Fashion

Sol et Terre Hadirkan Sustainable Luxury Jewelry

By : Her World Indonesia - 2023-10-13 10:00:01 Sol et Terre Hadirkan Sustainable Luxury Jewelry

Chelsea Islan serta desainer perhiasan, Veronica Pranata adalah founder dari Sol et Terre, sebuah sustainable luxury jewelry brand yang fokus kepada penggunaan berlian asli yang dibuat di dalam laboratorium untuk produk-produk perhiasannya, secara resmi diluncurkan pada 6 Oktober 2023. 


Sol et Terre menggunakan lab grown diamond untuk perhiasannya didasari oleh keprihatinan mereka terhadap penambangan berlian yang berlangsung selama ini. Terjadi berbagai konflik dan kerusakan yang terjadi, baik terhadap manusia maupun lingkungan dibalik keindahan berlian. 


Lab grown diamond dapat diartikan sebagai berlian yang pembuatannya dilakukan di dalam laboratorium. Proses pembuatanya mirip dengan berlian hasil tambang, perbedaanya hanya pada lokasi dan durasi pembuatannya. Untuk waktu pembuatan, butuh waktu satu bulan saja. Berbeda dengan berlian tambang yang memakan waktu milyaran tahun. 


(Packaging dari perhiasan Sol et Terre yang tampak simple tapi mewah. Foto: Dok. Sol et Terre)

“Lab grown diamond disebut memiliki sifat optik, fisik, dan kimia yang sama dengan berlian hasil tambang. Karena itulah, baik lab grown diamond dan berlian hasil tambang (mined diamond) kini dikategorikan sebagai berlian asli. Penilaiannya juga dapat dilakukan berdasarkan 4C yang menjadi standar internasional, yaitu cut (potongan), color (warna), clarity (kejernihan), dan carat (berat karat),” jelas Sumarni Paramita, Direktur Adamas Gemological Laboratory of Indonesia dan Institure Gemology Paramita.


Para founder Sol et Terre memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perhiasan yang disematkan berlian asli yang memiliki kualitas terbaik dan produksi secara beretika. Paduan berlian berupa lab grown diamond berkualitas dengan emas berkualitas internasional 18 karat dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti liontin, anting, gelang, serta cincin, termasuk cincin pertunangan dan cincin pernikahan. 



(Foto dari founder Sol et Terre yaitu chelsea Islan dan Veronica Pranata. Foto: Dok. Sol et Terre)

Chelsea Islan mengungkapkan, “Nama Sol et Terre, yang berarti matahari dan Bumi, mencerminkan jenis perhiasan yang ingin ditampilkan lewat brand ini, yaitu perhiasan yang artistik dan elegan karena terlihat bercahaya cemerlang seperti matahari, yang produksinya dilakukan dengan menghormati Bumi. Pada awal perjalanan kami mendirikan Sol et Terre, muncul sebuah pertanyaan yang menggugah, ‘Apakah sebuah perhiasan yang indah harus diciptakan dengan mengorbankan kesejahteraan manusia dan kelestarian lingkungan?’ Inilah yang menjadi inspirasi para founder untuk memproduksi perhiasan dengan cara yang lebih baik, yaitu menggunakan berlian asli berupa lab grown diamond


Lab grown diamond yang digunakan oleh Sol et Terre adalah berlian berkualitas terbaik yang telah disertifikasi GIA (Gemological Institute of America) dari Amerika Serikat dan IGI (International Gemological Institute) dari Belgia. Berlian-berlian tersebut kemudian dipotong dan dipoles dengan ahli dan cermat oleh para pengrajin Sol et Terre, kemudian disematkan di produk perhiasan Sol et Terre, baik yang berdesain klasik maupun dengan desain personal. 


Karena memiliki karakteristik dan komposisi yang identik dengan berlian hasil tambang, maka pada 2018 Federal Trade Commission di Amerika Serikat menyatakan bahwa lab grown diamond adalah berlian asli. Maka dari itu jika kamu pecinta berlian tapi juga ingin berpartisipasi dalam melindungi Bumi yang kamu tinggali, kamu dapat beralih ke Sol et Terre. Kamu dapat membeli produk Sol et Terre di situs resmi www.Soletterre.com 



(Penulis: Nada Kamiliya)


Fashion