Cara Makeup Sederhana Tapi Cantik




  • Riasan sederhana atau biasa dikenal dengan sebutan no-makeup makeup look memberikan kesan tampilan wajah yang lebih fresh, muda, dan natural. Cara make up sederhana tapi cantik ini sebenarnya tidaklah mudah karena dibutuhkan teknik tertentu agar menjaga ketebalan layer make up yang menempel pada wajah. Teknik make up ini cocok untuk tampilanmu ke kantor maupun berbagai acara kasual lainnya. Simak beberapa tips make up sederhana di bawah ini.


    Kelembapan

    Apapun jenis atau teknik make up-mu, jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan primer sebagai moisturizer sebelum pemakaian foundation. Selain menjaga kelembapan, primer juga dibutuhkan menjaga make up agar lebih tahan lama. Sesuaikan jenis primer dengan kebutuhan kulitmu, dengan kulit berjerawat dan sensitif, pilihan spray primer atau color correcting dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyamarkan warna merah jerawat. Penting juga untuk memilih primer tanpa kandungan alkohol atau fragarance untuk kulit sensitif.

    Selain kulit berjerawat, wanita Indonesia pada umumnya memiliki jenis wajah kering. Jenis wajah kering lebih bertekstur, pori-pori, dan garis kulit wajah lebih terlihat, sehingga dibutuhkan primer yang memiliki kandungan hydrating dan memiliki efek dewy seperti krim. Primer pun akan menyamarkan pori-pori wajah sekaligus melembapkan kulit untuk menjaga make up tahan lama.


    (Cara Makeup Sederhana tapi Cantik, Maybelline Master Prime. Foto: Dok. Maybelline Official Website)


    (Baca Juga : Ini 6 Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Kombinasi)

    Shading

    Walaupun tampak natural, shading penting untuk memberi efek tiga dimensi pada wajah. Pada make up sederhana, permainan shading dapat dilakukan dengan memainkan shading warna foundation. Trik ini memberikan kesan wajah tirus tanpa tegasan keras yang biasanya diberikan dengan memakai contour.

    Pengaplikasian shading dengan menggunakan foundation dilakukan dengan menggunakan beberapa nomor warna foundation. Cara menentukan nomor warna yang cocok sebagai shading adalah pilihlah warna yang mendekati warna kulitmu dan gunakan dua warna lebih gelap sebagai contouring seperti cheekbones, sedangkan nomor warna foundation cerah sebagai highlight di sekitar kantung mata dan dahi.
    (Cara Makeup Sederhana tapi Cantik, Maybelline Fit Me Foundation. Foto: Dok. Maybelline Official Website)

    Blush

    Pilihlah warna blush peach untuk tampilan segar dan muda. Warna peach digunakan untuk tampilan natural dengan jenis warna kulit undertone kuning yang merupakan jenis warna kulit umumnya wanita Indonesia. Aplikasikan dengan menggunakan jari tangan untuk hasil yang natural. Setelah memoleskan blush, set make up dengan menggunakan finishing powder.

    Selain warna peach dengan jenis warna kulit undertone atau medium, warna blush yang sesuai adalah warna merah muda. Pilihan produk stick blush juga dapat menjadi pilihan yang cocok untuk tampilan sederhana karena teksturnya yang creamy sehingga lebih menyerap pada wajah dan tahan lama dengan warna yang lebih samar sehingga tampak lebih natural.


    (Cara Makeup Sederhana tapi Cantik, Pink Foundation. Foto: Dok. Pinterest)


    Loose Powder
    Kamu tidak perlu khawatir dengan jenis kulitmu, karena bedak ini cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit. Tekstur bedak ini lebih ringan dibandingkan compact powder, sehingga cocok untuk pilihan tampilan sederhana. Tekstur yang ringan tidak membuat lapisan riasan yang berlebihan dan menyerap minyak, sehingga lebih tahan lama. Pilihlah warna satu nomor lebih cerah dari tipe warna wajah dirimu. Umumnya, wanita Indonesia akan memilih warna bedak natural atau natural beige.


    (Cara Makeup Sederhana tapi Cantik, Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder. Foto: Dok. Maybelline Official Website)

    Lip tint

    Beralih dari lipstik menjadi lip tint! Cobalah mulai menggunakan jenis pewarna bibir yang satu ini. Tekstur perona bibir ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan lipstik, karena kandungan utamanya yaitu air atau gel. Lip tint lebih menyerap dan tahan lama dibandingkan dengan jenis perona bibir lainnya, dan memberikan kesan yang lebih natural.

    Pemilihan warna coral, pink, atau merah umumnya yang paling sering digunakan. Triknya adalah selain menyesuaikan dengan warna kulit, sesuaikanlah dengan acara atau kegiatan yang dihadiri, misalnya gunakan warna coral untuk sekedar jalan atau berkumpul bersama teman, warna pink untuk kencan bersama pasangan, dan warna merah untuk acara penting seperti undangan pesta pernikahan.


    (Cara Makeup Sederhana tapi Cantik, Pink Lip tint. Foto: Dok. Follain)

    Berikut merupakan cara make up sederhana tapi cantik. Kunci dari gaya riasan ini adalah mengontrol ketebalan dari polesan riasan yang diaplikasikan, mulai dari foundation, bedak, blush, maupun perona bibir.


    (Penulis : Fathya Jeehan)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below