Ternyata Ini Asal Usul Tren Adopsi Boneka Arwah Dan Faktanya


  • Ternyata Ini Asal Usul Tren Adopsi Boneka Arwah Dan Faktanya
    Asal usul tren adopsi boneka arwah dan fakta menarik tentangnya. (Foto: Dok. Etsy)

    Mengoleksi boneka arwah tampaknya sedang jadi tren di kalangan seleb Tanah Air. Sempat bikin heboh dunia maya, eksistensi boneka arwah sebenarnya bukan hal baru. Sebut saja paranormal Roy Kiyoshi yang terkenal hobi mengumpulkan boneka arwah beraura mistis di rumahnya. Bahkan salah satu boneka milik Roy Kiyoshi disebut-sebut telah jadi "tempat tinggal" oleh arwah anak kecil.


    (Baca Juga: 5 Artis Indonesia Ini Anggap Boneka Sebagai Anak)




    Tidak hanya Roy Kiyoshi saja yang senang mengoleksi boneka arwah, baru-baru ini saja desainer kenamaan Ivan Gunawan dikabarkan memiliki dua "anak" yang masing-masing boneka tersebut diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Meski tidak sedikit warganet yang mencibir boneka arwah milik Ivan Gunawan, tetapi ia mengaku senang karena bisa memiliki dua boneka yang ia pesan secara khusus tersebut.


    Sedang jadi tren di Indonesia, cari tahu asal usul sejarah boneka arwah dan fakta menarik lainnya tentang mereka yang lucu nan menggemaskan.


    1. Asal usul tren mengadopsi boneka arwah

    Anak kecil mana di dunia ini yang tidak menyukai boneka berwujud manusia? Bak sahabat karib, boneka biasanya akan diperlakukan layaknya manusia pada umumnya oleh para anak kecil. Saking gemas dengan kehadirannya, boneka berwujud manusia ini tak jarang juga dikoleksi orang dewasa.

    Tetapi, tahukah kamu bahwa boneka berwujud manusia khususnya anak kecil, terkadang dijadikan tempat bersemayam para arwah yang sudah meninggal. Telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu, dalam beberapa keyakinan boneka arwah dianggap sakral dan suci.


    boneka arwah

    (Salah satu boneka arwah yang dijual bebas di internet. Foto: Dok. Etsy)


    Tren mengadopsi boneka arwah sendiri pernah eksis di negara Thailand pada tahun 2016 silam. Masyarakat Thailand memberi sebutan pada boneka arwah dengan istilah 'luk thep' yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai malaikat anak.

    Mereka percaya jika boneka arwah ini dirawat seperti anak sendiri, maka keberuntungan dalam hidup akan terus mengalir. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang rela membawa boneka arwah ini untuk didoakan di kuil oleh para biksu.


    (Baca Juga: Puma Berkolaborasi dengan Boneka Barbie yang Ikonis)


    2. Annabelle bukan satu-satunya boneka arwah paling menyeramkan di dunia

    Sejak film The Conjuring rilis di tahun 2013 lalu, boneka berwujud anak perempuan yang bernama Annabelle jadi sorotan penggemar film horror. Pasalnya, boneka arwah paling ikonis di The Conjuring universe ini memiliki kisah nyata yang cukup mengerikan.

    Tidak hanya Annabelle, boneka arwah lainnya di berbagai belahan dunia pun banyak yang menyandang gelar boneka terseram. Di negara Jepang sendiri ada boneka Okiku yang bisa memanjangkan rambutnya sendiri. Lalu di negara Jerman ada boneka arwah bernama Lilly yang diciptakan sekitar tahun 1800an dan rambutnya terbuat dari rambut manusia asli.


    boneka arwah

    (Salah satu boneka arwah bernama Ruby yang terkenal menyeramkan. Foto: Dok. Paramuseum Official Website)


    Kemudian adapula boneka arwah dari Amerika Serikat bernama Ruby, yang menurut cerita legenda ia menjadi mistis karena anak kecil pemilik asli boneka ini meninggal dunia sembari menggedong Ruby dalam dekapannya.


    3. Kehadiran pulau boneka arwah di Meksiko

    Bagi yang belum tahu, di Meksiko ada memiliki satu pulau khusus tak berpenghuni yang berisi ribuan boneka arwah. Pulau ini dikenal oleh masyarakat internasional sebagai Island of Dolls. Hadirnya ribuan boneka berwujud anak kecil di pulau ini berkaitan erat dengan sosok pria asal Xochimilco bernama Don Julian Santana Barrera.


    boneka arwah

    (Pulau boneka arwah yang terletak di Meksiko. Foto: Dok. Derek Simeone/Journey Mexico Official Website)


    Menurut legenda Meksiko, Don Julian Santana Barrera diceritakan pergi meninggalkan anak dan istrinya untuk mengasingkan diri sebuah pulau di Danau Teshuilo. Singkat cerita setelah mendiami pulau tersebut, Don Julian kemudian tidak sengaja menemukan tubuh seorang gadis muda yang meninggal tenggelam di danau dengan boneka yang juga ikut mengambang.

    Mulai dari tragedi mengerikan inilah, Don Julian kemudian menggantung boneka milik sang gadis di pohon untuk menghormati arwahnya supaya tenang. Berpuluh-puluh tahun kemudian sampai akhir hayat Don Julian, terhitung ia telah mengumpulkan lebih dari 100 buah boneka berwujud anak kecil yang ia gantung di pohon hasil dari mengais tempat sampah dan kanal.


    (Baca Juga: Pulau Boneka di Xochimilco, Meksiko)


    Punya aura mistis yang kuat, inilah dia ulasan singkat tentang boneka arwah beserta fakta menarik tentangnya. Kini jadi tren, apa kamu juga tertarik untuk mengadopsi boneka arwah?


    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below