Inilah 6 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui!


  • Inilah 6 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui!
    (Image: Doc. Vie Studio / Pexels)

    Tahukah kamu, kalau ternyata makan cokelat memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan, lho! Lain kali kamu makan sepotong cokelat, kamu mungkin tidak perlu merasa bersalah lagi karenanya. Sebuah studi ilmiah telah menunjukkan bahwa cokelat  — tidak termasuk cokelat putih  — kaya akan antioksidan dan nutrisi. Inilah yang membuat cokelat bermanfaat untuk kesehatan. 


    (Baca Juga: Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan)




    Sekarang, lihat beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui!


    1. Mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke


    Para peneliti mengungkapkan bahwa, salah satu manfaat cokelat hitam yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2020 yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology, menemukan bahwa makan cokelat sekali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 


    Studi lainnya tahun 2021 dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan cokelat dikaitkan dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah. Para peneliti menyimpulkan bahwa, manfaat ini dikaitkan dengan kandungan flavonoid dalam cokelat hitam. Flavonoid dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan menjaga tekanan darah dalam tingkat normal, menurut sebuah ulasan tahun 2017 dalam American Journal of Physiology: Cell Physiology.


    2. Dapat meningkatkan mood dan memori 


    Mengonsumsi cokelat hitam diketahui dapat bermanfaat bagi otak dengan merangsang aktivitas saraf di area otak yang terkait dengan kesenangan dan reward, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati, menurut Joy DuBost, PhD, RD, ilmuwan makanan dan ahli diet. Studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Depression & Anxiety menunjukan bahwa makan cokelat hitam dikaitkan dengan penurunan risiko depresi.  


    Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam The FASEB Journal, flavoniod dalam cokelat diketahui dapat meningkatkan kemampuan memori dan pembelajaran, serta dapat meningkatkan fungsi kognitif.


     3. Dapat membantu menurunkan berat badan dan baik untuk usus


    Ketika kamu sedang dalam program penurunan berat badan, cokelat tentu tidak ada di dalam daftar makanan yang bisa kamu makan. Namun, penelitian menunjukan bahwa makan cokelat hitam bisa ikut berperan dalam mengendalikan nafsu makan, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut Will Clower, PhD, ahli saraf, makan sedikit cokelat hitam sebelum atau sesudah makan dapat memicu hormon yang memberi sinyal kenyang ke otak. 


    Penelitian tahun 2013 dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, menemukan bahwa selama proses pencernaan, cokelat berperilaku seperti prebiotik, sejenis serat yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus. Semakin banyak mikroba "baik" dalam sistem pencernaan, semakin baik pula tubuh menyerap nutrisi serta mendukung metabolisme yang sehat, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health. 


    Sebuah studi lain tahun 2021 dalam Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology, menemukan bahwa makan cokelat dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengendalikan nafsu makan. 


    Penting untuk dicatat bahwa, makan cokelat dalam jumlah yang banyak per hari dapat melawan potensi manfaat membantu menurunkan berat badan, dan cokelat juga mengandung kalori yang tinggi sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah kecil atau sedang. 


    4. Mampu melawan radikal bebas dan dapat berperan dalam pencegahan kanker


    Seperti yang diketahui, antioksidan mampu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dianggap bertanggung jawab atas penuaan kulit dan berbagai penyakit, menurut studi tahun 2015 dalam Indian Journal of Clinical Biochemistry. Menurut Dr. Joy DuBost, radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dapat menyerang sel-sel yang bisa menyebabkan peradangan tingkat rendah dan beberapa penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer. 


    Menurut American Cancer Society, mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid, termasuk cokelat hitam, dapat membantu mencegah kerusakan sel yang sering menjadi pemicu banyak jenis penyakit kanker. Satu penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard Medical School, menemukan bahwa salah satu jenis flavonoid yang ditemukan dalam cokelat, dikenal sebagai epicatechin, diketahui memiliki sifat melawan kanker yang kuat. 


    (Baca Juga: 4 Cokelat Asli Indonesia yang Wajib Kamu Coba)


    5. Bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit 


    Para peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, menemukan bahwa cokelat hitam dikemas dengan nutrisi penuh, seperti tembaga, besi, magnesium, dan mangan. Beberapa nutrisi tersebut diketahui bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Mangan, misalnya, mendukung produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit tampak muda dan sehat. 


    Penelitian lainnya tahun 2006 dalam Journal of Nutrition, flavanoid dalam cokelat dapat melindungi dari kerusakan sel akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit. 


