Life & health

Mengenal Salmonella Dan Dampaknya Bagi Tubuh

By : Her World Indonesia - 2022-04-07 20:30:01 Mengenal Salmonella Dan Dampaknya Bagi Tubuh

Jika kamu pernah mendengar sebuah penyakit yang bernama salmonella, maka kamu juga perlu memahami penyakit tersebut secara mendalam.

(Bakteri salmonella dapat menyebabkan sakit pada bagian perut. Foto: Dok.fizkes/iStock)


Salmonella atau salmonellosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella pada saluran pencernaan. Bakteri ini menjadi salah satu penyebab diare yang paling umum. Siapa saja bisa terserang bakteri Salmonella, terutama pada daerah endemis seperti di Indonesia ini.


(Baca Juga: Ketahui 7 Makanan Yang Mengandung Probiotik)


Pasalnya, penyakit ini berkaitan dengan kondisi higienitas seseorang dan lingkungan di sekitarnya. Biasanya, seseorang yang mengalami salmonella terjadi akibat mengonsumsi air atau makanan yang telah terkontaminasi. Namun, tidak hanya lewat makanan, Salmonella juga bisa menjadi penyakit bila langsung makan dengan tangan setelah menyentuh hewan peliharaan yang terinfeksi.


Orang yang mengalami infeksi bakteri salmonella dapat mengalami berbagai dampak, misalnya sakit pada perut bagian atas, diare dan muntah parah, demam tinggi, sakit kepala, serta adanya darah pada feses. Gejala ini dapat dirasakan selama 4 - 7 hari dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa antibiotik. Namun, beberapa orang dapat mengalami diare yang sangat parah. Dalam beberapa kasus, diare yang disebabkan oleh Salmonella juga bisa menyebabkan dehidrasi sehingga pasien membutuhkan penanganan medis.

 

(Salmonella berasal dari air yang telah terkontaminasi. Foto: Dok. Dr_Microbe/iStock)


Akibat paling buruk dari infeksi ini adalah tersebarnya infeksi dari usus ke pembuluh darah dan organ tubuh lain. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Untuk mendiagnosis penyakit ini, biasanya dokter akan bertanya terkait riwayat gejala penyakit, melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang penyakit Salmonellosis. Beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium darah, urine, dan pemeriksaan tinja. Pemeriksaan penunjang lainnya dapat dilakukan pemeriksaan serologis, yaitu pemeriksaan antigen dalam darah terhadap kuman Salmonella.


(Baca Juga: Waspada 3 Penyakit Ini Saat Musim Hujan Musim Hujan!)  


Nah, itu dia penjelasan secara singkat mengenai Salmonella beserta dampaknya bagi tubuh. Jika kamu atau kerabatmu mengalami kondisi ini, segera konsultasikan ke dokter ya agar mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

(Penulis: Tiara Kandida E) 

Life & health