4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam


  • 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam
    Bekas jerawat hitam terkadang terlihat jelas. (Foto: Dok. Shotpot/Pexels)

    Saat meradang, tentu jerawat akan berwarna kemerahan. Saat gejala-gejala jerawat sudah mulai sembuh, tubuh kamu terkadang memproduksi sel dengan terlalu banyak melanin di dalamnya untuk menggantikan kulit yang rusah. Ini membuat adanya hiperpigmentasi setelah peradangan, yaitu bekasnya yang berwarna hitam. Beberapa orang menemukan bekas ini susah untuk dihilangkan.


    Bekas jerawat hitam bisa dihilangkan walaupun membutuhkan perawatan yang teliti dan rutin. Tampilan bekas jerawat hitam membuat “pemandangan” yang tidak bagus di wajah. Meskipun warna kulit terbilang gelap, adanya bekas jerawat hitam ini tetap mengganggu. Untuk itu, simak bagaimana kamu bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di bawah ini yang bisa kamu cermati.




    1. Perasan air lemon

    cara menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Perasaan air lemon bermanfaat untuk bekas jerawat hitam. Foto: Dok. Liudmila Chernetska/iStock)


    Jeruk dan kawan-kawannya memang mengandung vitamin C yang tinggi, termasuk juga lemon. Buah ini mempunyai kandungan air yang banyak berguna untuk kulit ataupun kesehatan. Banyak juga yang sudah awam kalau vitamin C berkhasiat untuk membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit. Kebaikan lemon tidak hanya digunakan secara alami, tapi juga diolah sebagai masker.


    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada terlalu banyak melanin dengan bekas jerawat hitam. Nah, vitamin C dalam lemon merupakan substansi aktif yang bekerja dengan menurunkan pembentukan melanin penyebab bekas jerawat hitam tersebut. Vitamin C bahkan bisa mengurangi bekas jerawat hitam tersebut.


    2. Lidah buaya


    Bahan lainnya yang juga baik untuk kulit dan kesehatan adalah lidah buaya. Lidah buaya memang dikenal sebagai penghilang bekas jerawat alami yang mampu menyembuhkan kulit. Biasanya, digunakan sebagai masker. Lidah buaya bisa membuat produksi melanin pada sel kulit menjadi lebih stabil saat digunakan secara konsisten.


    Kandungan antibakteri dalam lidah buaya bisa mencegah timbulnya noda hitam bekas jerawat. Tanaman ini bahkan bisa menyamarkan bekas luka kehitaman yang masih baru. Selain itu, lidah buaya juga mempunyai hormon auksin dan gliberin bahkan juga membantu mengurangi kemerahan akibat peradangan pada kulit yang berjerawat. Kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya ke wajahmu yang sudah bersih hingga mengering dan biarkan semalaman, baru membilasnya besok.


    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah)


    3. Cuka apel dan madu

    cara menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Cuka apel dan madu perpaduan berkhasiat untuk bekas jerawat hitam. Foto: Dok. MelanieMaya/iStock)


    Cuka apel juga menjadi salah satu produk yang digunakan untuk kulit karena salah satu fungsinya yang merupakan penghilang bekas jerawat alami. Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan dua sendok makan madu. Sehabis itu, kamu celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan aplikasikan ke bekas jerawat hitammu. Diamkan selama 15 menit hingga mengering. Langkah terakhir adalah untuk membilasnya dengan air bersih.


    Asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat dalam cuka apel efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Asam asetat memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Antioksidan dalam sitrat mampu membuat kulit lebih segar. Sedangkan laktat, berguna untuk membantu melembapkan kulit. Suksinat, sangat penting untuk fungsi sel kulit secara keseluruhan.


    4. Kentang


    Bahan makanan yang satu ini juga tidak ketinggalan. Kentang digunakan untuk mengurangi bekas pigmentasi dan luka karena kandungan alkalin di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam kentang juga mampu menyamarkan noda hitam di wajah. Kentang sendiri mempunyai manfaat lainnya, seperti mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya, mengatasi flek dan kantung mata hitam, bahkan mengobati kulit yang terbakar matahari.


    Buatlah masker kentang untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Kamu cukup parut satu buah kentang, setelah itu peras airnya. Siapkan kapan untuk dicelupkan pada air kentang tersebut, lalu aplikasikan ke area bekas jerawat hitam tersebut. Diamkan selama 20-30 menit, kemudia bilas wajah kembali sampai bersih. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya. 


    (Baca Juga: 7 Produk Kecantikan Untuk Hilangkan Bekas Jerawat)


    Gunakanlah bahan-bahan ini dalam usahamu menghilangkan bekas jerawat hitam. Ini akan memakan waktu, jadi membutuhkan kesabaran dan komitmen untuk rutin selama prosesnya. Hindari juga penyebab munculnya jerawat, seperti makanan pemicu ataupun tidak membersihkan wajah. 


    Untuk kamu yang suka memakai riasan, selalu bersihkan juga setelah selesai sampai bersih, terutama sebelum tidur. Terapkan pula pola hidup sehat. Kamu bisa mengobati jerawat terlebih dahulu dengan obat lainnya, atau menggunakan bahan di atas. Selamat mencoba! 


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below