Food & travel

Ini 7 Minuman Khas Korea Selatan Yang Wajib Kamu Tahu!

By : Her World Indonesia - 2022-09-21 20:00:01 Ini 7 Minuman Khas Korea Selatan Yang Wajib Kamu Tahu!

Beberapa tahun belakangan ini, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang menjadi top of mine mengenai Korea Selatan ialah kulinernya. Berbicara mengenai kuliner khas Korea Selatan, pastinya tidak asing lagi dengan berbagai minuman khasnya yang unik!


Masyarakat Korea Selatan mengenal dua jenis minuman, yaitu minuman dan minuman keras. Minuman yang dimaksud ialah jenis minuman tanpa alkohol. Sedangkan minuman keras adalah minuman yang mengandung alkohol. Berikut tujuh minuman khas Korea Selatan yang wajib kamu tahu!


1. Susu Pisang


(Korean Banana Milk. Foto: Dok. emily/Unsplash.com)


Untuk kamu yang gemar menonton Drama Korea, tentunya sudah tidak asing dengan minuman satu ini. Susu Pisang atau Banana Milk merupakan salah satu minuman yang terkenal di Korea Selatan, khususnya dikalangan anak muda. Sesuai dengan namanya, minuman ini merupakan susu kemasan siap minum yang memiliki rasa pisang.


Pada awalnya, minuman ini tercipta karena anjuran pemerintah untuk mendorong masyarakat Korea Selatan. Namun siapa sangka minuman ini menjadi favorit semua orang hingga kini. Susu Pisang dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai supermarket terdekat.


2. Milkis

(Milkis. Foto: Dok. Jay-Young Woo/Behance.net)


Jika mendengar nama minuman ini, tentunya kamu akan berpikir bahwa minuman ini terbuat dari susu bukan? Walaupun memiliki nama Milkis, nyatanya minuman ini tidak sepenuhnya terbuat dari susu lho! Minuman ini terbuat dari tiga bahan utama, yaitu soda, susu, dan jagung.


Untuk dapat mencicipi minuman ini, kamu dapat membelinya di minimarket Korea Selatan. Selain rasa original, Milkis juga tersedia dengan berbagai rasa buah seperti strawberry dan pisang. Minuman ini termasuk minuman non-alkohol ya!


3. Teh Omija


(Omija Tea. Foto: Dok. Aleksei Bezrukov/Unsplash.com)


Teh Omija atau Omija Tea merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari omija, sejenis buah berry yang banyak tumbuh di Korea Selatan. Dikarenakan pertumbuhannya yang terbilang banyak, masyarakat Korea Selatan memiliki ide untuk dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman.


Teh Omija dipercaya dapat menyembuhkan batuk, pilek, hingga menjaga kesehatan organ hati. Agar rasanya lebih enak, masyarakat Korea Selatan menambahkan madu untuk menambahkan rasa manis.


4. Teh Krisan


(Krisan Tea. Foto: Dok. benscrub.com)


Selain Teh Omija, Teh Krisan juga menjadi teh yang terkenal di Korea Selatan. Seperti namanya, teh ini memiliki bahan utama, yaitu bunga krisan. Dalam pembuatan Teh Krisan dibutuhkan waktu beberapa bulan, hingga dapat dikonsumsi. Cara membuat Teh Krisan ialah dengan cara merendam bunga krisan kering di dalam madu selama beberapa bulan.


Namun kamu tidak perlu menunggu berbulan-bulan lagi untuk mencicipi Teh Krisan ala Negeri Ginseng ini. Kamu cukup menghampiri supermarket Korea Selatan terdekat untuk mendapatkannya. Sama dengan Teh Omija, teh satu ini juga dipercaya dapat meredakan flu. Masyarakat Korea Selatan biasa menikmatinya saat musim dingin untuk menjaga tubuh agar tetap hangat.


5. Sikhye

(Sikhye. Foto: Dok. phototake.Unsplash.com)


Sikhye merupakan salah satu minuman tradisional Korea Selatan yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Sikhye biasa disajikan dalam teko. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Sikhye dikemas dalam bentuk minuman kemasan siap minum. Sikhye sangat mudah didapatkan, kamu dapat membelinya di supermarket Korea Selatan terdekat,


Bahan utama dari Sikhye ialah beras yang difermentasikan dengan ragi. Sikhye memiliki rasa manis. Umumnya Sikhye dikonsumsi sebagai pengganti makanan penutup. Selain itu, Sikhye dapat dikonsumsi setelah berendam di air hangat.


6. Soju

(Soju. Foto: Dok. flavourfix.com)


Minuman beralkohol asal Korea Selatan ini, tentunya sudah tidak asing bagi para penggemar drama Korea. Pasalnya, minuman ini sering kali hadir dalam penayangan Drama Korea. Soju merupakan minuman beralkohol yang dibuat dari beras yang difermentasikan. Soju memiliki kadar alkohol sekitar 10 hingga 25 persen. Hal tersebut tergantung merek yang kamu beli.


Soju hadir dengan berbagai rasa, mulai dari original hingga berbagai rasa buah. Walaupun tersedia dalam berbagai rasa, rasa ginseng yang ada pada Soju tetaplah mendominasi. Umumnya, Soju dikonsumsi pada saat pesta kantor, perayaan ulang tahun, dan lainnya.


7. Makgeolli

(Makgeolli. Foto: Dok. JuicyTastyLife/Unsplash.com)


Selain Soju, terdapat minuman beralkohol asal Korea Selatan lainnya, yaitu Makgeolli atau Takju. Hampir sama seperti Soju, Makgeolli dibuat dari fermentasi beras atau gandum. Kandungan alkohol dalam Makgeolli sekitar enam hingga delapan persen. Makgeolli juga memiliki warna putih seperti susu.


Makgeolli memiliki rasa manis dan menyegarkan. Pada umumnya, Makgeolli disajikan dalam perayaan tertentu. Namun seiring perkembangan zaman, Makgeolli dapat disajikan kapan saja. Masyarakat Korea Selatan biasa mengkonsumsi Makgeolli saat memakan makanan pedas.


Itu dia tujuh minuman Korea Selatan yang wajib kamu tahu! Tujuh minuman diatas dapat kamu temukan di supermarket Korea Selatan terdekat. So, tunggu apa lagi? Go try it!


(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)



Food & travel