Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Manfaat Calendula Untuk Kulit


  • Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Manfaat Calendula Untuk Kulit
    (Photo by Ron Lach from Pexels)

    Jika kamu sedang mencari kandungan skincare yang dapat menenangkan kulit sensitif dan meradang? Atau mungkin sedang mencari kandungan skincare yang dapat mengatasi kemerahan setelah perawatan atau jerawat hormonal? Calendula adalah jawabannya!


    Buat kamu skincare enthusiast mungkin sudah tidak asing lagi dengan kandungan calendula dalam produk perawatan kulit. Pasalnya, kandungan ini dipercaya dapat mengatasi masalah kulit kemerahan dan meradang. 




    Namun, benarkah demikian? Nah, ini semua yang perlu kamu tahu tentang manfaat calendula untuk kulit. 


    Apa itu calendula?


    Calendula officinalis, atau dikenal juga sebagai pot marigold, merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad untuk tujuan pengobatan dan mengatasi beberapa masalah kulit, termasuk menenangkan kulit kemerahan, jerawat ringan, dan kulit meradang, jelas Suzanne Friedler, MD, seorang dokter kulit bersertifikat.


    Manfaat calendula untuk kulit


    1. Menenangkan iritasi dan kulit sensitif

    Salah satu manfaat utama calendula untuk kulit yakni dapat membantu mengurangi sensitivitas dan menenangkan iritasi. Manfaat yang satu ini kemungkinan didapat dari sifat anti-inflamasi dan kemampuannya untuk membatasi kehilangan air trans-epidermal, yang pada gilirannya memperkuat pertahanan kulit terhadap potensi iritasi. Dari riset tahun 2013 dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology, melaporkan bahwa calendula dapat membantu menenangkan kondisi kulit iritasi, sensitif, eksim dan psoriasis. 


    2. Menyembuhkan luka

    Calendula diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka, dibuktikan dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam The Journal of Family Medicine and Primary Care, menemukan bahwa wanita dengan bekas luka sesar memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat setelah mengoleskan salep calendula. 


    Sebuah studi lainnya yang diterbitkan di The Journal of Wound Care, menunjukan bahwa orang-orang dengan ulkus kaki vena memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat setelah menggunakan salep Calendula. 


    3. Kaya akan antioksidan alami

    Salah satu manfaat calendula yang paling menonjol dalam hal perawatan kulit adalah kemampuannya melindungi kulit dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah istilah umum untuk menggambarkan kerusakan yang terjadi ketika kulit terpapar radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi, yang mengakibatkan penuaan dini, kerusakan kolagen dan elastin, serta sejumlah masalah kulit lainnyaa. 


    Namun kabar baiknya, calendula kaya akan antioksidan alami, termasuk flavonoid, polifenol, dan karotenoid, yang semuanya dapat membantu menetralisir dan melindungi kulit dari radikal bebas, serta membatasi efek negatifnya pada kulit. 


    4. Sebagai antimikroba

    Seperti yang diketahui, tubuh dipenuhi oleh triliunan mikroba—termasuk bakteri dan jamur—yang secara kolektif disebut mikrobioma. Dalam kadar seimbang, mikrobioma ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Tetapi, jika saat salah satu jenis menjadi terlalu banyak, bisa timbul masalah kulit, seperti jerawat. 


    Sifat antimikrobanya membuat calendula berguna dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan ruam, kata dokter kulit bersertifikat, Joshua Zeichner, MD. 


    5. Memberikan hidrasi

    Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, penelitian juga telah menunjukkan bahwa calendula mampu memberikan hidrasi yang baik bagi kulit. Ini berkat kandungan asam linoleat yang menyediakan nutrisi untuk membantu mendukung fungsi penghalang kulit. Ketika fungsi penghalang kulit sehat, itu akan menjaga kulit tetap terhidrasi.  


    Efek samping calendula

    Pada dasarnya, calendula adalah pilihan bahan skincare yang bagus untuk semua jenis kulit. Tetapi seperti biasa, jika kamu khawatir tentang potensi berjerawat atau efek samping yang merugikan, sebaiknya lakukan patch test sebelum menggunakan produk apa pun, termasuk produk skincare calendula. 


    Dr. Friedler mencatat bahwa ada kemungkinan bahwa calendula dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi, terlebih jika kamu memiliki alergi terhadap calendula, ragweed, aster, atau tanaman dalam famili Asteraceae.


    Please note buat kamu yang sedang hamil, mencoba untuk hamil, atau sedang menyusui sebaiknya hindari penggunaan bahan skincare ini, kata Marisa Garshick, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City.


    Bagaimana cara menggunakannya?

    Menurut Garshick, calendula sering digunakan dalam perawatan kulit yang diformulasikan dalam bentuk oil, serum, krim, atau lotion. Jadi, kamu dapat menggunakan produk skincare calendula sesuai dengan saran penggunaan. Bahan skincare ini umumnya cukup aman digunakan hingga dua kali sehari, sehingga kamu dapat menggunakannya dalam rutinitas perawatan kulit siang dan malam hari. Beberapa produk skincare yang mengandung calendula: Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner, Nacific Fresh Herb Origin Toner, Skin Dewi Calendula Soothing Gel, dan The Bath Box Fresh Body Lotion




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below