Interpretasi "Renjana" Dalam Koleksi Biyan S/S 2023


  • Interpretasi
    Biyan Womenswear Spring/Summer 2023. (Foto: Dok. Biyan)

    Situasi pandemi tidaklah menjadi alasan untuk berhenti bereksplorasi dan berkarya, khususnya bagi Biyan Wanaatmadja. Masa di mana setiap orang diharuskan untuk berdiam diri di rumah dimanfaatkan Biyan untuk mengulik kembali koleksi buku-buku dari berbagai pelosok Indonesia. Melalui buku tersebut Biyan melihat banyak sekali sejarah, pakaian, dan tradisi yang menumbuhkan rasa rindu akan Nusantara, tempatnya tumbuh dan berpijak hingga detik ini.


    Kerinduan akan Wastra Nusantara tersebut pun mengilhami Biyan untuk melahirkan koleksi Womenswear Spring/Summer 2023 bertajuk “Renjana”. Renjana sendiri memiliki makna yakni perpaduan rasa hati yang kuat antara rindu dan cinta kasih, yang kemudian dituangkan melalui Wastra Nusantara. Koleksi teranyar di bawah label BIYAN ini pun ditampilkan secara apik melalui pagelaran yang berlokasi di Hotel InterContinental Pondok Indah, menjadi saksi momen perdana kembalinya BIYAN setelah tiga tahun absen menggelar peragaan fisik.




    Biyan

    (Biyan Womenswear Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Biyan)

    Busana beraliran feminin yang kaya akan craftmanship bertabur kemewahan menjadi identitas tersendiri dari karya Biyan. Pada koleksinya ini, Biyan mengemas corak tenun ikat Sumba, motif tampan Lampung, motif polka dot dan garis, menjadi susunan cerita kolase wastra individual yang tidak hanya indah dipandang namun juga sarat akan makna mendalam. Berawal dengan warna-warna estetika alam, nude, beige, terracotta yang memberikan kesan tenang dan damai, kemudian dilanjutkan dengan nuansa bold dari perpaduan warna biru tua, coklat, hijau emerald, lalu warna vibrant seperti fuchsia pink, kuning terang, dan lime green retro yang mencerminkan semangat, optimisme dan harapan baru di dalam kehidupan.


    Biyan

    (Biyan Womenswear Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Biyan)


    Biyan

    (Biyan Womenswear Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Biyan)


    (Baca juga: Lebih Elegan, Christian Louboutin Buka Di Plaza Indonesia)


    Bukan Biyan namanya apabila tidak menyematkan sentuhan surface textile design yang kaya akan detail pada busana rancangannya. Permainan motif dan corak yang menawan disempurnakan dengan teknik sulaman, nuansa etnik yang ditonjolkan melalui detail manik-manik, kristal, hingga payet.


    Tampilan segar pun ditampilkan melalui berbagai elemen busana yang diangkat, dengan potongan pola adaptif dari kebaya, kimono, rok sarung, bralette, hingga midi dress. Siluet busana berpotongan kotak, straight cut, hingga oversized pun turut ditampilkan pada koleksi kali ini. Material yang digunakan juga sangat beragam, mulai dari linen, katun, silk, tulle, organza silk, dan lame jacquard.


    Biyan

    (Biyan Womenswear Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Biyan)


    (Baca juga: Chanel Metiers D'Art 2022, Apresiasi Untuk Para Artisan)


    Interpretasi Biyan pada koleksi “Renjana” yang ditampilkan melalui Wastra Nusantara yang kaya akan detail dan makna memberikan warna baru bagi keberagaman karya busana dengan sentuhan hati dan cita rasa tinggi, tanpa menanggalkan kekayaan luhur bangsa Indonesia. Salute!


    (Penulis: Girah Ababyl M.K)


    Tags: biyan



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below