    6. Meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat


    Manfaat luar biasa lainnya dari cokelat, terutama cokelat hitam, diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah penelitian tahun 2017 yang ditebritkan di Journal of American Heart Association, makan sepotong cokelat hitam dikaitkan dengan penurunan kolesterol low-density lipoproteins (LDL), atau kolesterol jahat, dan peningkatkan high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik, berkat kandungan antioksidan kuat. Pada gilirannya, ini dapat menyehatkan jantung. 


    Selain itu, flavanoid dalam cokelat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan penyebab lain untuk penyakit jantung dan diabetes, menurut penelitian tahun 2016 dalam British Journal of Nutrition. 


    Itulah beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan. Tentu saja, itu tidak berarti kamu bisa mengonsumsi banyak cokelat setiap hari, karena cokelat masih sarat dengan kalori dan gula yang justru dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.


    Mungkin menikmati satu atau dua potong cokelat hitam tidak menjadi masalah dan memberikan manfaat bagi kesehatan. 


    Lalu, pilih dan perhatikan cokelat hitam yang berkualitas, seperti mengandung kakao 70% atau lebih tinggi dan mengandung sedikit gula. 


    Setelah mengetahui beberapa manfaat luar biasa dari cokelat. Sekarang, lihat beberapa resep kreasi cokelat untuk hari Valentine. 


    Chocolate Bonbons

    manfaat cokelat

    (Chocolate bonbons. Foto: Dok. Wirestock/Freepik)


    Untuk membuat chocolate bonbons, dalam mangkuk besar, campurkan dua cup gula halus, kacang pecan atau kacang kenari, sedikit susu kental manis, dan butter secukupnya. Jika sudah tercampur rata, gulung adonan menjadi bola-bola kecil. Setelah itu, letakkan di atas loyang yang sudah dilapisi dengan baking sheet. Tutup dan dinginkan semalaman.


    Lelehkan kepingan cokelat hitam dan mentega putih (shortening) ; kemudian aduk hingga rata. Celupkan bola-bola adonan yang sudah didiamkan semalaman ke dalam lelehan cokelat ; diamkan sampai cokelat mengeras. Setelah mengeras, tempatkan di wadah atau jar kaca, lalu hadiahkan untuk orang tersayang. 


    Creamy Peppermint Patties

    manfaat cokelat

    (Creamy peppermint patties. Pinklime Foody/ Pexels)


    Untuk membuat creamy peppermint patties, campurkan sekitar 200 gram cream cheese dengan satu sendok teh ekstrak peppermint sampai tercampur rata. Tambahkan gula halus secara bertahap, aduk lagi hingga rata. Bentuk menjadi bola-bola kecil, kemudian letakkan di atas loyang yang sudah dilapisi dengan baking sheet. Pipihkan bola-bola kecil menjadi kepingan dengan diameter 2-4 sentimeter. Tutup dan diamkan selama sekitar 1 jam. 


    Lelehkan cokelat dan mentega putih (shortening); lalu aduk hingga rata dan dinginkan sebentar. Celupkan bola-bola kecil yang sudah menjadi kepingan itu ke dalam cokelat leleh, dan biarkan hingga cokelat mengeras.


    Chocolate Marshmallow Peanut Butter Squares

    manfaat cokelat

    (Chocolate marshmallow peanut butter squares. Taste of Home)


    Untuk membuat chocolate marshmallow peanut butter squares, campurkan sekitar 400 ml susu kental manis, 300 gram selai kacang (peanut butter), 1/2 cup chocolate chips, satu sendok teh ekstrak vanila, dan 1/2 cup marshmallow mini dalam panci besar. Masak dengan api kecil sekitar lima menit, lalu aduk hingga rata. Matikan api, tambahkan satu cup rice krispies, lalu tuang ke dalam loyang yang sudah lapisi dengan mentega. Tutup dan dinginkan selama kurang lebih empat jam, atau hingga mengeras. Setelah itu, potong menjadi kotak-kotak kecil. Tempatkan dalam wadah tertutup dan simpan di dalam lemari es. 


    Chocolate Truffles

    manfaat cokelat

    (Chocolate truffles. Pelageia Zelenina/Pexels)


    Untuk membuat chocolate truffles, lelehkan tiga cup kepingan cokelat dengan 400 ml susu kental manis; aduk hingga tercampur rata. Tambahkan 1 sendok makan ekstrak vanila; aduk kembali hingga merata. Tutup dan diamkan sampai campuran tersebut sudah bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil. Setelah itu, lapisi dengan pelapis sesuai keinginan kamu, bisa taburan bubuk cokelat, kacang, meses, atau bubuk espresso. 


    (Baca Juga: Manfaat Jus Kale Bagi Kesehatan Tubuh)


    Itulah beberapa manfaat dan ide kreasi cokelat yang bisa kamu coba untuk semarakkan hari Valentine bersama orang tersayang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below