Ini 10 Film Romantis Korea Wajib Di Tonton Di Hari Valentine


  • Ini 10 Film Romantis Korea Wajib Di Tonton Di Hari Valentine
    Ini 10 Film Romantis Korea Wajib Di Tonton Di Hari Valentine. (Image: Doc. Anastasia Shuraeva on Pexels)

    Film bergenre romantis memang menjadi salah satu genre favorit banyak orang. Bagaimana tidak, menonton film romantis bisa membuat kita, penontonnya, senyum-senyum sendiri, ikut tertawa bahagia, menangis terharu, atau justru menangis tersedu-sedu karena akhir cerita cinta yang tragis. 


    Apakah kamu suka dengan film bergenre romantis? Jika ya, mungkin kamu akan suka dengan 10 film romantis Korea berikut ini. 




    1. Be With You (2018)


    (Be With You. IMDb)


    Film romantis Korea, Be With You, merupakan remake dari film Jepang tahun 2004 dengan nama yang sama, yang diadaptasi dari novel Jepang karya Takuji Ichikawa. Film ini bercerita tentang Im Soo-ah (Son Ye-jin) yang sebelum meninggal, membuat janji kepada suaminya Jung Woo-jin (So Ji-sub), jika dirinya akan kembali satu tahun kemudian pada awal musim hujan. Benar saja, secara ajaib Soo-ah menepati janjinya dan muncul kembali di hadapan suami dan anaknya, tetapi dia tidak memiliki ingatan apa pun tentang kehidupannya. Sayangnya, pertemuan mengharukan tersebut harus berakhir singkat, karena ternyata Soo Ah harus meninggalkan keluarganya di akhir musim hujan.


    2. On Your Wedding Day (2018)


    (On Your Wedding Day. Asianwiki)


    Termasuk film bergenre romantis komedi, On Your Wedding Day bercerita tentang seorang pria bernama Hwang Woo-yeon (Kim Young Kwang) yang menerima undangan pernikahan dari cinta pertamanya Hwan Seung-hee (Park Bo-young), yang ia temui saat sekolah menengah. 


    Sambil mengenang semua kenangan manis dan pahit yang terjadi pada dirinya dan juga saat bersama Seung-hee, Woo-yeon pergi ke pernikahan perempuan yang menjadi cinta pertamanya dan berterima kasih kepadanya karena dukungan dan telah menjadi bagian terbaik dari hidupnya. On Your Wedding Day mengisahkan keikhlasan seseorang saat orang yang dicintainya menikah dengan orang lain. 


    3. Crazy Romance (2009)


    (Crazy romance. Asianwiki)


    Film romantis Korea berikutnya yang bisa kamu masukan ke dalam daftar tontonan wajib yaitu Crazy Romance. Film ini menceritakan romansa antara Jae-Hoon (Kim Rae-Won) dan Sun-Young (Gong Hyo-Jin). Jae-Hoon yang belum bisa melupakan mantan tunangan yang sudah mencampakkan, sedangkan Sun-Young baru saja putus dari pacarnya yang berselingkuh. Mereka dipertemukan karena pekerjaan, dan mulai jatuh cinta. Secara garis besar, Crazy Romance berfokus pada kegilaan kisah percintaan dua pemeran utama, yang dibungkus secara ringan namun tetap terasa relate dengan kehidupan nyata.


    4. Josee (2020)


    (Josee. IMDb)


    Setelah pernah dipertemukan dalam serial drama JTBC berjudul The Light in Your Eyes tahun 2019 lalu, Nam Joo-Hyuk dan Han Ji-Min kembali dipertemukan dalam film romantis berjudul Josee. Film ini merupakan remake dari cerita pendek Jepang dengan judul Josee, the Tiger and the Fish yang ditulis oleh Seiko Tanabe. 


    Josee adalah sebuah cerita yang menggambarkan mengenai momen paling indah dari Josee (Han Ji-Min) yang memiliki disabilitas fisik, setelah Young-Seok (Nam Joo-Hyuk) memasuki dunianya. Young-Seok berusaha untuk menunjukan dunia baru kepada wanita yang dicintainya tersebut, karena ia paham Josee seakan hidup di dunianya sendiri dan sangat jarang meninggalkan rumah.


    5. Sweet & Sour (2021)


    (Sweet & Sour. Asianwiki)


    Sambil menunggu Jang Ki-Yong oppa kembali setelah menyelesaikan wajib militernya, Sweet & Sour bisa ditonton untuk sedikit membantu melepas rasa rindu melihat aktor tampan satu ini di layar kaca. Sweet & Sour adalah sebuah film romantis komedi yang diadaptasi dari novel berjudul Initiation Love karya Kurumi Inui. 


    Film ini menceritakan kisah cinta Jang Hyeok (Jang Ki-Yong) dan Jung Da-Eun (Chae Soo-Bin), yang suatu hari harus menjalani long distance relationship karena pekerjaan. 


    Menjalani hubungan jarak jauh memang tidak mudah, bukan? Inilah yang dirasakan keduanya. 


    Di sisi lain, alasan pekerjaan memaksa Jang Hyuk harus dekat dengan rekan satu profesinya yaitu Han Bo Yeong (Krystal Jung). Terciptalah hubungan cinta segitiga di antara mereka. Bagaimana kisah cinta di antara mereka akan berakhir? worth to watch!


