Kata Ahli, Ini 7 Tanda Kamu Berada Dalam Hubungan Yang Sehat


  • Kata Ahli, Ini 7 Tanda Kamu Berada Dalam Hubungan Yang Sehat
    (Photo by Nathan McBride on Unsplash)

    Memiliki hubungan yang sehat dan bahagia adalah harapan setiap pasangan. Tetapi, apa sebenarnya yang membuat suatu hubungan terbilang sehat? 


    Menurut Jennifer Howell, pelatih kepemimpinan dan hubungan di North Carolina, mengungkapkan bahwa hubungan sehat adalah suatu hubungan dimana kamu dan pasangan dapat saling mengomunikasikan keinginan, kebutuhan, dan batasan masing-masing. 


    Nah, berikut ini beberapa tanda kalau kamu berada di dalam hubungan yang sehat. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.


    1. Kamu tidak takut untuk berbicara


    Mungkin terkesan sepele, tetapi berbicara atau memberitahu orang lain tentang perasaanmu mungkin membutuhkan banyak keberanian, kekuatan, dan kepercayaan diri. Tetapi, saat kamu berada dalam hubungan yang sehat, kamu akan merasa cukup berani dan tidak terbebani untuk terbuka mengenai perasaanmu kepada pasangan, kata Howell. 


    2. Bisa saling mendengarkan satu sama lain

    tanda hubungan yang sehat

    (Photo by Edward Cisneros on Unsplash)


    Bisa saling mendengarkan satu sama lain adalah hal yang harus ada dalam sebuah hubungan yang sehat, jelas Cyndi Darnell, seorang terapis seks dan hubungan.


    Sebenarnya, sangat wajar jika kamu memiliki beberapa hal yang tidak bisa disepakati bersama dengan pasangan. Tetapi, alih-alih menghabiskan energi berusaha agar bisa sama-sama menyepakati satu hal, lebih baik mendengarkan dan menghargai pandangan satu sama lain. Tampak lebih menenangkan, bukan?


    Jika keduanya hanya bisa berbicara, dan tidak ada yang mendengarkan, pertengkaran pun tidak dapat dihindari!


    3. Kepercayaan adalah inti dari hubungan


    Kepercayaan adalah hal mendasar dalam semua hubungan, bisa dikatakan itu adalah inti dari sebuah hubungan. Dalam hubungan yang sehat, kamu dan pasangan bisa sama-sama saling memberikan kepercayaan, kata Mary Jo Rapini, psikoterapis keintiman dan seks berlisensi di Houston. 


    4. Tahu bahasa cinta satu sama lain

    tanda hubungan yang sehat

    (Photo by Vera Arsic from Pexels)


    Menurut Howell, dalam hubungan yang sehat, kamu dan pasangan masing-masing saling mengetahui dan memahami bahasa cinta satu sama lain, sehingga bisa mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang dengan cara yang tepat untuk kalian berdua. 


    5. Tidak pernah mengancam untuk meninggalkan 


    Dalam hubungan yang sehat, tidak peduli seberapa hebat pertengkaran diantara kalian berdua, tidak akan pernah terucap kata-kata ancaman untuk putus atau ingin meninggalkan—meskipun itu hanya ancaman kosong belaka. 


    Hubungan bisa perlahan memburuk ketika salah satu mulai mengancam untuk putus, kata Bethany Ricciardi, pendidik seks dan hubungan. 


    Setiap hubungan yang sehat memiliki fondasi yang kuat, dan dengan itu, tidak akan keluar kata-kata ancaman untuk putus. 


    6. Bisa mengatasi konflik dengan baik

    tanda hubungan yang sehat

    (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)


    Ini bukan tentang tidak pernah bertengkar, tetapi tentang menggunakan pertengkaran sebagai cara untuk saling belajar memahami dan berkompromi satu sama lain, kata Sara Stanizai, seorang terapis pernikahan dan keluarga. 


    Pertengkaran yang sehat bisa membantu menguatkan sebuah hubungan, tambah Stanizai. 


    Saat terjadi pertengkaran, duduk dan bicarakan permasalahan yang terjadi bisa sangat membantu meredakan konflik yang terjadi. Bisa mengatasi konflik dengan baik adalah salah satu tanda hubungan yang sehat. 


    7. Nyaman menjadi diri sendiri


    Alih-alih mencoba menunjukan citra diri yang sempurna untuk pasangan, kamu justru merasa nyaman menjadi diri sendiri saat berada di dekat pasangan, itu bisa menjadi tanda kamu berada dalam hubungan yang sehat, kata Stanizai. 


    Terkadang, menunjukan “warna asli” dari diri sendiri bisa sangat memalukan, tidak menarik, atau tidak ideal, tetapi saat kamu bisa dan merasa nyaman menunjukan sisi diri kamu sesungguhnya di depan pasangan, hubungan yang sedang kamu jalani saat ini adalah hubungan yang sehat. 


    Itulah 7 tanda kalau kamu berada di dalam hubungan yang sehat, atau healthy relationship. Saat kamu sudah berada di dalam hubungan seperti ini, jagalah hubungan itu sebaik-baiknya, ya!



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles