Ada 4 Cara Mengatasi Pasangan Yang Posesif


  • Ada 4 Cara Mengatasi Pasangan Yang Posesif
    Cara mengatasi pasangan yang posesif. (Foto: Dok. Duané Viljoen/Pexels)

    Mungkin dia pernah dikhianati pada hubungan sebelumnya, mungkin juga ada pengalaman masa lalu yang jadi trauma sehingga saat menjalani hubungan denganmu, dia benar-benar enggak biarin kamu jauh darinya. Posesif dan rasa cemburu enggak jarang jadi bumbu yang bisa sebabkan hubungan kandas tengah jalan.


    Namun, bukan berarti pasangan posesif harus selalu kamu hindari. Jika, kamu masih ingin mempertahankan hubunganmu dengannya, kamu bisa lakukan beberapa cara  mengatasi pasangan yang posesif sehingga masalah ini bisa kamu atasi bersama-sama.


    (Baca Juga: Pasangan Bosan Dengan Kita, Lakukan 3 Hal Ini)


    1. Bicarakan dengannya


    Mungkin kamu menganggap ini enggak akan jadi masalah. Namun, percayalah, memiliki pasangan posesif pasti akan jadi masalah dalam hubunganmu. Layaknya berbagai masalah lain yang terjadi, komunikasi akan selalu jadi kuncinya. Ketika keposesifannya sudah mulai menganggu, ambil waktu untuk bicarakan hal ini dengannya sehingga bisa dicarikan solusinya bersama-sama.


    2. Ceritakan ketidaknyamananmu sejujur-jujurnya


    Cara mengatasi pasangan yang posesif bisa kamu lakukan dengan membuat dia benar-benar paham kalau sikapnya ini adalah sebuah masalah. Mungkin ceritakan beberapa kejadian saat sikap posesifnya membuatmu enggak nyaman atau menganggu kedekatan kamu dan dia. Dengan ini, kamu bisa bantu dia untuk perlahan mengurangi sikap itu.


    cara mengatasi pasangan yang posesif

    (Bicarakan sikapnya yang posesif. Foto: Dok. Katerina Holmes/Pexels)


    3. Buat dia bisa percaya padamu


    Pasanganmu bersikap posesif mungkin karena ada pengalaman yang membuatnya kurang bisa percaya dengan orang baru. Jadi, enggak heran sekalipun dia sudah membuka hatinya padamu, masih terasa sulit untuk percaya kepadamu. Saling jujur satu sama lain, libatkan dia dalam kehidupanmu, sekaligus menyepakati batas-batas hubunganmu, agar perlahan dia bisa percaya padamu begitu juga sebaliknya.


    4. Sabar dan berproses bersamanya


    Ingat dia bukan penyihir, bisa berubah dalam satu malam. Jadi, hal yang harus kamu lakukan adalah bersabar dan mendampinginya selama proses untuk jadi lebih baik. Untuk bisa menumbuhkan rasa percaya dan menghilangkan sikap posesif, sama seperti perubahan lainnya dalam diri, membutuhkan proses dan itu yang harus dijalani bersama.


    (Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Saat Marah Pada Pasangan)


    Inilah beberapa cara untuk mengatasi pasangan yang posesif sehingga hubunganmu tetap langgeng.


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Menghadapi Gebetan yang Posesif

Cara Menghadapi Gebetan yang Posesif

oleh Kiki Riama Priskila

Cara Menghilangkan Rasa Posesif

Cara Menghilangkan Rasa Posesif

oleh Her World Indonesia