    6. Architecture 101 (2012)


    (Architecture 101. Asianwiki)


    Architecture 101 adalah film romantis Korea berikutnya yang ada di dalam daftar. Film ini bercerita tentang dua mahasiswa, Seung Min (Lee Je Hoon) dan Seo Yeon (Bae Suzy), yang bertemu pertama kali di kelas pengantar arsitektur. Saat mereka mengerjakan proyek kelas bersama, Seung Min dan Seo-Yeon mulai jatuh cinta.


    15 tahun kemudian, Seung-Min (Uhm Tae-Woong), arsitek berusia 35 tahun, bertemu lagi dengan Seo-Yeon (Han Ga-In) yang ingin menggunakan jasanya untuk membangun kembali rumahnya di Pulau Jeju. Film ini akan menyuguhkan  cinta dan patah hati dari kisah cinta lama. 


    7. Tune in for Love (2019)


    (Tune in for Love. Asianwiki)


    Film yang dibintangi oleh Jung Hae-in dan Kim Go-eun ini wajib masuk daftar tontonan wajib di hari valentine. Tune in for Love mengisahkan tentang pertemuan antara Mi-Soo (Kim Go-Eun) dan Hyun-Woo (Jung Hae-In). Pada awalnya, Mi-Soo takut kepada Hyun-Woo, karena Hyun-Woo baru saja dibebaskan dari pusat penahanan remaja. Seiring berjalannya waktu, mereka semakin dekat dan mengembangkan perasaan satu sama lain. 


    Namun suatu hari, teman-teman Hyun-Woo muncul dan mengajaknya pergi. Mi-Soo percaya Hyun-Woo tidak akan pernah kembali. Tetapi ternyata, takdir mempertemukan mereka lagi di masa depan. Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta Hyun-Woo dan Mi-Soo? Worth a watch!


    8. My Sassy Girl (2001)


    (My Sassy Girl. IMDb)


    Membahas mengenai daftar film romantis Korea, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan My Sassy Girl ke dalam daftar. Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, Cha Tae-Hyun dan Jun Ji-hyun (Gianna Jun), film ini didasarkan pada kisah nyata yang diceritakan dalam serangkaian postingan blog yang ditulis oleh Kim Ho-sik, yang kemudian mengadaptasinya menjadi novel fiksi dan film. 


    Film ini sangat sukses di Korea Selatan dan dunia, bahkan masuk ke dalam salah satu film romantis Korea terbaik sepanjang masa. My Sassy Girl juga memainkan peran kunci dalam penyebaran Korean Wave


    My Sassy girl mengisahkan percintaan seorang mahasiswa kaku dengan perempuan yang sering bertindak dan berbicara sesuka hati. Suatu hari di kereta bawah tanah, Gyun-Woo (Cha Tae-Hyun) bertemu dengan seorang gadis mabuk (Gianna Jun) yang hampir tidak sadarkan diri dan muntah. Dia kemudian membungkuk kepada Gyun-Woo dan semua orang mengira ia adalah pacarnya. Gyun-Woo segera menemukan dirinya terlibat dalam hubungan yang tidak diharapkan, tetapi ternyata dia tidak dapat melupakan perempuan tersebut. 


    9. A Moment to Remember (2006)


    (A Moment to Remember. Asianwiki)


    A Moment to Remember adalah film romantis Korea yang didasarkan pada drama televisi Jepang dengan judul Pure Soul. Film ini dibintangi oleh Son Ye-jin dan Jung Woo-sung, yang mengisahkan tentang Kim Su-jin (Son Ye-jin), seorang perancang busana terkenal Korea, yang tanpa sengaja bertemu dengan Choi Chul-soo (Jung Woo-sung), mandor di lokasi konstruksi. 


    Tak lama setelah itu, pertemuan mereka pun semakin intens, saling jatuh cinta, dan membangun sebuah hubungan. Namun ternyata, Su-jin diagnosis penyakit Alzheimer langka yang membuatnya lupa dan tidak mengenal orang yang dicintainya. Film ini menggambarkan bagaimana pasangan ini terus berusaha mempertahankan memori mereka, terutama memori saat pertama kali bertemu.


    10. The Classic (2003)


    (The Classic. Asianwiki)


    Film The Classic menyatukan tiga aktor dan aktris kenamaan Korea Selatan, Son Ye-jin, Jo In-sung, dan Cho Seung-woo-sung. Ji-hye (Son Ye-Jin) dan Soo-kyoung (Lee Joo-eun) adalah teman kuliah di universitas yang sama dan keduanya sama-sama menyukai pria yang sama, Sang-Min (Jo In-sung) dari klub drama mereka. 


    Suatu hari, Soo-kyoung, meminta Ji-Hye untuk membantunya menulis surat cinta untuk Sang-min. Di dalam surat itu, Ji-Hye seperti mencurahkan isi hatinya sendiri untuk Sang-min, tetapi atas nama temannya. Tersentuh oleh isi surat itu, Sang-min tertarik pada Soo-kyoung, dan Ji-Hae, merasa tidak nyaman dan bahkan bersalah. Dia mencoba menghindari Sang-min, namun takdir terus membuat mereka selalu bertemu.


    Di sisi lain, Ji Hye tak sengaja menemukan tumpukan surat yang berisikan seluruh kenangan cinta pertama yang ditulis ibunya. Melalui surat-surat yang ditulis ibunya, Ji Hye tak hanya mengenang kisah asmara sang ibu di masa muda. Namun Ji Hye juga ikut merasakan bagaimana dilemanya saat dia dan sahabatnya menyukai orang yang sama.



    Bagaimana, siap binge-watching film-film romantis ini di hari valentine?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below