Jangan Malas, Ini Cara Membersihkan Kuas Make Up Yang Mudah


  • Jangan Malas, Ini Cara Membersihkan Kuas Make Up Yang Mudah
    Cara membersihkan kuas make up yang mudah dan benar. (Foto: Dok. Anetlanda/iStock)

    Menggunakan make up pada wajah tidak akan bisa sempurna tanpa bantuan alat-alatnya seperti kuas, beauty blender, dan sebagainya. Karena sering dipakai, alat-alat tersebut harus sering dibersihkan. Namun, salah satu alat yang paling sulit dibilas hingga bersih adalah kuas make up. Padahal, alat yang paling sering digunakan ketika memakai riasan wajah adalah kuas make up itu sendiri. 


    Menggunakan kuas make up yang kotor dapat menyebabkan jerawat dan infeksi virus. Pasalnya, kuas yang kotor kerap menjadi sarang bakteri dan debu, hingga virus seperti staphylococcus, streptococcus, dan E. coli. Jika kuas yang kotor digunakan pada wajah, maka bakteri, debu, dan virus-virus yang ada di dalamnya akan menempel pada permukaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan jerawat dan infeksi virus di kulit wajah.




    (Baca Juga: Tips Penting Dapatkan Make Up Natural Ala Korea)


    Membersihkan kuas make up secara rutin dan teratur juga bisa membuat hasil riasan lebih sempurna karena kuas yang bersih lebih ampuh dalam mengoleskan produk ke wajah dengan baik. Selain itu, kuas yang bersih juga akan mempertahankan kualitasnya sehingga bulu-bulu pada kuas tidak akan mudah rontok dan pecah-pecah seratnya. 


    cara membersihkan kuas make up

    (Kuas make up harus dibersihkan agar tidak rontok dan kasar. Foto: Dok. lisegagne/iStock)


    Kini sudah banyak cara sederhana untuk membersihkan kuas make up yang dapat menghemat waktu dan tenaga kita. Lantas, bagaimana cara membersihkan kuas make up yang benar? Yuk, kita ikuti cara mudah berikut ini!


    Cara Membersihkan Kuas Make Up Yang Benar

    Biasanya, cara paling mudah untuk membersihkan kotoran atau sisa-sisa produk kosmetik di dalam kuas make up adalah dengan menggunakan sabun khusus pembersih kuas. Sabun khusus pembersih kuas make up kini sudah banyak dijual di toko-toko kosmetik dan berbagai e-commerce terkemuka. Bahkan, beberapa merek produk kecantikan menyediakan inovasi cairan pembersih kuas make up ala merek itu sendiri, biasanya berupa semprotan. 


    Cara memakai cairan pembersih tersebut lumayan mudah, cukup semprotkan cairan pembersih kuas make up setiap kali kuas digunakan. Cara ini perlu dilakukan secara rutin agar kita dapat mempersingkat waktu untuk mencuci kuas setiap minggunya. Jangan khawatir jika kita tidak bisa atau belum menemukan cairan pembersih kuas make up yang tepat.


    Cara lain yang bisa kita coba untuk membersihkan kuas make up adalah menggunakan sampo bayi. Namun, apapun cairan yang kita gunakan, kita tetap wajib mencuci kuas make up secara menyeluruh karena pembersih tersebut hanya akan membuat kuas make up kita bersih hanya dalam waktu sementara. 


    cara membersihkan kuas make up

    (Mencuci brush make up secara teratur. Foto: Dok. Dmytro Pokulityi/iStock)


    Ada beberapa bahan yang kita bisa siapkan agar mempermudah proses membersihkan kuas make up, yaitu mangkuk kecil, air hangat, sampo bayi atau cairan pembersih kuas make up, kain lap atau handuk yang lembut (tidak banyak serat). 


    Setelah bahan-bahan tersebut siap, ini adalah cara membersihkan kuas make up yang benar dan mudah untuk dicoba: 

    1. Rendam kuas make up yang akan dicuci dengan air hangat.

    2. Setelah 15 menit, bilas kuas di bawah air yang mengalir untuk merontokkan sisa make up kering yang menempel. Perlu diperhatikan bahwa kita wajib membersihkan bulu kuas dan hindari untuk menyentuh kepala kuas untuk mencegah kerusakan pada bentuk kuas. 

    3. Isi mangkuk dengan air hangat dan sampo atau cairan pembersih kuas make up, kemudian aduk. Jika diperlukan, bersihkan kuas make up dan putarkan pada telapak tangan hingga berbusa. Selain telapak tangan, bisa juga menggunakan pad pembersih kuas make up

    4. Bilaskan kuas di bawah air yang mengalir lagi.

    5. Ulangi langkah ketiga dan keempat hingga kuas sudah bersih. 

    6. Setelah dicuci hingga bersih, gunakan kain bersih untuk membasuh kuas dan mengembalikan bentuk bulu-bulu kuas seperti sedia kala.

    7. Diamkan kuas pada kain bersih hingga kering sampai mendalam.

    8. Setelah kering, kuas make up sudah bisa digunakan kembali.


    Alat Pembersih Kuas Make Up

    Ada beberapa macam produk pembersih kuas make up yang bisa kita beli di berbagai toko kosmetik dan e-commerce terkemuka:


    1. Masami Shouko Detoxifying Brush Shampoo


    cara membersihkan kuas make up

    (Masami Shouko Detoxifying Brush Shampoo. Foto: Dok. Masami Shouko)


    Pembersih kuas ini bisa juga digunakan untuk beauty blender untuk mengangkat sisa make up dan kotoran yang belum hilang. Produk ini berada di kisaran harga 149 ribu rupiah dan bisa dibeli di toko-toko kosmetik dan berbagai e-commerce terkemuka. 


    2. City Color Brush Cleaning Sponge Makeup


    cara membersihkan kuas make up

    (City Color Brush Cleaning Sponge Makeup. Foto: Dok. kornelialuciana.com)


    Produk ini cocok untuk pembersih kuas make up berjenis powder atau bubuk. Cukup bersihkan kuas di atas spons dengan menggerakan kuas secara memutar hingga beberapa kali dan kuas make up terlihat kembali bersih. Produk ini berada di kisaran harga 120 ribu rupiah dan bisa dibeli di toko-toko kosmetik dan berbagai e-commerce terkemuka. 


    3. Masami Shouko Brush Cleansing Mat 


    cara membersihkan kuas make up

    (Masami Shouko Brush Cleansing Mat. Foto: Dok. Sociolla)


    Produk ini akan membersihkan kuas make up kita setelah menggunakan produk berjenis cairan seperti foundation. Cleansing mat ini bisa ditempelkan di wastafel sehingga mudah digunakan, cukup putarkan kuas yang sudah dibasahi pada cleansing mat dengan berbagai tekstur agar seluruh kotoran dapat terangkat. Produk ini berada di kisaran harga 109 ribu rupiah dan bisa dibeli di toko-toko kosmetik dan berbagai e-commerce terkemuka. 


    (Baca Juga: Produk Make Up yang Memiliki Manfaat Skincare)


    Itulah cara membersihkan kuas make up yang benar dan mudah untuk dicoba. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below