4 Cara Menghitung Kalori Makanan Paling Mudah


  • 4 Cara Menghitung Kalori Makanan Paling Mudah
    Cara menghitung kalori makanan dengan mudah dan sederhana tanpa ribet. (Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)

    Pada umumnya bagi mereka yang sedang dalam masa diet, menghitung kalori dalam makanan tidak boleh ketinggalan. Hal ini dilakukan agar kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan sehingga membentuk tumpukan lemak. Cara menghitung kalori makanan paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca informasi nilai gizi pada belakang bungkusan produk yang kamu konsumsi.


    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)




    Informasi nilai gizi makanan biasa berbentuk tabel yang menunjukan persentase lemak, kalori, protein, dan kandungan dalam produk tersebut. Cara menghitung kalori makanan yang satu ini tidak akan membuat repot karena sudah tercantum jelas berapa jumlah kalori yang kamu konsumsi dalam satu buah produk.


    Tidak hanya dengan membaca informasi nilai gizi, simak cara menghitung kalori makanan yang bisa kamu lakukan sebelum mengonsumsi sesuatu. Perhatikan baik-baik supaya diet lebih maksimal!


    1. Menggunakan aplikasi khusus

    Cara menghitung kalori makanan

    (Cara menghitung kalori makanan dengan aplikasi. Foto: Dok. PhotoMIX Company/Pexels)


    Zaman sekarang perkembangan teknologi sudah semakin maju. Seiringan dengan itu pula kamu juga sudah bisa memanfaatkan ponselmu untuk program diet. Cara menghitung kalori makanan yang mudah cukup menggunakan aplikasi khusus.

    Tinggal download di smartphone milikmu, setelah itu buka aplikasi sebelum mengonsumsi makanan atau minuman untuk menghitung kalori yang ada di dalamnya. Adapun aplikasi penghitung kalori terbaik yang gratis dan bisa kamu download seperti My Fitness Pal, Lose It!, Fat Secret, dan Spark People.


    2. Menggunakan calories tracker website

    Jika ponselmu tidak memiliki cukup ruang untuk men-download aplikasi khusus tersebut, cara menghitung kalori makanan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan Google. Tinggal ketik kata kunci “calories tracker website” di pencarian Google, maka akan ada beberapa laman khusus yang menyediakan penghitung kalori makanan secara gratis.

    Tidak perlu bingung, kamu bisa menggunakan laman resmi my-calorie-counter.com untuk menghitung setiap kalori dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Selain bisa memeriksa kadar kalori, situs resmi My Calorie Counter juga dapat menentukan target kalori yang tepat untuk kamu konsumsi sehari-hari.


    (Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Diet)


    3. Mengukur porsi makanan

    Sebelum mengonsumsi makanan berat dalam masa diet, alangkah baiknya untuk mengukur porsi makanan terlebih dahulu supaya tidak merusak pola diet. Cara menghitung kalori makanan dengan cara satu ini dapat dilakukan dengan mengubah bentuk ukuran piring lebih kecil ketika ingin mengonsumsi makanan berat.

    Sederhananya, jika makan nasi beserta lauk pauk dengan mangkuk berukuran kecil, maka kemungkinan untuk menambah porsi jadi lebih berkurang. Tetapi jika kamu mengonsumsi makanan berat dengan piring yang lebar, kalori yang terdapat pada makanan berat tersebut tentu berjumlah besar.


    4. Food journaling

    Cara menghitung kalori makanan

    (Cara menghitung kalori makanan dengan food journaling. Foto: Dok. Jess Bailey Designs/Pexels)


    Journaling tidak hanya membantu mengeluarkan isi hati seseorang di atas kertas saja. Melakukan food journaling pun akan berguna untuk mengetahui lebih teliti berapa jumlah kalori yang sudah kamu masukan dalam tubuh.

    Cara melakukan food journaling cukup mudah dan sederhana. Kamu tinggal tuliskan dalam buku harianmu tentang makanan atau minuman apa yang ingin dikonsumsi, berapa banyak porsi yang tersedia, dan alasan kamu ingin mengonsumsi mereka.

    Memang terdengar sedikit konyol, tetapi banyak ahli gizi atau pakar diet yang menyarankan melakukan food journaling sebagai cara menghitung kalori makanan paling sederhana. Biasakan untuk menuliskan semuanya ke dalam buku tulis biasa, supaya nantinya kamu bisa evaluasi sendiri makanan dan minuman jenis apa yang boleh kamu konsumsi berdasarkan perhitungan kalorinya.


    Mengapa begitu penting mengetahui cara menghitung kalori makanan?

    Cara menghitung kalori makanan

    (Pentingnya mengetahui cara menghitung kalori makanan. Foto: Dok. Sarah Chai/Pexels)


    Mungkin bagi sebagian orang awam, cara menghitung kalori makanan terkesan ribet. Padahal tahu dasar cara menghitung kalori makanan dapat membantu menurunkan berat badan, sembari melakukan aktivitas olahraga.

    Selain itu, pentingnya mengetahui dasar-dasar cara menghitung kalori makanan juga membantumu mencari makanan dan minuman yang tepat untuk dikonsumsi saat sedang menjalani masa diet. Pasalnya seperti yang diketahui, jika kalori terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan jadi lemak dan dampak buruknya bisa membuat seseorang terkena masalah kesehatan. Melakukan diet sehat dengan mengurangi kalori merupakan cara teraman dan praktis dalam mendapatkan berat badan ideal.


    (Baca Juga: Agar Diet Keto Berjalan Optimal, Konsumsi 7 Buah Ini)


    Dengan memanfaatkan teknologi ponsel pintar hingga food journaling untuk menghitung kalori makanan, kamu akan mulai terbiasa mengonsumsi makan makanan sehat serta bertanggung jawab atas kesehatan dirimu sendiri di masa depan. Selamat mencoba ya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below