Thierry Mugler Meninggal Pula di Usia 73 Tahun


  • Thierry Mugler Meninggal Pula di Usia 73 Tahun
    Manfred Thierry Mugler dalam pesta pembukaan Couturissime di Paris. (Foto: Dok. Manfred Thierry Mugler/Instagram)

    Dunia fashion kembali kehilangan salah satu sutradara, konseptor, fotografer, pembuat parfum, dan desainernya, Thierry Mugler. Setelah baru saja kehilangan André Leon Talley yang dulu dikenal sebagai direktur kreatif Vogue pada 18 Januari lalu, kini desainer yang mempunyai nama lengkap Manfred Thierry Mugler pun menyusulnya. Desainer berkebangsaan Prancis ini adalah penemu fashion brand Mugler, yang memproduksi pakaian wanita dan pria, serta parfum.


    Kepergian Thierry Mugler dikabarkan oleh akun Instagram @manfredthierrymugler dengan foto hitam tanpa gambar. Dalam unggahan tersebut, tulisan diawali dengan kata “#RIP Kami merasa hancur untuk mengumumkan kepergian dari Tuan Manfred Thierry Mugler pada Minggu 23 Januari 2022. Semoga jiwanya beristirahat dengan damai.” Kalimat tersebut juga diikuti dalam bahasa Prancis. Penyebab kematiannya pun belum diketahui karena ia tidak tampak sakit atau sedang berjuang melawan penyakit. Ia meninggal di usia 73 tahun, layaknya André Leon Talley.




    Mugler dulu mulai mendesain pakaian berbahu lebar turunan tahun 1940an di awal usia dua puluhan yang terkenal di tahun-tahun berikutnya. Ia juga mulai mendesain untuk butik Paris, Gudule, di umur 24. Dua tahun kemudian, ia juga mendesain untuk rumah mode besar siap pakai di Eropa sebagai desainer lepas.


    (Baca Juga: 10 Busana yang Mencuri Perhatian di Grammy Awards 2019)


    Mugler membuat ‘Café de Paris’ pada tahun 1973, yang merupakan koleksi pribadi pertamanya. Pada tahun 1978, ia membuka butik Paris pertamanya di Place des Victoires dan mendapat perhatian sebagai salah satu desainer bahu lebar Musim Gugur 1978 yang paling esktrem dengan cepat, setelah sebelumnya sempat menunjukan karyanya di Tokyo. Pada saat yang sama, ia pun meluncurkan koleksi fashion untuk pria. 


    Namanya semakin melambung saat pakaian rancangannya dikenakan oleh Demi Moore dalam film Indecent Proposal pada tahun 1993. Dress tersebut dikategorikan dalam formal evening prom gown. Rancangannya tersebut menjadi sangat populer di era 90an, bahkan digunakan di banyak acara prom sekolah.


    thierry mugler meninggal

    (Demi Moore mengenakan dress rancangan Mugler dalam film Indecent Proposal (1993). Foto: imdb.com)


    (Baca Juga: 15 Busana Yang Mencuri Perhatian Di Grammy Awards 2020)


    Selain Demi Moore, rancangan pakaiannya pun dikenakan oleh ikon sosialita kenamaan Amerika, Kim Kardashian untuk acara Met Gala 2019, setelah pensiun dari brand-nya pada 2003. Inspirasi untuk rancangan ini ia dapatkan dari Sophia Loren dalam sebuah film. Dari inspirasi itu, ia membayangkan gadis California yang basah, maka dari itu karyanya adalah wet couture dress yang memberikan wet look.


    mugler

    (Kim Kardashian mengenakan dress dengan 'wet look and dripping' yang dirancang khusus oleh Mugler untuk Met Gala 2019. Foto: Dok. Manfred Thierry Mugler/Instagram)


    Selain bisnis parfumnya yang sukses hingga saat ini, ia juga mempunyai buku fotografi, monograph, serta telah menyutradarai film pendek, iklan, dan video klip. Rest in Peace.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below