Hair & beauty

Bikin Kulit Glowing, Kenali 4 Manfaat Chia Seed Untuk Wajah

By : Natasha Fitrand - 2023-03-02 12:00:01 Bikin Kulit Glowing, Kenali 4 Manfaat Chia Seed Untuk Wajah

Sudah pernah coba chia seed?

Disebut sebagai superfood, biji-bijian asal Meksiko satu ini banyak digemari karena memiliki beragam kandungan yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk wajah. Meski berukuran kecil dan memiliki rasa yang tawar, chia seed menyimpan segudang nutrisi yang baik untuk tubuhmu, lho. Nutrisi utama yang dimiliki chia seed antara lain protein tinggi, asam lemak omega-3, magnesium, besi, vitamin kompleks, Vitamin E, dan kalsium dalam jumlah besar per porsi.


Chia seed juga populer di kalangan para vegetarian atau orang-orang yang memulai diet, karena makanan organik satu ini tidak mengandung kalori yang besar dan cukup mengenyangkan. Cara paling mudah mengonsumsi chia seed adalah memasukkannya pada minuman seperti jus atau smoothie bowl.


Selain dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, chia seed juga memiliki banyak manfaat untuk wajah, lho. Kamu bisa menggunakan chia seed sebagai campuran masker wajah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tertarik untuk menggunakan chia seed pada rangkaian skincare routine-mu? Berikut manfaat chia seed untuk wajah yang bisa kamu dapatkan!


(Baca Juga: Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah)


(Manfaat Chia Seed Untuk Wajah. Foto: Dok. Bruno Scramgnon/Pexels)


1. Menunda Tanda Penuaan Dini

Menurut penelitian, ditemukan bahwa chia seed memiliki konsentrasi total senyawa fenolik alami (termasuk senyawa antioksidan) yang baik untuk menangkal dampak buruk radikal bebas hingga 70%.


Selain itu, dengan konsumsi chia seed secara rutin kamu juga bisa mengoptimalkan proses regenerasi dan perbaikan pada sel kulit yang rusak. Chia seed juga dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini (anti-aging properties) seperti munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah.


2. Memudarkan Bekas Jerawat


Kamu memiliki banyak bekas jerawat yang susah hilang? Jangan khawatir! Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada chia seed dipercaya dapat mengatasi noda bekas jerawat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan chia seed untuk masker wajah dengan ritual rutin sebanyak dua kali seminggu.


3. Melembapkan Wajah untuk Kulit Kering


Kulitmu kering? Solusi dari masalah kulit ini juga bisa kamu temukan pada chia seed, karena dipercaya sebagaipelembap alami yang mampu menjaga dan mengikat kadar air dalam kulit. Konsumsi chia seed secara rutin bisa menghidrasi kulitmu secara lebih baik.


4. Membuat Wajah Terlihat Glowing


Kandungan penting pada chia seed seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, besi, dan kalium dapat meningkatkan elastisitas pada kulit dan membuat wajahmu terlihat lebih sehat, cerah, serta glowing.


(Baca Juga: 5 Manfaat & Rekomendasi Sarang Burung Walet Bagi Kecantikan)


Nah, itu adalah empat manfaat chia seed untuk wajah. Tertarik coba?



Hair & beauty