Simpel, Ini 7 Cara Mengatasi Sariawan Yang Bisa Kamu Coba


  • Simpel, Ini 7 Cara Mengatasi Sariawan Yang Bisa Kamu Coba
    (Cara mengatasi sariawan. Foto: Dok.Sitthiphong/iStock)

    Sariawan adalah sebuah luka kecil yang biasanya muncul di mulut. Kondisi ini biasanya terjadi di dalam bibir, gusi, atau lidah. Jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang panas tentu dapat memperburuk sariawan yang sedang kamu alami.




    Dalam kebanyakan kasus, sariawan pada dasarnya tidak berbahaya dan bisa sembuh sendirinya dalam waktu sekitar 2 minggu. Namun, sariawan tentu menyebabkan kamu menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, minum, menyikat gigi, atau berbicara. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi sariawan agar sariawan tidak menjadi masalah yang memicu penyakit lainnya. 


    1. Menjaga Kebersihan Mulut 

    cara mengatasi sariawan

    (Rajin mengosok gigi menjadi cara mengatasi sariawan yang mudah. Foto: Dok.miya227/iStock)

    Cara ini menjadi yang paling penting untuk mengatasi sariawan sebab sariawan biasanya muncul karena bakteri yang ada pada mulut karena jarang dibersihkan. Banyak orang juga yang tidak aware dengan kebersihan mulutnya sehingga menimbulkan berbagai penyakit di mulut, salah satunya sariawan. 

    Kamu bisa menjaga kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dan pastikan juga sikat gigi yang digunakan lembut, berkualitas baik, serta sesuai dengan bentuk mulut. Lalu, jika kamu menggunakan obat kumur pastikan untuk tidak menggunakan obat kumur yang mengandung zat-zat berbahaya penyebab iritasi.

    Selain itu, gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dengan melakukan hal ini maka bisa dipastikan kebersihan mulutmu akan terjaga dan terhindar dari sariawan. 


    2. Mengonsumi Buah dan Sayuran 

    Jika kamu sering mengalami sariawan padahal sudah rajin membersihkan mulut dan gigi, mungkin hal yang memicu terjadinya sariawan adalah pola makan yang kurang sehat. Pasalnya, sariawan bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi vitamin B12, seng, asam folat, dan zat besi. 

    Dengan begitu, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin B12, seng, folat, dan zat besi tinggi guna mencegah timbulnya sariawan. Beberapa buah dan sayur yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sariawan adalah jeruk, asparagus, tomat, sayuran berdaun hijau, dan air kelapa karena kaya akan vitamin dan ampuh dalam mengatasi sariawan.


    (Baca Juga: 6 Cara Cepat Mengobati Sariawan)


    3. Perbanyak Minum Air Putih 

    cara mengatasi sariawan

    (Banyak minum air putih mampu mencegah mulut menjadi kering. Foto: Dok.fizkes/iStock)

    Banyak minum air putih dapat mempertahankan suhu tubuh normal, membuat tubuhmu tetap terhidrasi dan mencegah mulut menjadi kering, yang memicu timbulnya sariawan. Sebisa mungkin hindari minuman berkafein yang berpotensi membuat mulut kering. 


    4. Hindari Makanan dan Minuman Yang Masih Panas 

    cara mengatasi sariawan

    (Biarkan makanan atau minuman dingin terlebih dahulu agar tidak memicu sariawan. Foto: Dok.fermate/iStock)

    Makanan yang masih sangat panas atau minuman panas dapat membuat lidah dan mulutmu jadi melepuh, sehingga sariawan kerap timbul akibat hal ini. Jadi, jangan langsung memakan atau meminum makanan dan minuman panas. Diamkan atau tiup dulu makanan dan minuman yang masih panas sampai sudah cukup dingin untuk dimakan. 


    5. Jangan Makan Terburu-buru 

    Biasanya karena dikejar waktu beberapa orang makan dengan terlalu terburu-buru. Hal ini justru akan memicu terjadinya sariawan di mulut karena tergigit. Jadi, usahakan untuk mengunyah makananmu secara perlahan agar tidak mudah tersedak dan mengatasi sariawan. 


    (Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C)


    6. Berkumur Dengan Larutan Air Garam 

    cara mengatasi sariawan

    (Berkumur dengan larutan air garam menjadi cara mengatasi sariawan yang cepat. Foto: Dok.ThamKC/iStock)

    Larutan garam dipercaya mampu meredakan nyeri dan membantu proses penyembuhan luka di mulut akibat sariawan. Kamu bisa berkumur larutan garam sebagai salah satu cara mengatasi sariawan dengan cepat. 

    Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menyiapkan air hangat sebanyak ½ cangkir, kemudian campurkan 1 sendok teh garam. Lalu berkumur selama 10-15 detik. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya bisa terlihat dan sariawan bisa teratasi. 


    7. Mengoleskan Madu 

    Tidak hanya berkumur dengan larutan air garam saja, bahan yang mudah didapatkan satu ini dipercaya bisa mengatasi sariawan. Kamu bisa mengoleskan madu pada bagian mulut yang terdapat sariawan secara perlahan. Oleskan madu secara rutin dan teratur sampai sariawan benar-benar sembuh. Kamu juga bisa memakai jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi guna mempercepat proses penyembuhan. 


    Itulah beberapa cara mengatasi sariawan yang bisa kamu coba. Jika kondisi sariawanmu semakin memburuk dan menimbulkan reaksi penyakit lainnya, kamu disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below