Ini 5 Cara Meredakan Stres Dalam Waktu 5 Menit Atau Kurang!


  • Ini 5 Cara Meredakan Stres Dalam Waktu 5 Menit Atau Kurang!
    Ini 5 Cara Mengurangi Stres dalam Waktu 5 Menit atau Kurang! (Image:Doc. Gpointstudio/Freepik)

    Stres dapat terjadi kapan dan dimana saja, bisa dalam perjalanan menuju dan/atau pulang kantor, saat di kantor, dan bahkan bisa terjadi saat di rumah. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan stres, misalnya, ketika pekerjaan berat datang bertubi-tubi, melintasi jalanan macet setelah pulang kerja, atau melihat kondisi rumah yang berantakan dan tidak teratur. 


    Meskipun sudah menjalani rutinitas harian yang sehat, seperti tidur yang cukup, latihan yoga dan meditasi, makan makanan bergizi, dan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan sahabat, bukan berarti kamu sepenuhnya terbebas dari stres. 




    Ketika stres, detak jantung akan meningkat, telapak tangan berkeringat, napas lebih cepat, dan timbul perasaan tertekan, yang tentu saja dapat mengganggu apapun aktivitas yang sedang kamu lakukan. Lalu, bagaimana kembali ke perasaan normal dan tenang secepat mungkin? Berikut ini adalah lima cara cepat yang dapat membantu kamu meredakan stres dalam waktu 5 menit (atau mungkin kurang). 


    1. Lakukan teknik pernapasan dalam


    Menurut asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School sekaligus asisten dokter dan peneliti klinis di Benson-Henry Institute, Michelle Dossett, MD, PhD, ada kaitan erat antara pernapasan dan tubuh. Ketika pernapasan tenang dan normal, tubuh juga ikut menjadi tenang, tetapi sebaliknya, ketika pernapasan meningkat, tubuh menjadi tidak tenang —merasa tertekan dan panik. 


    Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk melakukan teknik pernapasan dalam dari Cleveland Clinic:


    1. Duduklah dengan nyaman di kursi dengan lutut ditekuk, bahu, kepala, dan leher dalam keadaan rileks. Lalu, letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada.
    2. Bernapaslah perlahan melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Lakukan ini selama beberapa kali hingga tubuh kamu tenang, pernapasan juga kembali normal. 


    2. Menenangkan diri di alam terbuka


    (Menenangkan diri di alam terbuka. Yanalya/Freepik)


    Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk meredakan stres dengan cepat adalah dengan keluar dan tenangkan diri di alam terbuka, kata Holly Schiff, PsyD, seorang psikolog klinis. Satu studi tahun 2014 yang diterbitkan di jurnal Environment and Behavior, menemukan bahwa hanya dengan melihat pepohonan, itu dapat membantu meredakan stres karena alam dapat lingkungan alam dapat mengalihkan pikiran, sehingga dapat memunculkan perasaan senang. 


    3. Bermeditasi


    (Bermeditasi. Yanalya/Freepik)


    Dikutip dari laman Mayo Clinic, bermeditasi dapat memberikan perasaan tenang dan damai, serta dapat membantu mengalihkan perhatian kamu dari kekacauan pikiran yang membuat stres. Meditasi dapat membantu kamu merasa lebih tenang, sehingga kamu bisa mendapatkan perspektif lain untuk masalah yang sedang kamu hadapi, menurut American Heart Association. Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi meditasi di smartphone kamu —yang bisa membantu kamu meredakan stres dimanapun dan kapanpun. 


    4. Gunakan mainan pereda stres


    Saat ini sudah banyak mainan-mainan pereda stres yang dapat kamu miliki, salah satunya mainan bola stres. Meremas mainan bola stres dapat membantu kamu menenangkan pikiran-pikiran yang membuatmu stres dan gelisah. Ini karena, saat meremas mainan bola stres fokus kamu akan teralihkan, sehingga perlahan respon stres menjadi mereda dan kembali normal. 


    Please note bahwa tak harus mainan bola stres, tetapi apa pun yang mampu mengalihkan perhatian kamu dari hal-hal yang membuat stres, itu dapat membantu meredakan stres, kata Alka Gupta, MD, seorang dokter penyakit dalam dan pengobatan integratif di Washington, DC.


    5. Membuat daftar tugas


    (Membuat daftar tugas. Wayhomestudio/Freepik)


    Terkadang, memiliki banyak tugas yang harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu dapat menimbulkan perasaan stres dan cemas. Membuat to do list atau daftar tugas dapat membantu kamu menentukan priotitas tugas yang harus diselesaikan — pada gilirannya, ini dapat mengurangi perasaan kewalahan, tertekan, dan stres. Selain itu, membaut daftar tugas juga dapat membantu kamu mengingat semua hal yang perlu kamu selesaikan, sehingga tidak ada tugas yang luput dari kewajibanmu. Menurut Matt Mombourquette, personal trainer dan pelatih fitness, menulis daftar tugas adalah cara yang bagus untuk memfokuskan pikiran kamu, sehingga itu bisa mengurangi kekacauan pikiran dan stres. 






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below