Bagi Pria & Wanita, Ini Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam!


  • Bagi Pria & Wanita, Ini Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam!
    (Photo by Karolina Grabowska on Pexels)

    Underwear, atau celana dalam, merupakan salah satu komponen terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, terdapat istilah "going commando" yang digunakan untuk mengatakan berbusana tanpa memakai celana dalam atau underwear.


    Tahukah kamu, kalau ternyata going commando dapat memberikan manfaat kesehatan, lho.




    Nah, berikut ini beberapa manfaat tidak memakai celana dalam pada malam hari bagi pria maupun wanita. 


    1. Mengurangi risiko infeksi jamur

    Candida adalah jenis jamur yang sangat mungkin tumbuh subur di lingkungan hangat dan lembap. Mengenakan celana dalam yang ketat dan tidak terbuat dari bahan katun dapat menciptakan kondisi lembap yang bisa menjadi tempat bagi jamur ini tumbuh subur. Itu bisa menyebabkan infeksi jamur pada vagina. Kondisi ini biasanya menimbulkan rasa gatal disertai dengan keluarnya cairan putih kental yang terlihat seperti keju cottage


    Tak hanya itu, kelembapan yang tinggi pada area intim juga dapat menyebabkan tinea cruris, atau dikenal juga sebagai jock itch, kata Felice Gersh, MD, seorang OB/GYN. Jock itch cenderung muncul di selangkangan atau paha bagian dalam yang dapat menimbulkan rasa gatal, ruam merah, dan nyeri.


    Oleh karena itu, para ahli mengatakan bahwa bukan ide yang buruk untuk mengurangi kelembapan di area intim dengan tidak memakai celana dalam —bahkan jika itu dilakukan sesekali— karena bisa membantu mencegah terjadinya infeksi ini. 


    2. Melindungi vulva dari iritasi

    Menurut Kecia Gaither, seorang OB/GYN, mengenakan celana dalam yang ketat, ditambah dengan terjadinya gesekan antara kulit dan kain, itu dapat mengiritasi vulva, membuatnya lecet, berdarah, atau bahkan iritasi. Tentu saja, itu bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri. 


    Tidak mengenakan pakaian dalam, atau menggunakan pakaian dalam yang longgar, bisa melindungi vulva dari iritasi, tambahnya. 


    3. Membiarkan area intim bernapas

    manfaat tidak memakai celana dalam, tidak memakai celana dalam

    (Manfaat tidak bercelana dalam. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Pakaian dalam, terutama yang terbuat dari bahan sintetis, dapat menghambat udara segar mengalir dengan bebas ke area intim. Akibatnya, itu bisa menciptakan kondisi lembap yang berpotensi menyebabkan iritasi dan infeksi jamur. 


    Jadi, jika kamu sudah mengenakan celana dalam renda lucu sepanjang hari, mungkin going commando pada malam hari dan membiarkan area intim mendapatkan udara segar dan sedikit bernapas bisa membantu menjaganya tetap kering dan tidak lembap, kata Kameelah Phillips, MD, seorang OB/GYN yang berbasis di New York City. Sederhananya, terkadang area intim juga membutuhkan udara segar. 


    4. Mencegah ruam dan reaksi alergi

    Menurut Purvisha Patel, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, dan seperti yang diketahui, kelembapan dapat berkontribusi pada pertumbuhan mikroba yang berlebihan. Dan, hal itu bisa menyebabkan iritasi dan ruam panas. 


    Meskipun biasanya ruam panas akan hilang dengan sendirinya, tetapi ini dapat dicegah jika kamu menjaga area tersebut tetap kering dan tidak lembap. 


    Selain itu, banyak pakaian dalam yang mengandung pewarna buatan, berbahan kain sintetis, dan mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi, atau dikenal juga sebagai dermatitis kontak. Itu bisa menyebbakan munculnya benjolan, ruam, lecet, dan iritasi. Bahkan, reaksi yang lebih serius juga dapat mungkin muncul, seperti infeksi dan kerusakan jaringan. 


    Going commando dapat ikut berperan dalam mencegah timbulnya ruam panas, iritasi, dan reaksi alergi. 


    5. Mencegah bau tidak sedap pada area intim

    manfaat tidak memakai celana dalam, tidak memakai celana dalam

    (Manfaat tidak bercelana dalam. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


    Kamu tentu tidak ingin jika area intim berbau tidak sedap, bukan? Akan tetapi, ketika kelembapan dari keringat dan panas terperangkap di area genital oleh pakaian dalam, itu bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada area intim.


    Itu artinya, tidak mengenakan celana dalam atau going commando dapat mencegah bau tidak sedap pada area intim dengan membuatnya tidak lembap dan tetap kering. 


    6. Mencegah produksi sperma terganggu

    Mengenakan pakaian dalam, terutama pakaian dalam yang ketat, dapat menekan testis dan meningkatkan suhu skrotum yang bisa membuat lingkungan testis menjadi kurang ideal untuk produksi sperma; menyebabkan hipertermia testis. Ini bisa mengganggu produksi sperma dan menurunkan jumlahnya, serta meningkatkan kemungkinan ketidaksuburan. 


    Itulah beberapa manfaat tidak memakai celana dalam yang unik untuk diketahui.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below