Fashion

Tribute Karl Lagerfeld, Ini 4 Fakta Tentang Met Gala 2023

By : Natasha Fitrand - 2023-04-26 13:00:01 Tribute Karl Lagerfeld, Ini 4 Fakta Tentang Met Gala 2023

Tidak terasa, sebentar lagi tepatnya pada hari Senin tanggal 1 Mei 2023 acara fashion paling bergengsi yaitu Met Gala akan kembali digelar! Bagi kamu yang belum mengenal apa itu Met Gala, acara ini merupakan ajang penggalangan dana untuk Metropolitan Museum of Art Costume Institute yang berlangsung setiap tahun sejak tahun 1973. Meski awalnya digelar sebagai penggalangan dana untuk museum, Met Gala juga dikenal dengan reputasinya sebagai ajang fashion sekaligus acara sosial paling meriah yang dihadiri oleh bintang papan atas dari berbagai negara.


Tiap tahunnya, Met Gala memiliki temanya tersendiri untuk menentukan aturan berbusana para tamu undangan. Selama dua tahun berturut-turut tepatnya tahun 2021 dan 2022, Met Gala mengusung tema seputar sejarah fashion di Amerika Serikat. Tahun ini, Met Gala sudah mengumumkan tema terbaru mereka yang membuat para penggemar mode makin tidak sabar! Penasaran dengan tema fakta-fakta menarik lainnya seputar Met Gala 2023? Yuk Simak di bawah ini.


1. Tema Met Gala 2023


(Tema Met Gala 2023. Foto: Dok. Chanel)

Hal yang paling dinanti dari Met Gala tiap tahunnya adalah tema yang akan diangkat. Sejak pertama kali digelar, Met Gala telah melalui berbagai tema ikonis, mulai dari terinspirasi tokoh desainer terkenal, sejarah, seni, hingga era tertentu. Kali ini, Met Gala 2023 akan mengangkat tema spesial “Karl Lagerfeld: A Line of Beauty”.

Siapa itu Karl Lagerfeld? Bagi kamu pecinta mode pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Karl Lagerfeld merupakan seorang desainer dan creative director dari Chanel, Fendi, dan merek fashion-nya sendiri Karl Lagerfeld, yang meninggal di tahun 2019 lalu. Karl Lagerfeld disebut sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia fashion. Berkat kontribusi dan ide-ide inovatifnya, ia berhasil mengharumkan nama Chanel dan turut membentuk dunia fashion yang lebih modern.

Oleh karena itu, Met Gala 2023 akan digelar untuk menghormati warisan dan karya-karya ikonik Karl Lagerfeld yang telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk dunia fashion.


(Baca Juga: Chanel Métiers D'Art 2022, Apresiasi Untuk Para Artisan)


2. Dress Code Met Gala 2023


(Dress code Met Gala 2023. Foto: Dok. Chanel)

Sesuai dengan temanya, tentu saja dress code Met Gala 2023 adalah “in honor of Karl”. Bisa diperkirakan karya-karya klasiknya dari Chanel, Fendi, Chloé, Balmain, Jean Patou, dan Karl Lagerfeld akan muncul di karpet merah ajang tersebut. Para pengamat mode memperkirakan tahun ini adalah tahun “vintage”, dimana para tamu undangan akan banyak mengenakan koleksi-koleksi archive karya Karl Lagerfeld dari tahun 1980-2010-an.


(Karl Lagerfeld dan Choupette Foto: Dok. choupetteofficiel/Instagram)

Selain itu, diperkirakan tahun ini juga akan ada banyak desain yang menggambarkan kucing, tentunya terinspirasi dari kucing kesayangan Karl Lagerfeld bernama Choupette. “Choupette blue”, warna yang terinspirasi dari mata sang kucing juga diperkirakan menjadi warna tren pada Met Gala 2023. Psst, Choupetter dikabarkan juga akan hadir di Met Gala 2023, lho!


3. Meet the Hosts!


(Daftar co-chair Met Gala 2023. Foto: Dok. themetgalaofficial/Instagram)

Selain tema yang unik, tiap tahunnya Met Gala juga mengundang beberapa tokoh dan selebriti ternama untuk menjadi co-chair pada ajang tersebut bersama Anna Wintour. Tahun lalu, Anna Wintour dibantu oleh Blake Lively, Ryan Reynolds, Lin-Manuel Miranda, dan Regina King sebagai co-chair. Tahun ini, co-chair Met Gala 2023 adalah Penélope Cruz yang merupakan muse Chanel sejak tahun 2018, Michaela Coel, Roger Federer, dan Dua Lipa.


4. Daftar Tamu


(Cara Delevingne dan Karl Lagerfeld. Foto: Dok. Chanel)

Kamu tidak akan pernah menduga siapa saja yang akan datang ke Met Gala sampai hari tersebut tiba. Namun, ada prediksi bahwa Met Gala tahun ini akan dihadiri oleh para ambassador, muse, serta teman kesayangan Chanel dan Karl Lagerfeld seperti Nicole Kidman, Margot Robbie, Marion Cotillard, Kristen Stewart, Charlotte Casiraghi, Pharrell Williams, Cara Delevingne, dan Lily-Rose Depp. Kamu juga bisa menantikan penampilan para bintang Asia terutama idol K-pop di Met Gala 2023, mengingat tahun-tahun sebelumnya kehadiran mereka semakin meningkat dan berhasil jadi trending topic.


(Baca Juga: Ulang Tahun Ke-27, Simak 6 Fakta Menarik Jennie BLACKPINK)


Itu dia tema dan fakta menarik Met Gala 2023. Kamu penggemar berat Chanel dan Karl Lagerfeld? Jangan sampai lewatkan event of the year satu ini, ya! Selain itu, apa ada kehadiran bintang yang kamu nantikan di Met Gala 2023?


Fashion