owen Wilson.


3. Fantastic Mr. Fox


(Fantastic Mr. Fox. Foto: Dok. IMDB)

Selain menjadi karya stop motion pertamanya, film ini juga merupakan satu-satunya bentuk adaptasi Wes Anderson dari karya orang lain, tepatnya buku karya Roald Dahl dengan judul yang sama. Film ini menceritakan tentang seekor rubah Mr. Fox, disuarakan oleh George Clooney yang ingin mengubah era pemberontakannya untuk menjadi figur ayah yang baik untuk istrinya Felicity Fox, disuarakan oleh Meryl Streep dan keluarganya.


4. The Darjeeling Limited


(The Darjeeling Limited. Foto: Dok. IMDB)

Rilis tahun 2007, film ini mengisahkan tentang tiga bersaudara yang memulai sebuah perjalanan dengan kereta api melintasi India setelah kepergian ayah mereka, dalam upaya untuk menemukan kembali ikatan persaudaraan mereka yang hilang. Ketiga saudara tersebut diperankan oleh Owen Wilson sebagai Francis, Adrien Brody sebagai Peter, dan Jason Schwartzman sebagai Jack.


(Baca Juga: Ini 8 Rekomendasi Film Fantasi Sihir untuk Menemanimu)


5. The Grand Budapest Hotel


(The Grand Budapest Hotel. Foto: Dok. IMDB)

Ingin memulai pejalananmu di Wes Anderson universe? Kamu bisa memulainya dengan film satu ini, yang disebut sebagai film terbaik hasil karya Wes Anderson dan bahkan berhasil meraih rating 8,1/10 di situs ulasan film. Film ini menceritakan kisah petualangan Monsieur Gustave diperankan oleh Ralph Fiennes, seorang concierge legendaris dari hotel terkenal Hotel Grand Budapest pada masa antara Perang Dunia I dan II bersama Zero Moustafa diperankan oleh Tony Revolori, penjaga lobi yang menjadi teman kepercayaannya. Memiliki sinematografi yang memesona, film ini juga didominasi oleh warna pink yang menggambarkan warna dari hotel ikonik tersebut. Film ini bahkan berhasil mengecoh para penonton untuk mengira Hotel Grand Budapest adalah hotel nyata, lho!


Itu adalah rekomendasi film karya Wes Anderson untuk menemani hari-harimu. Hope you enjoy the movie!


Life & health