Minum Air Lemon Setiap Hari, Ini Yang Terjadi Pada Tubuhmu!


  • Minum Air Lemon Setiap Hari, Ini Yang Terjadi Pada Tubuhmu!
    Jadi, inilah yang terkadi pada tubuh kamu ketika kamu minum air lemon setiap hari. (Photo by Alexander Mils from Pexels)

    Air lemon – yang merupakan campuran air dan jus lemon – adalah minuman yang lezat dan menyegarkan untuk dinikmati. Banyak orang percaya bahwa minum air lemon sebelum memulai hari merupakan kebiasaan baik yang akan memberikan segudang manfaat, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga membuat kulit tampak lebih bercahaya. Nah, tak heran jika kebiasaan ini kemudian menjadi salah satu tren gaya hidup sehat. 


    Lalu, benarkah demikian? Jadi, inilah yang terkadi pada tubuh kamu ketika kamu minum air lemon setiap hari. 




    1. Dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat


    Sebagaimana diketahui, lemon mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang ditunjukkan dalam satu sudi tahun 2014 yang diterbitkan di Journal of Leukocyte Biology, vitamin C dapat membantu mendorong produksi sel darah putih, atau dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, studi lainnya tahun 2017 di jurnal Nutrients, menemukan bahwa vitamin C dapat mendukung dan melindungi sistem kekebalan tubuh dari stres oksidatif, membantu membunuh mikroba, dan mengurangi potensi kerusakan jaringan, berkat kandungan flavonoid di dalamnya. 


    Penting diketahui, air perasan dari satu buah lemon mengandung 18 mg vitamin C. Sebagai referensi, orang dewasa membutuhkan antara 75 sampai 130 mg vitamin C. Dengan begitu, minum air lemon dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu.


    Kekurangan vitamin ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan kesehatan yang buruk. 


    2. Membuat tubuh tetap terhidrasi

    manfaat air lemon

    Photo by Greta Hoffman from Pexels)


    Pentingnya hidrasi tubuh benar-benar tidak dilebih-lebihkan, tetapi nyatanya masih banyak orang yang mengabaikannya. Namun untungnya, minum air lemon sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi — terutama saat dikonsumsi hangat. 


    Minum segelas air lemon setelah bangun tidur dapat membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang saat tidur — melalui keringat dan pernapasan. Autumn Bates, ahli gizi klinis bersertifikat, mengatakan bahwa minum air lemon hangat dinilai lebih bermanfaat dibandingkan dengan minum air lemon dingin, untuk menjaga tingkat hidrasi. Itu karena, kamu akan lebih mudah minum air lemon dalam jumlah banyak saat disajikan hangat, sehingga menghidrasi tubuh secara lebih efektif. 


    3. Dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal


    Tentu saja, tidak ada satu orang pun yang mengharapkan memiliki batu ginjal. Kabar baiknya, minum air lemon setiap hari dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal. Ini karena, lemon mengandung sejumlah besar asam sitrat yang dapat meningkatkan produksi urin dan mencegah batu ginjal. 


    Faktanya, sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Endourology, menemukan bahwa minum air lemon dapat menyebabkan peningkatan produksi urin dan penurunan supersaturasi urin, yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Bahkan, minum air lemon juga bisa membantu memecah batu-batu kecil yang sudah berkembang, menurut Healthline. 


    4. Dapat memperburuk gejala refluks gastroesofagus (GERD)


    (Katemangostar/Freepik)


    Secara alami lemon bersifat asam dengan pH antara 2 dan 3. Itu berarti minuman seperti air lemon dapat memperburuk gejala refluks gastroesofagus (GERD) —terlebih saat kamu meminumnya dalam keadaan perut kosong. Ini dapat menyebabkan perut mual, mulas, dan muntah. 


    Paparan asam lambung dalam jangka panjang juga dapat mengiritasi tenggorokan yang bisa berkembang menjadi kondisi serius yang disebut kerongkongan Barrett, yang dapat menyebabkan kanker kerongkongan, menurut John Hopkins Medicine. 


    5. Bisa menyebabkan kerusakan gigi


    (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)


    Disamping manfaat kesehatan, minum minuman asam seperti air lemon setiap hari dapat mengikis email gigi. Seperti yang dikatakan Ian Musgrave, dosen senior di bidang farmakologi di University of Adelaide, ketika berbicara tentang minum banyak air lemon, penting diingat untuk tidak berlebihan dan waspada terhadap erosi gigi.


    Musgrave benar; American Dental Association mengatakan bahwa lemon dapat membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan dari waktu ke waktu. Selain itu, air lemon dan minuman asam lainnya juga dapat menyebabkan sariawan. 


    Namun bukan berarti kamu harus menghindari minuman asam sama sekali. Jika kamu ingin mengonsumsi air lemon setiap hari, pastikan kamu juga merawat gigi dengan baik.


    6. Bisa menurunkan tekanan darah


    Dikutip dari The List, menurut Centers for Disease Control and Prevention, tekanan darah tinggi (hipertensi) terjadi ketika tekanan darah mendorong dinding arteri lebih tinggi dari biasanya. Jika terjadi dalam waktu yang lama, itu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Seperti yang dicatat oleh CDC, tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama kematian dini. 


    Itu mungkin tampak seperti rutinitas yang sederhana, tetapi minum air lemon setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Faktanya, sebuah studi tahun 2012 dari Johns Hopkins University School of Medicine, menemukan hubungan antara vitamin C, seperti yang ditemukan dalam lemon, dan tekanan darah. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tekanan darah dengan suplementasi vitamin C dosis tinggi — rata-rata 500 mg per hari. Inilah yang membuat air lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah. 


    Vitamin C juga dapat bertindak sebagai diuretik, menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan di dalam pembuluh darah.







  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below