5 Penyebab Perceraian Yang Sering Terjadi, Sudah Tahu?


  • 5 Penyebab Perceraian Yang Sering Terjadi, Sudah Tahu?
    Penyebab perceraian yang paling sering terjadi. (Foto: Dok. cottonbro/Pexels)

    Sebagian besar pasangan memang melanjutkan hubungan mereka ke jenjang pernikahan tanpa ada harapan untuk berpisah atau bercerai. Namun, seiring berjalannya waktu, berbagai masalah bisa terjadi dan tidak sedikit masalah yang pada akhirnya membawa pernikahan pasangan tersebut ke perceraian. Ketidakcocokan, perselingkuhan, benih cinta yang hilang, kondisi ekonomi, dan sebagainya, seluruhnya bisa menjadi penyebab perceraian bisa terjadi. 


    Oleh karena itu, Her World sudah merangkum berbagai penyebab perceraian yang paling sering terjadi. Yuk, kita simak berikut ini!


    1. Salah satu pasangan berselingkuh


    Jika sang suami atau istri tidak setia dan berselingkuh, hubungan rumah tangga tentunya akan hancur dan tidak harmonis. Ekspektasi yang terlalu tinggi kepada pasangan juga akan mendorong terjadinya perselingkuhan. Mereka biasanya berselingkuh ketika berpikir bahwa mereka akan lebih bahagia jika mendapat pasangan baru tersebut.


    2. Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

    penyebab perceraian

    (Kekerasan emosional jadi salah satu penyebab perceraian. Foto: Dok. Nataliya Vaitkevich/Pexels)


    KDRT bisa terdiri dari kekerasan secara fisik, emosional, verbal, hingga ekonomi. Kekerasan fisik berupa menendang, memukul, menampar, dan melakukan hal lain yang melukai fisik pasangan. Kekerasan emosional bisa berupa terlalu membandingkan pasangan dengan sesama jenis lain (misalkan suami membandingkan istri dengan wanita lain di depan istrinya), gaslighting, atau terlalu mengendalikan pasangan. Kekerasan verbal bisa berupa sering memberikan ancaman, kata-kata kasar, dan sering memaki pasangan. Kekerasan ekonomi bisa berupa tidak memberikan nafkah yang selayaknya hingga terlalu mengendalikan arus keuangan rumah tangga. 


    3. Perbedaan prinsip


    Tak hanya karakter saja, prinsip yang kita miliki sebelum dan setelah menikah bisa saja berubah. Terlebih kepada pasangan yang menikah sejak usia muda, seiring bertambahnya usia, kedewasaan bisa merubah prinsip suami dan istri. Perbedaan ini pun bisa menyebabkan hubungan yang tidak harmonis lagi. Hal ini tentu menimbulkan perdebatan antara suami dan istri, yang mana jika terus berlanjut dalam kurun waktu yang lama akan menimbulkan benih-benih perceraian. 


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Ketakutan Menikah Akibat Perceraian)


    4. Masalah keuangan

    penyebab perceraian

    (Kurangnya komunikasi sebabkan perceraian. Foto: Dok. Timur Weber/Pexels)


    Penyebab perceraian yang satu ini juga tidak sedikit kasusnya. Masalah keuangan dalam rumah tangga suami dan istri bisa dipicu karena berbagai hal, seperti krisis ekonomi, kebutuhan tidak terpenuhi, gaji yang tidak cukup atau bahkan tidak ada pendapatan. Tak hanya itu, salah satu pasangan juga bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah keuangan tersebut, seperti berfoya-foya tanpa sepengetahuan pasangan, menggunakan uang hasil tabungan untuk berjudi, pasangan yang malas bekerja sehingga kurangnya pemasukan menimbulkan masalah keuangan, dan sebagainya. 


    5. Kurangnya komunikasi


    Komunikasi adalah salah satu hal yang paling penting yang bisa mempertahankan suatu hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, hubungan pernikahan akan terguncang dan tidak harmonis. Beberapa penyebab kurangnya komunikasi antara pasangan suami istri adalah karena kesibukan, silent treatment, takut menimbulkan pertengkaran, atau berbicara di waktu yang tidak tepat (membicarakan hal serius di saat lelah setelah bekerja). 


    (Baca Juga: Perceraian Meningkat, Ini Kunci Pernikahan Langgeng)


    Itulah penyebab perceraian yang paling sering terjadi yang sudah dirangkum oleh Her World. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles