Life & health

Yuk, Jaga Bumi di Pameran Kedai Kita Sejauh Mata Memandang

By : Natasha Fitrand - 2023-12-05 16:00:01 Yuk, Jaga Bumi di Pameran Kedai Kita Sejauh Mata Memandang

Sebagai jenama lokal yang mendukung sustainability, sudah menjadi misi Sejauh Mata Memandang untuk selalu menjaga lingkungan dalam prosesnya berkarya. Hal ini sudah dibuktikan dengan kolaborasi Sejauh Mata Memandang bersama berbagai pihak lain dalam upayanya melestarikan bumi. Termasuk kolaborasi terkininya, yaitu dengan Greenpeace Indonesia dalam menghadirkan pameran bertajuk “Kedai Kita” yang berlangsung di Plaza Indonesia mulai tanggal 1 Desember 2023 hingga 10 Desember 2023.


“Kedai Kita” menjadi pameran ke-16 dari Sejauh Mata Memandang, dengan konsep mengangkat isu krisis iklim yang saat ini telah sampai di meja makan kita. Kolaborasi antara Sejauh Mata Memandang dengan Greenpeace Indonesia ini menjadi bentuk komitmen nyata antara keduanya untuk bertanggung jawab dalam merawat bumi yang semakin mengkhawatirkan dengan banyaknya krisis iklim yang muncul.


(Pameran Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia Kedai Kita di Plaza Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


Di Indonesia sendiri, krisis iklim telah memberikan dampak serius seperti menimbulkan risiko tinggi terhadap kegagalan panen dan tanam yang dialami oleh para petani serta petambak di beberapa daerah, termasuk kopi di Banjarnegara, beras di Gunung Kidul, ikan bandeng di Gresik, hingga pala dan cengkeh di Maluku. Mirisnya, bahan-bahan pangan ini kini berada diambang kepunahan yang mengancam kenikmatan makanan sehari-hari masyarakat.


(Pameran Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia Kedai Kita di Plaza Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


Oleh sebab itu, “Kedai Kita” sebagai bagian dari serangkaian acara “Berhenti Basa Basi Buat Bumi” hadir sebagai bentuk respon respon untuk mendorong pemerintah yang dianggap belum efektif dalam mengurangi mengambil tindakan nyata terkait krisis iklim, termasuk mengurangi aktivitas emisi Gas Rumah Kaca dan mengendalikan kenaikan suhu global yang turut berpengaruh pada iklim.


Melalui “Kedai Kita”, Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia berharap dapat menjadi wadah yang menggugah kesadaran masyarakat akan krisis iklim, serta memotivasi masyarakat agar turut terlibat dalam perubahan positif untuk menjaga bumi.


(Baca Juga: Peduli Aceh, Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi "Rimba")


3 Hal yang Bisa Kamu Coba di “Kedai Kita”

(Pameran Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia Kedai Kita di Plaza Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

Terdapat tiga area utama yang bisa kamu kunjungi pada “Kedai Kita”, di antaranya adalah Kopi Tinggal Kenangan, Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas), dan Warung Sejauh Mata Memandang yang dirancang oleh Keluarga Sejauh, Felix Tjahyadi. Dalam bukti nyatanya menjaga lingkungan, rancangan kali ini menggunakan 90% material guna ulang (reuse) seperti panel kayu bangunan dari kegiatan Sejauh Mata Memandang sebelumnya serta kain perca dari sisa produksi Sejauh Mata Memandang yang didaur naik (upcycle).


Kopi Tinggal Kenangan

Bagi kamu penggemar kopi, jangan sampai lewatkan yang satu ini. Kopi merupakan salah satu kebanggaan Indonesia yang sangat rentan terhadap krisis iklim, dan sayangnya saat ini kopi sedang mengalami penurunan kualitas serta kuantitas biji kopi akibat cuaca ekstrim yang tidak bisa terprediksi, salah satunya di Banjarnegara. Pada area ini, kamu bisa mencicipi cita rasa kopi yang terancam hanya akan menjadi kenangan akibat krisis iklim.


Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas)

Selain kopi, pangan Indonesia yang biasa kita konsumsi sehari-hari sehari-hari seperti beras, sayur mayur, ikan, buah, serta bumbu dapur seperti cabai, garam, dan rempah juga terancam akibat krisis iklim, lho. Pada warung satu ini, kamu bisa menikmati jamuan sambil belajar mengenai berbagai informasi tentang bahan makanan yang terancam punah serta cerita dari para petani yang terdampak.


Warung Sejauh Mata Memandang

Tidak ketinggalan, Sejauh Mata Memandang turut menghadirkan toko pop-up di pameran “Kedai Kita” yang dirancang menyerupai warung. Sahabat Sejauh dapat melihat dan berbelanja berbagai koleksi pakaian hingga pernak-pernik unik hasil dari kreasi daur naik (upcycle) kain-kain perca motif khas jenama satu ini. Kamu bisa mengunjungi Warung Sejauh Mata Memandang yang akan beroperasi hingga tanggal 11 Januari 2024.


(Pameran Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia Kedai Kita di Plaza Indonesia. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

(Baca Juga: "Kudapan", Koleksi Sejauh Mata Memandang dari Jajanan Pasar)


Tidak berhenti di pameran “Kedai Kita”, kolaborasi Sejauh Mata Memandang dengan Greenpeace Indonesia juga turut menghadirkan rangkaian kegiatan berjudul “Berhenti Basa Basi Buat Bumi”. Rangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan di KALA di Kalijaga, Blok M, Jakarta Selatan mulai tanggal 6 Desember 2023 hingga 10 Desember 2023 yang akan menghadirkan pameran foto dampak krisis iklim terhadap pangan, experience room, dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Istimewanya, experience room ini akan memberikan pengalaman bagi pengunjung yang ingin merasakan perjalanan krisis iklim sampai berdampak di meja makan kita. Aktivitas-aktivitas tersebut dihadirkan melalui kolaborasi dengan beberapa mitra seperti Iklimku, SuapSuapan, dan masih banyak lagi. Tertarik? Daftar secara gradis melalui act.gp/ikutan-b5.


Yuk, ikut menjaga bumi dari krisis iklim bersama Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia!


Life & health